Menu

RBA Terbitkan Notulensi, AUD/USD Mendaki

N Sabila

Dolar Australia melonjak pada Selasa (19/08) pagi ini terhadap Dolar AS setelah dirilisnya notulensi rapat Bank Sentral Australia (RBA) yang telah digelar Juli lalu. Kendati belum menunjukkan outlook ekonomi yang pasti, namun notulensi tersebut mengindikasikan bahwa tingkat suku bunga RBA 2.5% akan tetap dipertahankan.

Dolar Australia melonjak pada Selasa (19/08) pagi ini terhadap Dolar AS setelah dirilisnya notulensi rapat Bank Sentral Australia (RBA) yang telah digelar Juli lalu. Kendati belum menunjukkan outlook ekonomi yang pasti, namun notulensi tersebut mengindikasikan bahwa tingkat suku bunga RBA 2.5% akan tetap dipertahankan untuk beberapa periode stabilitas.

AUD/USD diperdagangkan pada 0.9336, naik 0.11% setelah notulensi rapat diterbitkan. AUD/USD diperdagangkan pada 0.9331 setelah menyentuh level tinggi harian 0.9337 dan level rendah 0.9317.



Pertahankan Suku Bunga Rendah Demi Stabilitas

Diketahui bahwa RBA telah cukup lama menahan tingkat suku bunga 2.5% demi menyeimbangkan kembali berbagai lini dalam perekonomiannya, termasuk konstruksi perumahan, seiring dengan menurunnya investasi pertambangan yang menjadi andalan Australia.

Dalam notulensi tersebut tertulis bahwa, "Pertumbuhan partner-partner perdagangan utama bagi Australia diekspektasikan akan sedikit naik di atas rata-rata pada tahun 2014. dan 2015. Harga komoditas masih tinggi meskipun harga bijih besi dan batu bara merosot menyusul kenaikan yang subtansial dalam suplainya..."

Tingkat pengangguran Australia untuk bulan Juni pun dilaporkan naik hingga 6%, untuk pertama kalinya lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat pengangguran Amerika Serikat. Tingkat kepercayaan juga terpukul oleh pemotongan anggaran pemerintah pada bulan Mei lalu.

Di sisi lain, malam tadi Dolar AS mulai mengungguli mata uang-mata uang mayor lainnya terdukung oleh data dari sektor perumahan AS dan perundingan diplomatik untuk menyelesaikan konflik Ukraina.

Kamis esok para petinggi bank sentral dunia akan menghadiri pertemuan di Jackson Hole, Wyoming, AS. Diharapkan, konferensi tersebut dapat memberikan sedikit petunjuk mengenai kebijakan moneter negara-negara ekonomi mayor.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE