Menu

Mata Uang Antipodean Meninggi Di Tengah Referendum Inggris

N Sabila

Dolar Australia pada hari Kamis (23/Juni) ini tampak kembali ke level yang pernah tercapai sebelum Bank Sentral Australia (RBA) memotong suku bunganya pada bulan Mei karena terdorong oleh Dolar AS yang mengendur serta naiknya harga komoditas dan minat risiko para investor di tengah referendum Inggris.

Dolar Australia pada hari Kamis (23/Juni) ini tampak kembali ke level yang pernah tercapai sebelum Bank Sentral Australia (RBA) memotong suku bunganya pada bulan Mei karena terdorong oleh Dolar AS yang mengendur serta naiknya harga komoditas dan minat risiko para investor di tengah referendum penentuan keanggotaan Inggris di Uni Eropa hari ini.


Memasuki sesi perdagangan Eropa, Dolar Australia dibeli pada harga 0.7533 per Dolar AS, level tertingginya yang pernah tercapai sesaat sebelum RBA memotong suku bunganya menjadi 1.75 persen pada tanggal 6 Mei. AUD/USD mencapai puncak 0.7535 hari ini.

Pemotongan suku bunga Australia yang pertama kalinya tahun ini dan yang ketiga kalinya dalam siklus pelonggaran saat ini, terjadi setelah rendahnya inflasi Australia di kuartal pertama, sebagai refleksi dari rendahnya harga bahan bakar, dan melambatnya pertumbuhan upah. Menguatnya Dolar Australia juga membuat inflasi sulit tercapai karena harga impor akan menjadi murah.

Menurut Matthew Hassan, ekonom senior di Westpac, harga komoditas dalam jangka pendek memang masih diperkirakan lemah, tetapi ada ekspektasi kuat jika tahun 2016 ini akan menjadi tahun berakhirnya tren menurun bagi harga komoditas.

Terlepas dari faktor tersebut, referendum Brexit yang dilaksanakan pada hari ini, dengan kecenderungan suara terbesar agar Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa juga menjadi faktor yang kembali membangkitkan minat risiko yang menguatkan Dolar Australia. "Brexit adalah event yang paling diawasi malam nanti, dengan exit poll yang berpotensi menggerakkan pasar global sebelum hasil yang resmi diumumkan," tulis analis bank ANZ yang dirangkum oleh The Age.

 

NZD/USD Juga Menanjak

Selain Dolar Australia, Dolar New Zealand juga menguat, NZD/USD maju 0.46 persen untuk diperdagangkan pada level tinggi 12 bulan di angka 0.7196 di tengah pelaksanaan referendum Inggris sore ini.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE