7 Kiat Sukses Trading Emas Agar Menguntungkan

  By: Utari   View: 2463

Emas adalah salah satu aset safe haven yang digemari investor ketika terjadi ketidakpastian ekonomi global. Namun, sebagian besar orang masih berpendapat bahwa trading emas adalah salah satu trading yang sulit untuk dilakukan dan memang demikian adanya. Logam mulia emas tidak bergerak seperti pasar finansial lain dan jika investor ingin sukses trading emas, ada tujuh kiat sukses trading emas yang harus diperhatikan.
 

7 Kiat Sukses Trading Emas Agar Menguntungkan
 

1. Trading Emas Dengan Posisi Optimal Untuk Mengurangi Risiko

Kiat sukses pertama agar trading emas adalah selalu menjaga ukuran setiap posisi (lot) agar tidak terlalu besar. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari dana Anda hilang serta menderita kerugian, karena biasanya sebagian besar trader mengambil posisi trading secara acak. Trader seringkali mengambil posisi berisiko jika mereka merasa sangat yakin tentang tradingnya, atau trader ini tidak akan bertindak jauh jika mereka meragu. Tindakan tersebut tidak dibenarkan dalam menentukan posisi trading. Trader emas sukses tidak akan bertrading dengan cara seperti itu. Gunakan tata Money Management optimal agar Anda sukses trading emas.

 

2. Perhatikan Siklus Dan Tren Harga Pasar

Siklus pasar adalah tren atau pola yang kemungkinan terbentuk pada pasar, sehingga menyebabkan perubahan pada suatu aset. Meskipun siklus pasar seringkali sulit ditentukan dan jarang sekali menunjukkan awal atau akhir siklus dengan jelas, banyak trader emas percaya siklus pasar emas benar-benar ada dan dapat digunakan sebagai strategi sukses trading emas. Mereka akan menggunakan berbagai strategi yang bertujuan untuk memperoleh profit dengan memanfaatkan naik turunnya harga dari siklus ini. Untuk mengetahui siklus pasar emas, Anda bisa memanfaatkan analisa teknikal dan fundamental emas.

Untuk dapat sukses trading emas, penting pula bagi seorang trader untuk mengidentifikasi pembalikan tren harga emas di pasar. Pahami beberapa faktor fundamental penggerak harga emas karena faktor-faktor fundamental itu merupakan katalis untuk reversal jangka panjang. Anda juga bisa menggunakan pola formasi harga untuk menangkap sinyal reversal.
 

3. Sukses Trading Emas Dengan Indikator Populer

Kiat sukses trading emas ketiga adalah dengan memakai indikator Stochastic. Indikator Stochastic Oscillator adalah indikator momentum yang dapat mengidentifikasi besarnya perubahan harga penutupan dari satu periode ke periode selanjutnya. Dalam menentukan kapan harus masuk dan keluar pasar, trader emas dapat menggunakan salah satu jenis indikator Stochastic yaitu dengan High Low Stochastic.

Di samping itu, indikator Stochastic Oscillator berguna untuk mengetahui kondisi oversold dan overbought harga emas. Intinya adalah indikator ini sangat tepat dipakai dalam mencari arah pergerakan harga serta perubahan momentum. Agar sukses trading emas, Anda juga dapat menerapkan beberapa strategi emas sederhana lainnya misalnya dengan indikator EMA, SMA, dan RSI.
 

4. Amati Volume Trading Emas

Mengamati volume trading adalah sangat penting agar Anda sukses trading emas. Trader dapat mengetahui volume trading emas dengan mengakses data di CME Group.

Jika reli harga emas dibarengi oleh kenaikan volume trading, maka bisa diprediksi akan terjadi reli yang lebih besar. Sebaliknya, apabila reli harga emas terjadi seiring dengan penurunan volume trading yang cukup signifikan, maka kemungkinan reli akan segera berakhir. Sementara itu, ketika harga emas mengalami penurunan tapi ada volume trading meningkat (kecuali ada pembalikan harga), bisa jadi penurunan harga emas berlanjut. Namun, jika pelandaian harga emas sejalan dengan volume trading yang rendah, tidak ada implikasi tertentu.

