Menu

GBP/USD Tergelincir, Menyempitnya Defisit Inggris Tak Penuhi Ekspektasi

N Sabila

Poundsterling pangkas perolehan terhadap Dolar AS sore hari ini. Data yang dirilis oleh ONS menunjukkan bahwa laporan defisit neraca perdagangan Inggris di bulan Agustus masih dibawah ekspektasi, sehingga membenamkan optimisme terhadap kekuatan perekonomian Inggris.

Poundsterling pangkas perolehan terhadap Dolar AS di Jumat (09/10) sore hari ini, tertarik turun dari level tinggi dua minggu. Data yang dirilis oleh Biro Statistik Nasional Inggris (ONS) menunjukkan bahwa laporan defisit neraca perdagangan Inggris di bulan Agustus masih dibawah ekspektasi, sehingga membenamkan optimisme terhadap kekuatan perekonomian Inggris. GBP/USD tertarik mundur dari 1.5383, level tertinggi pair tersebut sejak tanggal 22 September, dan jatuh ke posisi 1.5456.

ONS melaporkan bahwa defisit neraca perdagangan Inggris menyempit menjadi 11.5 miliar Poundsterling pada bulan Agustus dari 12.20 miliar pada bulan Juli. Namun demikian, para analis sebelumnya mengekspektasikan defisit perdagangan akan menyempit ke angka 10,00 Poundsterling pada bulan Agustus.

Pasca Kebijakan BOE Oktober 2015

Laporan tersebut muncul setelah Bank Sentral Inggris (BOE) memutuskan untuk menahan tingkat suku bunga acuan di angka 0.50 persen, sesuai dengan ekspektasi. Rentang suku bunga acuan BoE saat ini telah berlangsung sejak bulan Maret 2009.

Di samping itu, notulen rapat BoE yang juga dirilis kemarin menunjukkan hasil pemungutan suara dari pertemuan Monetary Policy Committe (MPC) dengan perbandingan 8-1 untuk suara tetap menahan suku bunga selama beberapa bulan kedepan. Ian Mc Cafferty sebagai anggota komite dengan pandangan paling hawkish selama ini, menjadi satu-satunya orang yang memilih untuk meningkatkan suku bunga. Bank Sentral Inggris juga mengumumkan keputusan untuk menjaga target pembelian asset pada 375 milyar Pound sejak Juli 2012.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE