Menu

Inggris Tak Rilis Data, GBP/USD Sideways

N Sabila

Poundsterling tak terlalu banyak bergerak terhadap Dolar AS pada Kamis (25/06) sore ini dengan masih melayang-layang di dekat level rendah satu minggu dengan para investor yang mengawasi rilisnya data AS mengenai belanja personal dan klaim penganguran.

Poundsterling tak terlalu banyak bergerak terhadap Dolar AS pada Kamis (25/06) sore ini dengan masih melayang-layang di dekat level rendah satu minggu dengan para investor yang mengawasi rilisnya data AS mengenai belanja personal dan klaim penganguran untuk mengidentifikasi lebih jauh perkembangan ekonomi AS. GBP/USD menyentuh angka 1.5677 selama sesi perdagangan Eropa pagi, di level rendah. Pair tersebut kemudian terkonsolidasi di 1.5696.

Data Ekonomi AS

Dolar AS mendapatkan support setelah Departemen Perdagangan AS pada hari Rabu malam tadi mengumumkan bahwa GDP AS kembali terkontraksi ke tingkat 0.2 persen dalam tiga bulan yang berakhir pada bulan Maret, sesuai dengan ekspektasi dan lebih rendah dibandingkan dengan estimasi sebelumnya dalam kontraksi 0.7 persen. (Baca juga: GDP AS Minus, Investor Tetap Optimis)

Namun terlepas dari penurunan itu, tercatat pula beberapa kenaikan signifikan dari sektor konsumsi perlengkapan rumah tangga yang mencuat 2.1 persen dari level sebelumnya di tingkat 1.8 persen. Terungkap pula bahwa tingkat pembelanjaan masyarakat di luar sektor pangan dan bahan bakar berhasil meningkat. Hal ini dibarengi dengan kenaikan di sektor jasa, terutama dibidang transportasi dan kesehatan.

Oleh karena itulah, ekonom meyakini bahwa penurunan GDP AS kali ini tidak akan terlalu banyak memberi pengaruh buruk. Ekonom JP Morgan Chase, Michael Feroli mengatakan, "Sekarang kami telah menyakini bahwa memang yang kita alami pada kwartal pertama hanyalah suatu koreksi sejenak sebelum konsumsi akan kembali menanjak di periode-periode selanjutnya".

Utang Yunani

Inggris sendiri tidak merilis laporan ekonomi hari ini. Fundamental yang berpengaruh lagi adalah utang Yunani. Pertemuan yang digelar kemarin belum juga membuahkan kesepakatan. Proposal reformasi baru Yunani bahkan ditolak. Malam nanti, The Troika akan kembali menggelar rapat di Brussels, dan diharapkan, kesepakatan akan tercapai. EUR/GBP menduduki posisi 0.7129.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE