EUR/USD 1.070   |   USD/JPY 155.380   |   GBP/USD 1.246   |   AUD/USD 0.650   |   Gold 2,335.33/oz   |   Silver 27.67/oz   |   Wall Street 38,085.80   |   Nasdaq 15,611.76   |   IDX 7,105.08   |   Bitcoin 64,481.71   |   Ethereum 3,156.51   |   Litecoin 83.80   |   PT PLN (Persero) segera melantai ke Bursa Karbon Indonesia alias IDX Carbon, dengan membuka hampir 1 juta ton unit karbon, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (SMAR) meraih fasilitas pinjaman dari Bank BNI (BBNI) senilai $250 juta, 4 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Induk perusahaan Google, Alphabet Inc (NASDAQ: GOOGL), menguat sekitar 12%, mencapai rekor tertinggi di sekitar $174.70, 4 jam lalu, #Saham AS   |   Nasdaq naik 1.2% menjadi 17,778, sementara S&P 500 naik 0.8% menjadi 5,123 pada pukul 18.49 ET (22.49 WIB). Dow Jones Futures naik 0.1% menjadi 38,323, 5 jam lalu, #Saham AS

27-28 Nopember 2014 : CPI Jerman, CPI Jepang, Indeks ANZ New Zealand

Penulis

Pencari kerja di Jerman Oktober - diperkirakan -1000 orang. Indeks GfK Jerman Nopember - diperkirakan 8.6. Preliminary CPI Jerman Nopember y/y - diperkirakan 0.7%, m/m 0.0%. National CPI Jepang Oktober - diperkirakan 3.1%. Retail Sales Jepang Oktober y/y - diperkirakan +1.5%.

Kamis, 27 Nopember 2014 :
- Hari libur bank-bank di AS (Thanksgiving Day)
- OPEC Meetings

Jam 15:55 WIB
: data pencari kerja di Jerman bulan Oktober 2014 (Berdampak medium pada EUR)
Data ini mengukur perubahan jumlah pencari kerja di Jerman dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Dirilis dalam 2 versi, perubahan jumlah dan persentasi perubahan. Jumlah pengangguran sangat berhubungan dengan tingkat tenaga kerja dan akan berpengaruh pada aktivitas perekonomian secara keseluruhan.

Jumlah pencari kerja di Jerman pada bulan Setember lalu berkurang 22,000 orang, jauh lebih baik dari perkiraan yang akan bertambah 4000 orang dan bulan Agustus yang bertambah 9000 orang. Pengurangan ini adalah yang tertinggi dalam 6 bulan terakhir. Untuk Oktober 2014 diperkirakan akan kembali berkurang 1000 orang. Jika hasil rilis menunjukkan angka pengurangan yang lebih tinggi maka akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 19:00 WIB
: indeks GfK Consumer Climate Jerman bulan Nopember 2014 (Berdampak medium pada EUR)
Indeks kepercayaan konsumen di Jerman ini dibuat berdasarkan survey terhadap 2000 responden mengenai keadaan ekonomi saat ini dan perkiraan untuk beberapa waktu kedepan. Pertanyaan yang diajukan termasuk juga keadaan finansial dan produk kebutuhan pokok yang dikonsumsi.

Indeks ini adalah indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang menunjukkan aktivitas perekonomian pada umumnya. Meski demikian angka indeks ini dampaknya tidak sebesar indeks IFO Business Climate karena cakupan responden IFO lebih besar dan lebih berpengaruh pada pasar. Untuk bulan Nopember 2014 diperkirakan indeks akan berada pada angka 8.6, lebih tinggi dari bulan Oktober yang 8.5. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 20:00 WIB
: data Preliminary CPI Jerman bulan Nopember 2014 (Berdampak tinggi pada EUR)
Data ini bisa untuk memprediksi Flash CPI kawasan Euro yang akan dirilis besok, karena inflasi di Jerman mengambil porsi yang paling besar dalam menentukan tingkat inflasi di kawasan Euro.

Di Jerman hanya dirilis CPI total, tanpa CPI inti. Preliminary CPI adalah data awal tingkat inflasi bulan ini sehingga lebih berdampak dari data CPI Final yang akan dirilis dua minggu kemudian, kecuali pada data Final terjadi perubahan. Pada saat yang sama akan dirilis Preliminary CPI total untuk month over month (m/m) yaitu persentasi perubahan yang dibandingkan bulan lalu, dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Baik data m/m maupun y/y sama-sama berdampak tinggi dan bank sentral Eropa (ECB) akan sangat memperhatikan tingkat inflasi negara lokomotif kawasan Euro ini.

27-28 Nopember 2014 : CPI Jerman, CPI Jepang,

CPI total Jerman y/y bulan Oktober lalu naik 0.8%, sama dengan bulan September, sementara untuk m/m turun 0.3% dibandingkan September, lebih rendah dari perkiraan yang akan turun 0.1% dan bulan September yang stagnan (0.0%). Penurunan CPI m/m tersebut adalah yang terendah sejak bulan Maret lalu. Dalam basis tahunan penurunan tersebut diakibatkan oleh merosotnya harga bahan bakar sebesar 3.5% dan energi sebesar 2.3%. Untuk bulan Nopember 2014 ini CPI total y/y diperkirakan akan kembali turun ke angka 0.7% sementara untuk m/m diperkirakan tidak berubah (0.0%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

Jam 20:30 WIB
: data Current Account Canada kwartal ke 3 tahun 2014 (Berdampak medium pada CAD)
Current account mengukur perbedaan nilai impor dan ekspor barang dan jasa, aliran modal yang masuk dan dana yang ditransfer keluar selama periode sebulan. Neraca perdagangan adalah bagian dari current account. Jika hasil perdagangan dan penerimaan melebihi pengeluaran maka Current Account akan surplus, dan sebaliknya jika dana yang keluar lebih besar maka current account akan defisit. Surplus current account akan menyebabkan permintaan mata uang CAD meningkat, dan sebaliknya defisit current account akan cenderung memperlemah CAD.

Untuk kwartal ke 3 tahun ini diperkirakan Current Account akan kembali defisit sebesar CAD 10.3 milyard, lebih rendah dari kwartal ke 2 yang juga defisit sebesar CAD 11.9 milyard (defisit terendah dalam 6 bulan terakhir). Angka defisit yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Jum’at, 28 Nopember 2014 :
Jam 06:30 WIB
: data National CPI Jepang bulan Oktober 2014 dan Tokyo Core CPI Jepang bulan Nopember 2014 (Berdampak tinggi pada JPY)
Di Jepang ada dua rilis, Tokyo CPI dan National CPI, masing-masing dirilis untuk CPI inti (Core) yang tidak termasuk bahan makanan dan energi dan CPI total. Tokyo Core CPI yang dirilis oleh Biro Statistik lebih cepat sebulan dianggap mewakili tingkat inflasi di seluruh Jepang, sedang National CPI didasarkan atas hasil survey dari beberapa media terkemuka Jepang. Rilis data berupa persentasi perubahan data dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m) dan data bulan yang sama dibandingkan dengan tahun sebelumnya (year over year atau y/y). Yang berdampak tinggi adalah data inflasi tahunan atau National CPI total y/y.

27-28 Nopember 2014 : CPI Jerman, CPI Jepang,

National CPI bulan September y/y naik 3.2%, sesuai dengan perkiraan tetapi lebih rendah dari bulan Agustus yang naik 3.3%, sedang untuk m/m naik 0.2%, sama dengan bulan Agustus. Kenaikan inflasi tahunan tersebut adalah yang terendah sejak bulan Juni lalu. Penyumbang terbesar inflasi bulan September adalah energi dan makanan yang rata-rata naik 5%. Untuk Tokyo Core CPI bulan Oktober naik 2.5%, sesuai dengan perkiraan dan lebih rendah dari September yang naik 2.6%.

Untuk bulan Oktober 2014 National CPI total y/y diperkirakan akan kembali turun ke angka 3.1% dan Tokyo Core CPI y/y bulan Nopember akan turun ke angka 2.3%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan JPY menguat.

Jam 06:50 WIB
: data Preliminary Industrial Production Jepang bulan Oktober 2014 (Berdampak medium pada JPY)
Indikator ini mengukur output yang dihasilkan oleh sektor manufaktur dan industri lainnya yang berhubungan dengan tingkat tenaga kerja dan tingkat pendapatan konsumen. Di Jepang indikator ini dirilis dalam dua versi, Preliminary dan Revised. Data Preliminary dirilis lebih awal sehingga cenderung lebih berdampak. Untuk bulan Oktober 2014 diperkirakan output industri Jepang akan mengalami kontraksi (turun) 0.4%, lebih rendah dari bulan September yang naik 2.9% (kenaikan tertinggi dalam 6 bulan terakhir). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 06:50 WIB
: data Retail Sales Jepang bulan Oktober 2014 (Berdampak medium pada JPY)
Angka penjualan di tingkat retailer adalah indikator awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan dan pengeluaran konsumen yang menunjukkan aktivitas ekonomi secara keseluruhan dan pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan. Rilis data menunjukkan persentasi perubahan penjualan retail dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Di Jepang yang dirilis hanya Retail Sales total dalam basis year over year (y/y) atau yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Untuk bulan Oktober 2014 diperkirakaN Retail Sales y/y akan kembali naik 1.5%, lebih rendah dari kenaikan bulan September yang 2.3% (kenaikan tertinggi dalam 6 bulan terakhir). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan JPY.

Jam 07:00 WIB
: indeks ANZ Business Confidence Selandia Baru bulan Nopember 2014 (Berdampak tinggi pada NZD)
Indikator ini disebut juga dengan NBNZ Business Confidence dan dibuat berdasarkan survey terhadap sejumlah pelaku industri dan pebisnis megenai kondisi bisnis di Selandia Baru 12 bulan mendatang. Angka indeks yang positif (lebih besar dari nol) mencerminkan optimisme para pelaku bisnis, dan indeks negatif mencerminkan pesimisme.

27-28 Nopember 2014 : CPI Jerman, CPI Jepang,

Bulan Oktober lalu indeks kepercayaan bisnis berada pada angka 26.5, tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Untuk bulan Nopember 2014 pasar tidak memberikan prediksi, namun jika angka indeks lebih tinggi dari 26.5 (hasil rilis bulan Oktober), maka NZD akan cenderung menguat.


Arsip Analisa By : Martin
212998
Penulis

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.