Apa Itu PDB?

28 OCT 2012   DIBACA:2610  OLEH:PARMADITA    KATEGORI:ANALISA FUNDAMENTAL

Hayoo siapa yang tidak tahu PDB? Sudah belajar 3 tahun masa belum tahu? Hihihi.. Katanya, PDB itu sangat ditunggu-tunggu oleh big boys, loh. Dan keberadaan indikator ini termasuk yang paling kuat dibandingkan dengan indikator lain. Lebih tepatnya dibanding indikator fundamental. Karena sifatnya data, maka PDB dikeluarkan di jadwal ekonomi. Lalu kapan sih PDB itu keluar? Dan apa saja pengaruh, cerita, dan perilisannya? Artikel ini akan membahasnya.

Pengertian PDB
PDB merupakan singkatan dari Produk Domestik Bruto. Dimana laporan dari rilis data ini sangat ditunggu-tunggu dan termasuk indikator paling penting. Karena sangat pentingnya, banyak dari trader-trader profesional akan menunggu rilis data yang akan terjadi. Dengan memanfaatkan rilis data PDB, maka Anda dapat mengetahui perjalanan market 3 bulan yang akan datang.

PDB adalah nilai moneter agregat dari semua barang dan jasa yang diproduksi oleh seluruh perekonomian selama satu kuarter (tidak termasuk kegiatan internasional). Angka inti untuk mencarinya adalah tingkat pertumbuhan PDB.

Waktu Perilisan
Untuk mengetahui waktu kapan PDB dirilis, Anda dapat melihatnya di kalender ekonomi dengan melakukan cek satu persatu data rilisnya, hehehe. Namun Anda jangan khawatir, saya akan berikan bocorannya kapan rilis waktunya dimulai yaitu pada pukul 20.30 WIB pada hari terakhir setiap kuartal atau 3 bulan setiap tahun.

Cerita
Secara umum, perekonomian AS tumbuh sekitar 2,5-3% per tahun dan penyimpangan dari kisaran ini terbukti lebih berpengaruh. Pertumbuhan di atas tingkat ini sering dianggap tidak berkelanjutan dan pelopor untuk inflasi tinggi. Jadi, Fed biasanya merespon dengan mencoba untuk memperlambat sebuah ekonomi yang sedang "overheated".

Pertumbuhan di bawah kisaran (dan pertumbuhan terutama negatif) berarti bahwa perekonomian berjalan lambat, yang dapat menyebabkan peningkatan pengangguran dan pengeluaran yang lebih rendah.



Perlu dicatat bahwa setiap laporan PDB awal akan direvisi dua kali sebelum angka akhir diselesaikan pada saat: Laporan "terdahulu" diikuti oleh laporan "awal" sekitar sebulan kemudian dan laporan akhir sebulan setelah itu. Revisi yang signifikan untuk jumlah terdahulu dapat menyebabkan tambahan gejolak harga pada pasar saat ini.

Angka-angka PDB dilaporkan dalam dua bentuk: yang pertama adalah dalam bentuk Dollar yang berlaku saat ini dan yang kedua dalam bentuk Dollar konstan. PDB dolar saat ini dihitung dengan menggunakan dolar hari ini dan membuat perbandingan antara periode waktu yang sulit karena akibat inflasi. PDB dolar konstan memecahkan masalah saat ini dengan mengubah informasi saat ini ke beberapa dolar era standar, seperti dolar pada tahun 1997. Proses ini menggambarkan akibat dari inflasi dan memungkinkan perbandingan yang mudah antar periode.

ARTIKEL KATEGORI ANALISA FUNDAMENTAL LAINNYA

Durable Goods (Rilis Data Barang Tahan Lama)

30 APR 2013   DIBACA:1884    OLEH:PARMADITA

Menghafal Teori Demi Keberhasilan

19 JUN 2012   DIBACA:6424    OLEH:PARMADITA

Konsep Data Fundamental

13 NOV 2012   DIBACA:800    OLEH:PARMADITA

Unemployment Rate

8 NOV 2012   DIBACA:4484    OLEH:PARMADITA

Demi meningkatkan artikel ataupun materi-materi yang ada, kami selalu mengharapkan dan sangat menghargai komentar-komentar Anda.
Name:
Email:
URL:
 
New Code  

3 Kesalahan Ketika Trading Pada Volatilitas Rendah

20 MAR 2014    DIBACA:2743    OLEH:MARTIN    KATEGORI:SISTEM TRADING

Volatilitas pasar yang rendah sebenarnya menguntungkan trader karena biasanya membuat pasar bergerak ranging. Trader bisa menggunakan strategi pullback atau buy low sell high dengan persentasi kesalahan entry yang minimum. 3 kesalahan yang lazim dilakukan trader ketika volatilitas rendah adalah: 1. Menggunakan strategi..

Kisah Trader Sukses - William Eckhardt

20 MAR 2014    DIBACA:2132    OLEH:MARTIN    KATEGORI:TOKOH

William (Bill) Eckhardt adalah trader komoditi dan futures serta salah satu fund manager terkemuka AS. Ia adalah pakar matematika yang menerapkan konsep statistik dan probabilitas untuk analisa pasar. Bersama Richard Dennis ia menciptakan turtle trading systems. Selain melakukan riset, Eckhardt juga sibuk mengelola perusahaan..

Menggunakan Garis Trend Dalam Trading (3)

27 SEP 2013    DIBACA:1612    OLEH:MARTIN    KATEGORI:TREND

Garis uptrend yang mengukur titik-titik support akan berubah menjadi garis resistance jika telah berhasil ditembus, dan sebaliknya untuk garis downtrend. Garis-garis channel adalah garis sejajar yang dibuat diatas garis uptrend pada saat pergerakan harga mulai berbalik arah dari titik puncaknya, atau garis sejajar yang..

Apa itu Pasar Modal

5 APR 2013    DIBACA:4357    OLEH:PARMADITA    KATEGORI:INVESTASI

Seringkali kita melihat informasi mengenai pasar modal. Bagi yang sudah memahami, mungkin pasar modal hanya sebuah perdagangan bursa, tapi bagi yang belum mengerti, pasar modal seperti gabungan modal yang besar dan ditransaksikan. Benarkah hal itu demikian? Di artikel ini kita akan membahas mengenai pasar modal beserta..

Memanfaatkan Trendline RSI

2 MAY 2013    DIBACA:1194    OLEH:PARMADITA    KATEGORI:RSI

Seperti yang kita kenal, RSI adalah sebuah osilator. Karena berasal dari kekuatan harga, pedagang bisa belajar dengan RSI trendlines dimana pola khas grafik yang bergerak menjadi cara serbaguna. RSI jauh lebih fleksibel daripada osilator lainnya. Setelah Anda memahami konsep-konsep baru tentang RSI, Anda akan memiliki apresiasi..

comments powered by Disqus







HEADLINE NEWS

japan_factory

Defisit Perdagangan Jepang Maret 2014 Membengkak Empat Kali Lipat

21 APR 2014 DIBACA:400

Rekap: Kesepakatan Jenewa Sumbangkan Volatilitas Harga Di Tengah Libur Paskah
Tiga Data Ekonomi Untuk Fokus Trading Hari Ini
Rekap: Mengapa Dolar AS Cenderung Melemah Hari Ini
Headline News Lainnya



PILIH KATEGORI ARTIKEL



FOLLOW US
SHARE
ADS