Uraian di atas merupakan salah satu petunjuk umum terkait volume trading. Sebelum menerapkan hal-hal tersebut untuk bisa sukses trading emas, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bagaimana kondisi pasar saat itu dan memeriksa apakah saran diatas memungkinkan untuk dipakai.

 

5. Gunakan Formasi Harga

Kiat sukses trading emas selanjutnya adalah dengan melihat formasi harga, misalnya menggunakan pola chart head and shoulders. Pola chart ini terdiri dari head (kepala), right shoulder (bahu kanan), dan bahu kiri (left shoulder). Ketika pola chart tersebut terbentuk, terdapat sebuah uptrend yang terus meningkat sehingga munculah lengan kiri. Harga bisa jadi akan turun, tapi biasanya akan bergerak naik dan terciptalah bagian Head. 

7 Kiat Sukses Trading Emas Agar Menguntungkan


Setelah Head (bagian kepala) muncul, apabila harga emas menunjukkan adanya penurunan, maka harga yang menurun ini tidak akan menyentuh level harga di bawah left shoulder (bahu kiri). Tren penurunan akan terkonfirmasi jika harga berhasil menembus neckline.  
 

6. Tunggu Konfirmasi Breakout

Langkah sukses trading emas berikutnya adalah dengan memanfaatkan breakout. Sebaiknya menunggu konfirmasi breakout sebelum mengambil posisi trading. Breakout adalah penembusan harga di level penting yakni support dan resistance. Munculnya breakout (dalam gambar di bawah ini ditunjukkan dengan lingkaran merah) dapat ditandai dengan garis horizontal ataupun indikator teknikal seperti Moving Average (MA). Dalam pasar emas, disarankan untuk menunggu konfirmasi breakout setelah dua atau tiga harga penutupan sebelum menentukan posisi. Hal ini penting dilakukan sebagai jaga-jaga karena breakout bisa saja salah atau false breakout

breakout


 

7. Memantau Sentimen Investor Lain

Kiat sukses trading emas terakhir adalah memantau serta menyimak sentimen investor lain. Biasanya jika sebagian besar investor dan trader emas memiliki sentimen positif terhadap harga emas, maka logam mulia emas bisa jadi memiliki kecenderungan bullish. Momentum itu dapat dimanfaatkan trader emas untuk mencari sinyal trading dan mengkorfirmasi-nya. Sebaliknya, apabila para investor dan analis memperkirakan harga emas akan cenderung bearish, penurunan harga kemungkinan akan terjadi atau harga emas sudah melandai.

Salah satu cara untuk memantau sentimen investor pada harga emas adalah dengan mengetahui kejadian terkini di pasar melalui berita emas seputarforex. Atau bisa juga dengan mengikuti analis emas tertentu. Perlu diperhatikan, sebelum mengikuti saran atau rekomendasi dari analis, sebaiknya pastikan terlebih dahulu berapa lama analisa itu valid. Di samping itu, agar dapat sukses trading emas, Anda harus rajin melakukan monitoring hasil survei sehubungan dengan proyeksi harga emas jangka pendek serta jangka panjang.

Itulah tujuh kiat sukses trading emas yang bisa dipakai trader untuk memperoleh profit. Suatu ketika, Anda mengetahui ada anomali pasar, maka Anda harus melakukan investigasi lebih lanjut. Cobalah untuk menemukan alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Sebelum mengambil posisi trading, Anda juga perlu memeriksa apakah keanehan dalam pasar seperti itu pernah ada pada sesi sebelumnya.



Artikel Emas

Komentar: 1
  • Terimakasih, info emasnya cukup membantu memberi saya insight trading emas harian. Yah walaupun masih lebih banyak lossnya daripada profitnya sih, semoga bisa lebih berkembang lagi
    Reki
    17 FEB 2017

Harga Emas

Indikator Teknikal Emas

1 May 09:20
XAUUSD
1,264.35 (-3.46%)

Support : 1,264.18
Pivot : 1,266.31
Resistance : 1,269.95

Short Mid Long
Hold 25% Buy 67% Buy

Rekomendasi
32% Buy