Menu

Penjualan Retail Inggris Naik Sambut Musim Panas, Sterling Lepas Landas

N Sabila

Poundsterling melompat ke level tinggi sesi perdagangan Kamis (21/05) sore hari ini terhadap Dolar AS, setelah data menunjukkan bahwa penjualan retail Inggris meningkat lebih cepat dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan April. Data ini sukses mendorong naik optimisme terhadap outlook perekonomian Inggris.

Poundsterling melompat ke level tinggi sesi perdagangan Kamis (21/05) sore hari ini terhadap Dolar AS, setelah data menunjukkan bahwa penjualan retail Inggris meningkat lebih cepat dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan April. Data ini sukses mendorong naik optimisme terhadap outlook perekonomian Inggris. GBP/USD melambung hingga 0.83 persen ke posisi 1.5664 dari kisaran 1.5600 sebelum data tersebut diumumkan. Sedangkan EUR/GBP menurun ke posisi 0.7123.


Biro Statistik Nasional Inggris (ONS) melaporkan adanya kenaikan setinggi 1.2 persen pada bulan lalu, yang terdorong oleh meningkatnya penjualan pakaian dan alas kaki, jauh melebihi 0.4 persen yang diprediksikan. Penjualan retail Inggris dalam rentang tahun ke tahun menghimpun kenaikan 4.7 persen, melebihi ekspektasi kenaikan 3.8 persen.

Faktor Musim

Penjualan retail inti, tidak termasuk penjualan otomotif, meningkat 1.2 persen bulan lalu, dibandingkan dengan prediksi kenaikan 0.3 persen setelah naik pula sebanyak 0.2 persen pada bulan Maret.

"Ini (kenaikan penjualan retail) adalah faktor cuaca," demikian tutur salah seorang petugas ONS yang dikutip oleh Reuters. Menurutnya, cuaca yang mulai menghangat dan menyambut musim panas membuat orang bersemangat untuk memburu baju-baju khusus musim tersebut.

Pada pekan lalu, data-data ekonomi Inggris terbilang mengecewakan. Inflasi kosumen (CPI) untuk bulan April terjeblos ke area negatif untuk pertama kalinya sejak tahun 1960. Peringkat inflasi tahunan pun jeblok 0.1 persen setelah terus flat di kisaran nol dalam dua bulan sebelumnya. Kendati demikian, pihak Bank Sentral Inggris (BOE) menyatakan bahwa suku bunga acuan rendah tidak akan berlangsung lama sebab mereka optimis, akhir tahun ini data CPI Inggris akan menunjukkan pemulihan.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE