Menu

Euro Naik Tipis Karena Pulihnya Aktivitas Bisnis Prancis

N Sabila

Pertumbuhan aktivitas bisnis di Zona Euro tercatat lebih rendah daripada ekspektasi pada bulan ini namun perusahaan-perusahaan menaikkan level staffing mereka dalam rentang yang tercepat dalam empat tahun terakhir. EUR/USD menempati posisi 1.11435 setelah data aktivitas bisnis Prancis dilaporkan mengalami pemulihan.

Pertumbuhan aktivitas bisnis di Zona Euro tercatat lebih rendah daripada ekspektasi pada bulan ini namun perusahaan-perusahaan menaikkan level staffing mereka dalam rentang yang tercepat dalam empat tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan ekonomi Zona Euro masih cenderung optimis, demikian menurut survei yang dilaporkan pada hari ini.

Tetap Optimis Meski PMI Gabungan Menurun

Indikasi apapun tentang pertumbuhan Zona Euro, termasuk survei yang menunjukkan tidak terjadinya pemotongan harga oleh perusahaan-perusahaan setelah melakukan pengurangan dalam lebih dari tiga tahun, akan menjadi kabar baik bagi para pejabat ECB dalam dua bulan ini, setelah mereka meluncurkan program stimulus yang bernilai triliunan Euro.

Angka pendahuluan PMI Gabungan yang disurvei oleh Markit untuk Zona Euro menunjukkan penurunan tipis dari 53.4 menjadi 53.9, meleset dari prediksi ekonom Reuters di 53.8. Sektor PMI Jasa, yang biasanya mendominasi di Zona Euro, juga mengalami penurunan ke angka 53.3 pada bulan Mei dari sebelumnya di 54.1.

Merespon data tersebut, Euro hanya menunjukkan kenaikan tipis dan dapat dikatakan cukup stabil di level rendah. EUR/USD menempati posisi 1.11435 setelah data aktivitas bisnis Prancis dilaporkan mengalami pemulihan, meskipun data PMI Jerman bernasib sebaliknya. Pair tersebut kemudian kembali menurun ke 1.1112 setelah data Jerman dan data Flash PMI Gabungan Zona Euro sore ini.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE