Menu

Yen Semakin Tenggelam

Daniel V

Yen semakin tenggelam setelah dollar AS menguat ke level tertinggi dalam 13 tahun terakhir setelah laporan tenaga kerja AS mengindikasikan penguatan pasar kerja dan memacu ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed di akhir tahun. Dollar AS terpantau bertengger di level tinggi sejak Juni 2002 terhadap Yen.

Yen semakin tenggelam setelah dollar AS menguat ke level tertinggi dalam 13 tahun terakhir setelah laporan tenaga kerja AS mengindikasikan penguatan pasar tenaga kerja dan memacu ekspektasi kenaikan suku bunga The Fed di akhir tahun. Dollar AS terpantau bertengger di level tinggi sejak Juni 2002 terhadap Yen.

Perekonomian AS mendapatkan tambahan 280,000 tenaga kerja dibulan lalu, lebih tinggi dibanding bulan April yang tercatat di level 221,000. Sementara tingkat pengangguran sedikit naik ke 5.5%, lebih buruk dibanding ekspektasi 5.4% yang merupakan level terendah 7 tahun. Sedangkan laju upah harian yang merupakan komponen kunci yang menjadi referensi kebijakan The Fed berhasil tumbuh lebih cepat, meningkat ke 0.3% di bulan Mei melampaui estimasi 0.2%.

Dollar berbalik arah dari pelemahan terhadap mata uang rival sejak pertengahan Maret akibat keraguan para investor apakah suku bunga dapat dinaikkan sebelum akhir tahun ini. Namun setelah data nonfarm payrolls bulan Mei dan pertumbuhan upah yang menunjukkan perbaikan signifikan pasar kerja AS membuat optimisme terhadap perekonomian AS kembali pulih dan kenaikan suku bunga The Fed bisa lebih cepat di bulan Oktober ketimbang estimasi semula di bulan Desember. Yen terpantau melemah di level 125,600 pada pukul 20.20 menjauhi level terendah harian 124,328.


Berita Forex Lainnya

USD
EUR
CHF
CAD
GBP
JPY
CNY
AUD





KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE