EUR/USD 11 Februari: Review Teknikal Mingguan

  By: Buge Satrio   view: 1059
Analisa Forex Mingguan

Tertekan hampir di sepanjang pekan (6-10 Feb), Euro terdepresiasi lebih dari 1% terhadap Dolar, di tengah ketidakpastian politik Eropa menjelang pemilu di Perancis, Belanda dan Jerman. Sementara Dolar mendapat dukungan dari pernyataan Trump yang akan mengeluarkan kebijakan perpajakan AS dalam beberapa pekan ke depan.

Chart Weekly menunjukkan kegagalan menguji breakout di atas zona resisten 1.07 - 1.08 dengan respon sellers yang tercermin lewat sebuah candle Bearish yang cukup signifikan, dan berisiko penurunan lebih lanjut jika melihat indikator RSI yang bergerak turun dari level keseimbangannya setelah sempat menyebrang di atas value 50.00.

EURUSD Weekly 20170211

Sementara pada chart Daily, kegagalan harga bertahan di atas turning-line Tenkan-sen (sekarang di 1.0718) cenderung telah mengkonfirmasi breakout dari lintasan Rising Wedge pattern yang umumnya berisiko pullback/korektif atau malah membuka jalan bearish continuation dalam jangka menengah/panjang, seperti pada gambar di bawah ini:

EURUSD Daily 20170211

Di atas kertas, dari situasi fundamental dan teknikal (Weekly & Daily), risiko bearish untuk pekan berikutnya adalah kemungkinan atau kecenderungan yang sulit diabaikan. Sehingga strategi sell on rallies (mencari posisi sell jangka pendek ketika harga bergerak naik pada chart H1), barangkali masih lebih bijak ketimbang mengejar atau menyimpan posisi buy dalam jangka pendek atau bahkan dalam jangka menengah, kecuali kita dapat menemukan atau mengindentifikasi price action/candle pattern skala Daily yang mencerminkan reaksi buyers secara cukup meyakinkan, misalnya Bullish Engulfing atau Bullish Pinbar di area support.

Untuk perdagangan dalam jangka pendek, EUR/USD berisiko bearish selama harga bergerak di bawah area 1.0700/23. Pekan lalu strategi sederhana ini saja yang saya terapkan, mencari posisi sell jangka pendek atau intraday sambil memperhatikan price action atau candle pattern yang umumnya cenderung berpotensi bearish pada chart H1 dan M15, dengan SL di atas 1.0723.

Pada chart H4, level keseimbangan Kijun-sen sekarang berlokasi di level 1.0680 sebagai resisten dinamis terdekatnya. Sementara price action chart H1 menunjukkan kemungkinan bouncing menuju level resisten intraday 1.0667 setelah rilis data Consumer Sentiment AS yang mengecewakan. Sehingga respon sellers/buyers berikutnya di kisaran 1.0667/80 layak untuk dicermati. Posisi sell di kisaran level tersebut membutuhkan SL di atas 1.0700 dan sebaiknya step-aside lebih dulu sambil memperhatikan price action berikutnya ketika harga berada di kisaran 1.0700/23.

Pada sisi downside, sejauh ini 1.0600/1.0583 masih bertahan namun penutupan harga H4/Daily di bawah level ini berpotensi membuka jalan menuju zona support berikutnya yang berlokasi di kisaran 1.0525/05.


Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Senang
Terinspirasi
Tak Peduli
Sedih


  Anda ingin mendapatkan info berita, artikel, analisa terbaru?
Silahkan daftar disini.

Analisa Rupiah 21-25 Agustus 2017

Analisa Rupiah 21-25 Agustus 2017

Analisa mingguan USD/IDR berikut ini dibuat berdasarkan harga penutupan pasar minggu lalu (18 Agustus 2017), dan dimaksudkan sebagai acuan untuk trading jangka menengah dan panjang.
Rekap 21-26 Agustus 2017: Simposium Jackson Hole Dan Durable Goods Order AS

Rekap 21-26 Agustus 2017: Simposium Jackson Hole Dan Durable Goods Order AS

Data dan peristiwa penting minggu ini: pidato Yellen dan Draghi di Jackson Hole, Durable Goods Orders AS, Eurozone, GDP Inggris, CPI Jepang, IFO dan ZEW Jerman, Jobless Claims AS dan pidato Kaplan.
Support/Resisten & Price Action Pair Mayor Grafik Daily, 19 Agustus

Support/Resisten & Price Action Pair Mayor Grafik Daily, 19 Agustus

Beberapa peristiwa menarik terjadi dalam 3 hari terakhir menjelang penutupan perdagangan di akhir pekan, antara lain notulen FOMC yang cenderung dovish, teror bom di Barcelona dan ketidakpastian politik di Washington
Ulasan Saham 21 Agustus: Menu Trading Saham Hari Ini

Ulasan Saham 21 Agustus: Menu Trading Saham Hari Ini

Kami merekomendasikan saham-saham seperti APLI, BBTN, KINO, MAIN, ASSA, dan INCO. Apa alasannya dan bagaimana dengan target harganya? simak ulasan lengkapnya.
Price Action Intraday Pair Mayor Pasca CPI AS 11 Agustus

Price Action Intraday Pair Mayor Pasca CPI AS 11 Agustus

Catatan di akhir pekan kali ini tidak menyuguhkan detail teknikal atau ulasan fundamental yang barangkali akan membosankan, melainkan hanya price action atau aksi harga ketika berhadapan dengan rilis data/peristiwa penting.