EUR/USD 1.070   |   USD/JPY 155.380   |   GBP/USD 1.246   |   AUD/USD 0.650   |   Gold 2,326.50/oz   |   Silver 27.41/oz   |   Wall Street 38,460.92   |   Nasdaq 15,712.75   |   IDX 7,155.29   |   Bitcoin 64,276.90   |   Ethereum 3,139.81   |   Litecoin 83.16   |   EUR/USD dapat lanjutkan pemulihan selama support level 1.0700 bertahan, 3 jam lalu, #Forex Teknikal   |   Nilai kontrak baru PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) mencatatkan pertumbuhan sekitar 20,10% secara tahunan menjadi Rp4.9 triliun pada kuartal I/2024, 10 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Citra Borneo Utama Tbk. (CBUT) menetapkan pembagian dividen tahun buku 2023 sebesar Rp28.84 miliar, 10 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Saham Meta Platforms Inc (NASDAQ: META) turun tajam sebesar 15.3% menjadi $417.83, mendekati level terendah dalam tiga bulan terakhir, 10 jam lalu, #Saham AS   |   S&P 500 turun 0.6% menjadi 5,075, sementara Nasdaq 100 turun 1.1% menjadi 17,460 pada pukul 19.49 ET (23.49 GMT). Dow Jones turun 0.2% menjadi 38,591, 10 jam lalu, #Saham AS

12 Juli 2017: Testimoni Yellen, Suku Bunga BoC, Jobless Claims Inggris

Penulis

Data dan peristiwa berdampak hari ini: testimoni Janet Yellen, suku bunga dan konperensi pers BoC, upah, Jobless Claims dan pengangguran di Inggris, persediaan minyak AS dan output industri Eurozone.

Rabu, 12 Juli 2017:

Jam 15:30 WIB: indeks upah rata-rata di Inggris bulan Mei 2017 (3 months/year) (Berdampak tinggi pada GBP)

Data yang dirilis oleh Office for National Statistics (ONS) setiap bulan ini mengukur perubahan tingkat upah rata-rata di Inggris termasuk bonus, dari sektor swasta dan pemerintahan. Rilis data berupa perubahan rata-rata upah mingguan dalam 3 bulan terakhir dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Upah selalu dikaitkan dengan besaran inflasi guna memperkirakan tingkat biaya hidup. Tingkat upah merupakan salah satu data yang ikut dipertimbangkan BoE dalam menentukan suku bunga.

12 Juli 2017: Testimoni Yellen, Suku
Bulan April lalu upah rata-rata per minggu termasuk bonus naik 2.1%, lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 2.4% dan yang terendah dalam setahun terakhir. Untuk bulan Mei 2017 diperkirakan upah rata-rata per minggu termasuk bonus akan kembali naik 1.8%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 15:30 WIB
: data Jobless Claims Inggris bulan Juni 2017 (Berdampak tinggi pada GBP)

Jobless Claims Change atau Claimant Count Change mengukur perubahan jumlah klaim pengangguran guna memperoleh kompensasi dari pemerintah, sedang Claimant Count Rate menyatakan persentasi perubahan data yang sama dibandingkan bulan sebelumnya.

Jumlah klaim yang tinggi menunjukkan meningkatnya jumlah pengangguran yang akan berpengaruh pada pengeluaran konsumen. Jumlah klaim tunjangan pengangguran Inggris dirilis sebulan lebih cepat dari data tingkat pengangguran.

12 Juli 2017: Testimoni Yellen, Suku
Bulan Mei lalu klaim tunjangan pengangguran di Inggris bertambah 7,300, lebih rendah dari perkiraan yang akan bertambah 12,500 klaim dan yang terendah dalam 3 bulan terakhir. Untuk bulan Juni 2017 diperkirakan klaim tunjangan pengangguran di Inggris akan kembali bertambah 10,500. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan atau bahkan berkurang akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

Jam 15:30 WIB
: data tingkat pengangguran di Inggris bulan Mei 2017 (Berdampak medium pada GBP)

Indikator ini disebut juga dengan ILO Unemployment Rate, mengukur jumlah tenaga kerja usia produktif yang sedang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan selama kurun waktu 3 bulan terakhir. Disamping pertumbuhan dan tingkat inflasi tahunan, bank sentral (BoE) juga memperhatikan data tingkat pengangguran sebagai acuan dalam mengambil kebijakan, terutama perubahan tingkat suku bunga.

Sejak Januari 2014 tingkat pengangguran di Inggris terus menyusut. Bulan April 2017 lalu berada pada angka 4.6%, sesuai dengan perkiraan dan sama dengan bulan sebelumnya yang merupakan tingkat pengangguran terendah sejak bulan Juli 1975, sementara tingkat partisipasi bulan April berada pada angka 78.5%, sama dengan bulan sebelumnya.

Untuk bulan Mei 2017 diperkirakan tingkat pengangguran akan kembali berada pada angka 4.6%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

Jam 16:00 WIB
: data Industrial Production kawasan Euro bulan Mei 2017 (Berdampak medium pada EUR)

Data ini mengukur persentase perubahan output sektor manufaktur, pertambangan dan energi di kawasan Euro. Rilis data berupa persentase perubahan month over month (m/m) yaitu persentase perubahan yang dibandingkan bulan lalu, dan year over year (y/y) yang dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun sebelumnya. Yang lebih berdampak adalah data m/m.

Sektor industri menyumbang sekitar 25% dari total GDP kawasan Euro. Karena indikator yang sama untuk Jerman dan Perancis telah dirilis sebelumnya, data ini relatif kurang berdampak kecuali terjadi perubahan signifikan.

12 Juli 2017: Testimoni Yellen, Suku
Industrial Production kawasan Euro bulan April lalu naik 0.5%, sesuai dengan perkiraan dan yang tertinggi sejak bulan Nopember tahun lalu, sementara untuk basis tahunan (y/y) bulan Pebruari lalu naik 1.4%, terendah dalam 3 bulan terakhir. Pada bulan April 2017 produksi energi meningkat sebesar 4.7% sementara produksi durable goods naik 0.6% dan non durable goods naik 0.2%.

Untuk bulan Mei 2017 diperkirakan Industrial Production kawasan Euro m/m akan kembali naik 1.0% dan y/y diperkirakan naik 3.6%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 21:00 WIB
: testimoni ketua The Fed Janet Yellen hari pertama (Berdampak tinggi pada USD)

Pada hari pertama testimoni, Janet Yellen dijadwalkan berbicara mengenai laporan kebijakan moneter didepan House Financial Services Committee di Washington DC.

12 Juli 2017: Testimoni Yellen, Suku

Laporan kebijakan moneter tersebut telah dirilis pada tanggal 7 Juli lalu, isinya bisa dibaca disini. Laporan berisi ringkasan perkembangan kondisi ekonomi dan keuangan AS dalam setahun terakhir sesuai dengan hasil riset dan survey yang dilakukan bank sentral. Item-item yang dilaporkan meliputi pasar tenaga kerja, tingkat inflasi, pertumbuhan, kondisi keuangan, financial stability dan kebijakan suku bunga.

Jika pernyataan dalam testimoni Yellen dianggap hawkish dan mendukung kenaikan suku bunga maka USD akan cenderung menguat, dan sebaliknya jika dianggap dovish. Isi testimoni Yellen bisa dibaca disini.

Jam 21:00 WIB
: hasil meeting BoC (Berdampak tinggi pada CAD):

1. Pengumuman suku bunga BoC bulan Juli 2017

Suku bunga BoC dijadwalkan di-update 8 kali dalam setahun dengan konsensus (permufakatan) antara anggota dewan gubernur bank sentral. Terakhir kali BoC memotong suku bunga acuan pada 15 Juli 2015 sebesar 0.25% dari +0.75% ke +0.50%.

12 Juli 2017: Testimoni Yellen, Suku

Pada meeting terakhir tanggal 24 Mei lalu BoC mempertahankan suku bunga acuan pada +0.50%, sesuai dengan perkiraan. Dalam statement disebutkan pertumbuhan lebih tinggi dari yang diperkirakan dan tingkat inflasi telah sesuai dengan target. Pengeluaran konsumen dan prospek sektor perumahan terus meningkat seiring dengan membaiknya pasar tenaga kerja.

Pada pertengahan bulan lalu senior deputy gubernur BoC Carolyn Wilkins yang difavoritkan sebagai calon kuat gubernur BoC mendatang, pada pidatonya mengenai perekonomian Canada mengingatkan kemungkinan kenaikan suku bunga dan pengurangan besaran stimulus, dengan mengacu pada pertumbuhan ekonomi Canada kwartal pertama 2017 yang kembali naik.

Dengan data tenaga kerja bulan Juni yang kembali positif dan tingkat pengangguran yang turun ke angka 6.5%, terendah dalam setahun terakhir, maka untuk bulan Juli 2017 ini analis memperkirakan BoC akan menaikkan suku bunga acuannya sebesar +0.25% ke level +0.75%. Jika BoC jadi menaikkan suku bunga maka CAD akan cenderung menguat. Statement BoC bisa dilihat disini.

2. Laporan kebijakan moneter BoC

Laporan ini dirilis oleh BoC setiap kwartal, berisi mengenai pandangan bank sentral terhadap kondisi perekonomian global dan perekonomian Canada diantaranya tenaga kerja dan pengangguran, dan terutama yang berhubungan dengan tingkat inflasi, untuk memperoleh gambaran target inflasi bank sentral pada waktu yang akan datang.

Jika laporan dianggap hawkish maka CAD akan cenderung menguat dan sebaliknya jika dianggap dovish maka CAD akan cenderung melemah. Laporan kebijakan moneter BoC untuk bulan Juli 2017 bisa diunduh disini.

Jam 21:30 WIB
: data persediaan minyak untuk industri di AS per 7 Juli 2017 (Berdampak tinggi pada WTI/USD dan CAD)

Data ini dirilis tiap minggu oleh Energy Information Administration (EIA) AS, dan disebut juga dengan Crude Stocks atau Crude Levels, yang mengukur perubahan jumlah persediaan minyak mentah (dalam satuan barrel) untuk industri di AS.

Meski indikator ini dirilis oleh AS namun berdampak juga pada CAD mengingat impor sebagian minyak mentah AS berasal dari Canada. Indikator ini juga akan mempengaruhi harga minyak di AS dan akan berdampak pada tingkat inflasi.

12 Juli 2017: Testimoni Yellen, Suku
Minggu lalu persediaan minyak untuk industri berkurang 6.3 juta barrel (atau -6.3 juta barrel), jauh lebih rendah dari perkiraan yang akan berkurang 2.40 juta barrel dan yang terendah dalam 5 minggu terakhir. Untuk minggu ini diperkirakan akan kembali berkurang 3.20 juta barrel.

Jika persediaan minyak di AS lebih tinggi dari perkiraan maka harga WTI/USD akan cenderung melemah karena diasumsikan permintaan akan berkurang. Sebaliknya jika lebih rendah dari perkiraan maka harga WTI/USD akan cenderung menguat karena diasumsikan permintaan akan meningkat.

Namun demikian persediaan minyak di AS hanya salah satu faktor yang menggerakkan harga minyak dunia, yang paling berdampak adalah kebijakan negara-negara penghasil minyak mengenai kuota produksi, pernyataan pejabat negara penghasil minyak dan situasi politik di timur tengah. Rilis data persediaan minyak di AS tidak bisa dipastikan akan selalu mempengaruhi harga minyak dunia.
Baca juga: Kenaikan Pasokan Global Tekan Harga Minyak.

Jam 22:15 WIB
: konperensi pers BoC yang dihadiri gubernur Stephen Poloz (Berdampak tinggi pada CAD)
Konperensi pers BoC bisa dipantau disini.

Keterangan
: Update kabar terakhir terkait indikator fundamental bisa diperoleh di Berita Forex Seputarforex .

Arsip Analisa By : Martin
279553
Penulis

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Harianto
Nice info