Analisa US OIL Dalam Pandangan Teknikal (15-20 Februari 2017)

  By: Ardi99   view: 466
Analisa Minyak

Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US OIL ini, melihat komoditas ini mengalami perubahan trend yang terlihat menjanjikan untuk hari ini sampai 15 Februari 2017.

Simak US OIL dalam Daily chart berikut:

US OIL Daily

 

Dalam chart pada gambar di atas, harga mengalami kenaikan sejak November 2016 sampai pertengahan Desember 2016, dan pada kotak hijau nampak harga bergerak dalam konsolidasi harga di level-level tertentu (54.75-50.90). Namun peluang naik dan turun juga masih memungkinkan dikarenakan konsolidasi yang terjadi tidak menunjukan kekuatan yang cukup kuat, dapat dilihat dari tekanan volume naik dan volume turun masih sama kuat (Psikologi analis), namun sangat menjanjikan profit tinggi saat harga mampu keluar dari area konsolidasi ini dengan pasti di Daily Chart.

Untuk ulasan entry, mari kita simak US OIL dalam chart 4-hour berikut :

US OIL 4H

Mari kita analisa gambar diatas untuk entry terbaik kita.
Saya sudah menentukan Level harga Support dan Resistance berikut:

  • Resistance1 area (R1) : 54.19 – 53.72
  • Resistance2 area (R2) : 53.60 – 53.35
  • Support1 area (S1): 52.97 – 52.70
  • Support2 area (S2): 52.58 – 52.23
  • Strong Support area (SS): 51.55 – 51.17

Oke, nampak harga setelah tanggal 10 Februari membuat Double Tops Pattern seperti pada gambar. Ini dalam analisa saya, tampak US Oil mengulang pola konsolidasi harga kembali dan harga memiliki potensi turun yang kuat, sehingga bila konsolidasi terjadi, maka waspadai harga akan menyentuh area SS dan S1 sebelum naik kembali. Bila harga berhasil menembus area SS dengan penutupan candle H4 dan Daily secara sempurna, maka harga mengindikasikan akan jatuh kembali.

Namun dalam pergerakan konsolidasi ini, peluang Beli dan Jual masih sama kuat memungkinkannya Persentase menurut analisa teknikal saya (Buy : 48% , Sell : 52%).

Nah, dalam pandangan/prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa diatas, kita akan mencoba melihat peluang untuk entry Sell. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan close price pada Candle 4 hours.

Setup saya untuk Breakout Opportunity,
Buy : Bila harga close candle 4 Hour menembus area R2, maka bersiap mencari posisi Entry BUY terbaik, anda pun dapat membiarkan posisi anda mencapai area R1 untuk melihat reaksi pasar terhadap area tersebut untuk di naik kembali atau tidak.
Sell : Bila harga close candle 4 Hour menembus area S2, maka bersiap mencari posisi Entry SELL terbaik, anda pun dapat membiarkan posisi anda mencapai area S1 untuk melihat reaksi pasar terhadap area tersebut untuk turun kembali atau tidak, dan bila turun dapat ditunggu mencapai area SS untuk turun kembali atau tidak. Bila SS berhasil ditembus sempurna, maka Swing anda akan sangat profitable.

Setup saya untuk Pullback Opportunity,
Sell : Bila harga close candle 4 Hour tidak menembus area R2 (seperti membentuk pin bar), maka bersiap mencari posisi Entry SELL terbaik, namun bila harga mencapai dan menembus area ini, maka bersiap untuk cut loss. Dapat diterapkan di area R1 juga.
Buy : Bila harga close candle 4 Hour tidak menembus area S1 (seperti membentuk pin bar), maka bersiap mencari posisi Entry BUY terbaik, namun bila harga mencapai dan menembus area ini, maka bersiap untuk cut loss. Dapat diterapkan di area SS juga.

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level support dan resistance untuk referensi analisa anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga kembali.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi anda dalam melakukan analisa pada market.




  Anda ingin mendapatkan info berita, artikel, analisa terbaru?
Silahkan daftar disini.

Rekap 27 Pebruari - 4 Maret 2017: Pidato Trump Dan Yellen, GDP AS, BoC Meeting

Rekap 27 Pebruari - 4 Maret 2017: Pidato Trump Dan Yellen, GDP AS, BoC Meeting

Data dan peristiwa penting minggu ini adalah pidato presiden Trump dan Yellen, GDP AS, Australia dan Canada, BoC meeting, Manufacturing PMI AS, Inggris dan China, indeks CB AS, CPI Eurozone, Jerman, Jepang, Durable Goods Orders AS, perdagangan Australia, Jobless Claims AS dan pidato anggota FOMC.
EUR/USD 25 Februari: Review Teknikal Mingguan

EUR/USD 25 Februari: Review Teknikal Mingguan

Gagal menstabilkan harga di atas 1.0600 kemarin (Jumat 24/2), EUR/USD turun menyentuh level 1.0556 dan kemudian Euro melemah atau terdepresiasi 0.19% terhadap Dolar hingga menjelang penutupan perdagangan di akhir pekan.
Ulasan Saham 24 Februari: Saham-saham Ini Berpotensi Naik di Pekan Depan

Ulasan Saham 24 Februari: Saham-saham Ini Berpotensi Naik di Pekan Depan

Ada beberapa saham yang masuk radar kami melihat potensi arah jangka pendek-nya jika dilihat secara teknikal dan memiliki peluang untuk naik di pekan depan.
Outlook Teknikal Intraday USD/JPY 24 Februari: Descending Triangle & Inside Bar

Outlook Teknikal Intraday USD/JPY 24 Februari: Descending Triangle & Inside Bar

Indikator teknikal pada time frame H1 dan H4 sementara ini masih dengan kecenderungan bearish yang berisiko menutup harga atau break di bawah 112.54.
Analisa US OIL Dalam Pandangan Teknikal (23-28 Februari 2017)

Analisa US OIL Dalam Pandangan Teknikal (23-28 Februari 2017)

Ada suatu peluang entry di komoditas US OIL ini, melihat perubahan trend yang terlihat menjanjikan sampai 23 Februari 2017.
Analisa US OIL Dalam Pandangan Teknikal (7 - 13 Februari 2017)

Analisa US OIL Dalam Pandangan Teknikal (7 - 13 Februari 2017)

Sejak tanggal 1 Februari sampai 5 Februari, harga selalu mencoba menembus area resistance namun tidak cukup kuat, tetapi untuk sell pun masih perlu menunggu beberapa opportunity.

Harga Minyak

Brent Crude (ICE) 55.99 -1.04%
WTI Crude Oil (Nymex) 53.99 -0.84%
MORE 26 FEB 2017 21:35