EUR/USD 1.070   |   USD/JPY 155.380   |   GBP/USD 1.246   |   AUD/USD 0.650   |   Gold 2,328.78/oz   |   Silver 27.40/oz   |   Wall Street 37,822.37   |   Nasdaq 15,712.75   |   IDX 7,155.29   |   Bitcoin 64,276.90   |   Ethereum 3,139.81   |   Litecoin 83.16   |   EUR/USD dapat lanjutkan pemulihan selama support level 1.0700 bertahan, 6 jam lalu, #Forex Teknikal   |   Nilai kontrak baru PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) mencatatkan pertumbuhan sekitar 20,10% secara tahunan menjadi Rp4.9 triliun pada kuartal I/2024, 12 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Citra Borneo Utama Tbk. (CBUT) menetapkan pembagian dividen tahun buku 2023 sebesar Rp28.84 miliar, 12 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Saham Meta Platforms Inc (NASDAQ: META) turun tajam sebesar 15.3% menjadi $417.83, mendekati level terendah dalam tiga bulan terakhir, 12 jam lalu, #Saham AS   |   S&P 500 turun 0.6% menjadi 5,075, sementara Nasdaq 100 turun 1.1% menjadi 17,460 pada pukul 19.49 ET (23.49 GMT). Dow Jones turun 0.2% menjadi 38,591, 12 jam lalu, #Saham AS

4 Pebruari 2016 : BoE Meeting, Konperensi Pers Carney, Jobless Claims AS

Penulis

Data penting hari ini adalah publikasi notulen Bank of England dan laporan inflasinya. Namun, ada juga sejumlah pidato dari tokoh-tokoh bank sentral Dunia yang berpotensi berdampak tinggi.

Kamis, 4 Pebruari 2016:
Jam 14:15 WIB
: pidato anggota FOMC Eric Rosengren (Berdampak medium pada USD)
Presiden Federal Reserve Bank of Boston yang juga anggota FOMC Eric Rosengren dijadwalkan berbicara di Bank of International Settlements, di Cape Town.

Jam 15:00 WIB: pidato presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi (Berdampak tinggi pada EUR)
Mario Draghi dijadwalkan berbicara di Deutsche Bundesbank's Marjolin Lecture, di Frankfurt.

Jam 16:00 WIB
: rilis bulletin ekonomi ECB (Berdampak medium pada EUR)
Bulletin ekonomi ini dirilis oleh ECB 8 kali per tahun, sekitar 2 minggu setelah pengumuman suku bunga. Berisi mengenai data statistik ekonomi dan analisa saat menentukan suku bunga serta pandangan bank sentral terhadap kondisi perekonomian kawasan saat ini dan untuk waktu yang akan datang.
Hasil rilis bisa diunduh disini.

Jam 19:00 WIB: hasil meeting Bank of England (BoE) (Berdampak tinggi pada GBP)
1. data Asset Purchase Facility BoE bulan Pebruari 2016
Asset Purchase Facility BoE adalah target pembelian asset oleh BoE. Data ini berkaitan dengan program quantitative easing dari BoE, yaitu jumlah dana total yang akan digunakan oleh BoE untuk membeli asset-asset di pasar terbuka. Analis memperkirakan untuk bulan Pebruari 2016 ini jumlahnya akan tetap sebesar patokan £375 milyard yang telah berjalan sejak Juli 2012. Jika terjadi perubahan maka akan diumumkan oleh Monetary Policy Committee (MPC) bersamaan dengan pengumuman suku bunga, dan jika hasil rilis lebih rendah dari sebelumnya, maka GBP akan cenderung menguat, dan sebaliknya.

2. pengumuman suku bunga dan Monetary Policy Summary BoE bulan Pebruari 2016

4 Pebruari 2016 : BoE Meeting, Konperensi Pers

Penentuan suku bunga dilakukan dengan cara voting diantara para anggota MPC. Dari pernyataan dan komentar gubernur Mark Carney sebelumnya diperkirakan suku bunga acuan belum akan naik paling tidak hingga akhir kwartal ke 2 tahun ini dan untuk bulan Pebruari 2016 ini diperkirakan akan tetap sebesar 0.50% yang telah berlaku sejak 8 Oktober 2009 dan merupakan rekor terendah dalam sejarah BoE.

Jika diluar dugaan BoE menaikkan suku bunga acuan maka GBP akan menguat, dan jika terjadi perubahan tingkat suku bunga maka bank sentral akan mengumumkan Rate Statement yang diterbitkan oleh MPC.
Monetary Policy Summary untuk meeting hari ini bisa dibaca disini.

Jam 19:00 WIB: notulen meeting BoE hari ini (4 Pebruari 2016) (Berdampak tinggi pada GBP)
Selain penetapan suku bunga dan pembelian asset, rapat MPC juga dimaksudkan untuk memperoleh gambaran dalam menetapkan suku bunga berikutnya. Notulen meeting antara lain berupa hasil voting untuk target pembelian asset dan penentuan suku bunga. Dirilis dengan format: X1-X2-X3, dimana X1 menunjukkan jumlah anggota yang setuju kenaikan pembelian asset atau kenaikan suku bunga, X2 adalah jumlah anggota yang setuju penurunan pembelian asset atau penurunan suku bunga, dan X3 jumlah anggota yang tidak ingin ada perubahan.

Pada meetings sebelumnya (14 Januari 2016) hasil voting untuk suku bunga adalah 1-0-8 dan untuk pembelian asset adalah 0-0-9. Untuk meeting hari ini diperkirakan tidak berubah, tetap 0-0-9 untuk pembelian asset dan 1-0-8 untuk suku bunga atau ada seorang anggota MPC yang setuju kenaikan suku bunga. Jika anggota MPC yang setuju pada kenaikan suku bunga lebih banyak dari perkiraan maka GBP akan cenderung menguat.
Hasil rilis notulen meetings hari ini.

Jam 19:00 WIB: laporan inflasi Bank of England (BoE) (Berdampak tinggi pada GBP)
Laporan mengenai proyeksi inflasi dan pertumbuhan ekonomi Inggris yang dibuat oleh BoE ini dirilis per kwartal dan selalu dicermati oleh pelaku pasar. Disebut juga dengan Quarterly Inflation Report (QIR). Selain tingkat inflasi, BoE juga memberikan pandangan mengenai pertumbuhan ekonomi Inggris untuk 2 tahun mendatang dan kebijakan moneter yang mungkin dijalankan.
Laporan inflasi per bulan Pebruari 2016 ini bisa diunduh disini.

Jam 19:45 WIB: konperensi pers gubernur BoE Mark Carney mengenai laporan inflasi BoE (Berdampak tinggi pada GBP)
Gubernur Carney akan mengadakan konperensi pers bersama dengan para anggota MPC 45 menit setelah meetings untuk menjelaskan alasan penetapan suku bunga dan pembelian asset bulan Pebruari ini, serta proyeksi inflasi beberapa bulan kedepan dan kemungkinan BoE untuk menaikkan suku bunga acuan. Jika Carney cenderung hawkish maka GBP akan cenderung menguat.

Jam 20:30 WIB
: data Jobless Claims AS per 29 Januari 2016 (Berdampak tinggi pada USD)
Jobless Claims mengukur jumlah klaim tunjangan pengangguran selama minggu lalu, dan merupakan data fundamental paling awal yang berhubungan dengan jumlah tenaga kerja. Data Jobless Claims juga indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi. Ada 2 data yaitu Initial Jobless Claims dan Continuing Jobless Claims. Initial Jobless Claims mengukur jumlah mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan pengangguran dan lebih berdampak. Indikator Jobless Claims biasanya mengacu pada data initial.

4 Pebruari 2016 : BoE Meeting, Konperensi Pers

Minggu lalu Jobless Claims AS turun 16,000 ke 278,000 klaim dibandingkan minggu sebelumnya yang 294,000 klaim (revisi dari data sebelumnya yang 293,000), lebih rendah dari perkiraan 281,000 dan yang terendah dalam 3 minggu terakhir. Sementara klaim rata-rata 4 mingguan berada pada angka 283,000 klaim, turun 2,250 klaim dibandingkan minggu sebelumnya. Hingga minggu pertama bulan Pebruari ini klaim rata-rata 4 mingguan masih berada dibawah 300,000 klaim yang merupakan angka acuan untuk Jobless Claims. Untuk minggu ini diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan kembali naik 1,000 ke 279,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 22:00 WIB
: data Factory Orders AS bulan Desember 2015 (Berdampak medium pada USD)
Data ini mengukur perubahan persentasi order pembelian produk-produk manufaktur dan industri AS dalam sebulan, dan adalah indikator awal bagi output produksi yang menunjukkan tingkat permintaan, yang pada akhirnya juga akan mempengaruhi pertumbuhan.

4 Pebruari 2016 : BoE Meeting, Konperensi Pers

Bulan Nopember 2015 lalu Factory Orders AS turun 0.2% (atau -0.2%), sesuai dengan perkiraan dan lebih rendah dari September yang naik 1.3% akibat turunnya order untuk produk-produk yang non durable. Untuk bulan Desember 2015 diperkirakan Factory Orders akan kembali turun 2.5% (atau -2.5%). Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan (atau persentase penurunan yang lebih rendah) akan cenderung mendukung penguatan USD.


Arsip Analisa By : Martin
259566
Penulis

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Djong Hon
Pagi pak martin, mohon maaf, mau tanya, untuk jadwal pidato Draghi jam 1500 Presidan ECB, apakah bukan yg berdampak tinggi secara langsung adalah Euro ? di tulisan Bapak tertulis GBP. Mohon penjelasan, Terimakasih
Martin S
@ Djong Hon:
Maaf ada kesalahan. Anda benar, pidato Mario Draghi berdampak tinggi pada EUR.
Kesalahan sudah kami ralat. Terima kasih atas koreksinya.
Indra Fasmedi
bagaimana  perkiraan  untuk  hari ini....apakah kekuatan  euro sudah maksimal..terhadap  usd...adakah  kemungkinan  usd membalas...kekalahanya..
Martin S
@ Indra Fasmedi:
Secara fundamental USD memang sedang melemah akibat komentar petinggi The Fed William Dudley dan merosotnya indeks ISM Non-Manufacturing PMI AS (baca: Dolar AS Terpukul Komentar Dudley Dan Data AS). Data ADP Non-Farm Employment Change yang dirilis lebih tinggi dari perkiraan ternyata tidak menolong USD. Pergerakan USD selanjutnya akan ditentukan oleh data Non Farm Payrolls AS besok. Data Jobless Claims nanti malam diperkirakan kurang berpengaruh karena sentimen pasar terhadap komentar Dudley cukup kuat.

Secara teknikal EUR/USD hari ini masih cenderung bullish dengan tembusnya resistance kunci 1.1000 dan terbentuknya formasi bullish engulfing candle baik pada time frame H4 dan daily (lihat chart dibawah). Khusus pada tf daily EUR/USD juga telah menembus kurva sma 200 day



Selain dari price action (bullish engulfing), kondisi bullish bisa dilihat dari indikator Parabolic SAR, MACD dan ADX.