Menu

Pasar Tengah Menunggu Rilis Data Jepang

Rachmat

Pasar tengah menunggu data-data yang akan dirilis pada Jumat 29/8/2014 hari ini. Dimana data tersebut bisa mempengaruhi Bank of Japan dalam memutuskan perlu tidaknya menambah program stimulus. Sementara analis memperkirakan data yang akan dirilis menunjukkan ekonomi Jepang masih lambat.

Pasar tengah menunggu data-data yang akan dirilis pada Jum’at (29/08) besok, dimana data tersebut bisa mempengaruhi Bank of Japan dalam memutuskan perlu tidaknya menambah program stimulus. Sementara analis memperkirakan, data yang akan dirilis bisa jadi menunjukkan ekonomi Jepang masih lambat.


Pasar sepertinya akan memusatkan perhatiannya pada indeks harga konsumen atau inflasi. Diperkirakan inflasi inti yang tidak menyertakan sektor makanan akan tumbuh sebesar 3.3% di bulan Juli. Jika penghitungan inflasi dilakukan dengan menghilangkan dampak kenaikan pajak penjualan, maka diperkirakan angkanya akan menyentuh 1.3%. Pastinya, angka itu masih jauh dari target Bank of Japan yang mematok sebesar 2%.

Sementara data lain yang akan dirilis pada hari Jumat adalah penjualan ritel yang diperkirakan naik tipis 0.1%, belanja rumah tangga yang diperkirakan turun 3,0%, dan output industri yang diperkirakan naik sebesar 1%.

Pekan lalu, Gubernur BoJ Haruhiko Kuroda pada pertemuan Jackson Hole mengatakan, bank sentral berkomitmen menjaga sikap akomodatif sampai Jepang mencapai target inflasi 2% dan mencapai stabilitas harga.

Jepang telah berusaha meredam dampak rencana kenaikan pajak penjualan dengan menaikkannya secara bertahap alih-alih menaikkannya sekaligus. Namun demikian, kritik terus menghujani pemerintah Jepang dibawah PM Shinzo Abe. Koichi Hamada, ekonom kenamaan Jepang yang juga profesor di Yale University mengatakan bahwa, Abe seharusnya fokus pada reformasi struktural dan memangkas pajak perusahaan lebih besar dari yang direncanakan saat ini untuk mendorong perekonomian dan menarik investasi.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE