Menu

Terkait Keseimbangan Ekonomi AS, Dudley Fed Tak Seoptimis Sebelumnya

N Sabila

Salah seorang pejabat The Fed berpengaruh sekaligus Presiden The Fed untuk wilayah New York, William Dudley, pada Selasa (01/03) ini menyampaikan pidatonya yang menyatakan bahwa dirinya melihat adanya risiko penurunan dalam outlook ekonominya.

Salah seorang pejabat The Fed berpengaruh sekaligus Presiden The Fed untuk wilayah New York, William Dudley, pada Selasa (01/03) ini menyampaikan pidatonya yang menyatakan bahwa dirinya melihat adanya risiko penurunan dalam outlook ekonominya. Penilaian tersebut dapat menyebabkan jeda yang lebih lama daripada perkiraan terkait kelanjutan kenaikan suku bunga AS.



"Saat ini, saya menilai bahwa keseimbangan risiko antara pertumbuhan dan outlook inflasi yang saya perhitungkan tampak mulai sedikit merosot," kata Dudley dalam pidatonya di konferensi Hangzhou, sebuah acara kerjasama antara PBoC dengan The Fed New York.

Ada Perubahan Dalam Keseimbangan Ekonomi AS

Kendati mengatakan bahwa ia masih mengekspektasikan pertumbuhan ekonomi AS akan mencapai 2 persen tahun ini, di samping penurunan tingkat pengangguran, serta inflasi yang mulai merangkak naik, Dudley menambahkan bahwa dalam masalah keseimbangan saat ini, dirinya agak kurang percaya diri dibandingkan dengan sebelumnya.

The Fed akhirnya menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak hampir satu dekade pada Desember lalu, dan dalam jangka menengah, Bank Sentral AS ini berencana akan menjaga tingkat suku bunganya di kisaran 0.25 persen dan 0.5 persen.

Secara khusus, Dudley mengungkapkan masalah ekspektasi penurunan inflasi yang disurvei, baik oleh pasar maupun survei terhadap data masyarakat. Sementara itu, sejauh ini penurunan inflasi yang terjadi tidak berbahaya, dan apabila penurunan inflasi yang terjadi lebih dalam daripada perkiraan, maka akan membuat The Fed makin sulit menaikkan inflasi.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE