Menu

Dolar Australia Stabil, Pidato Stevens Tentang Kebijakan Moneter RBA

N Sabila

Dolar Australia tampak stabil pada Selasa (30/06) sore hari ini terhadap Dolar AS, setelah pagi tadi dilaporkan bahwa data penjualan rumah di Australia mengalami penurunan dan dari pidato Glenn Stevens RBA. Data industri properti menunjukkan bahwa penjualan rumah baru di Australia mengalami penurunan sebanyak 2.3 persen pada bulan Mei.

Dolar Australia tampak stabil pada Selasa (30/06) sore hari ini terhadap Dolar AS, setelah pagi tadi dilaporkan bahwa data penjualan rumah di Australia mengalami penurunan dan dari pidato Glenn Stevens RBA. Data industri properti menunjukkan bahwa penjualan rumah baru di Australia mengalami penurunan sebanyak 2.3 persen pada bulan Mei, setelah kenaikan 0.6 persen dalam bulan sebelumnya. AUD/USD menyentuh 0.7695 selama sesi perdagangan Asia, di level tinggi. Pair tersebut kemudian terkonsolidasi ke posisi 0.7681.

Normalisasi Masih Jauh

Sore ini, Gubernur Bank Sentral Australia (RBA), Glenn Stevens, menyampaikan pidato yang isinya memperingatkan bahwa aturan pengembalian kebijakan moneter menjadi normal diperkirakan akan terasa "menyakitkan" bagi sejumlah investor. Dan membutuhkan waktu beberapa tahun bagi RBA untuk mengembalikan kebijakan moneter normal. Bank sentral saat ini sedang gencar melakukan upaya pengetatan regulasi demi mencegah gelembung aset-aset harga.

Di samping mempertahankan diri dari kebijakan yang serupa dengan bank sentral-bank sentral negara maju lainnya yang sibuk memangkas suku bunga, maupun mencetak uang sebagai stimulus, Stevens memperingatkan juga bahwa ada dampak yang akan terjadi apabila stimulus atau pemotongan suku bunga dilakukan terlalu banyak. Seperti yang telah diketahui, RBA telah memotong tingkat suku bunga dari 2.5 persen menjadi 2 persen, dalam dua kali pemotongan.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE