OctaFx

Symmetrical Triangle

  By: Sfteam   View: 9501    Analisa Teknikal  

Ada beberapa pola chart yang digunakan trader untuk menganalisis trend market Forex. Salah satu di antaranya adalah Symmetrical Triangle. Mungkin saat ini terlintas pertanyaan di benak Anda; apa itu Symmetrical Triangle? Dan Bagaimana cara memanfaatkan pola ini ketika dia muncul di market? Melalui artikel ini, penulis akan mengulas tentang bentuk pola chart yang digunakan dalam analisis teknikal ini beserta contoh dan bagaimana efeknya ketika muncul di market.

Pengertian
Symmetrical Triangle adalah pola yang terbentuk dari penerusan trend sebelumnya. Pola ini secara umum dianggap sebagai bagian dari periode konsolidasi, sebelum harga melanjutkan uptrend yang bisa diidentifikasi oleh bentukan trendline (bullish). Symmetrical Triangle dapat dengan mudah dikenali karena bentuk khasnya yang memperlihatkan high harga terus menurun, sedangkan low harga terus meningkat.

Anda bisa menggunakan bantuan trendline untuk mengenali pola ini. Ketika 2 trendline yang Anda gunakan pada high dan low harga terlihat cenderung menyatu pada bagian ujungnya, ini bisa jadi indikasi Symmetrical Triangle dan Anda dapat bersiap mengantisipasi harga akan break dari salah satu garis trendline untuk melanjutkan tren sebelumnya. Supaya lebih jelas, coba perhatikan gambar di bawah ini:

Symmetrical

Bagaimana menggunakannya ?
Pola akan muncul setelah terjadi penguatan harga dan terdapat pergerakan yang cenderung sideway. Anda bisa gunakan trendline untuk menandai pola sideways tersebut, jika pada akhirnya terbentuk pola Symmetrical Triangle, maka akan didapatkan gambaran bahwa pergerakan harga akan selesai berkonsolidasi dan akan segera melanjutkan trend sebelumnya.


Symmetrical

Jika pola di atas tidak ditemukan, mungkin pergerakan harga membentuk sideway panjang. Dan tidak diketahui ke mana pergerakan selanjutnya. Nah, bagaimana jika pola tidak sesuai dengan contoh di atas? Ada satu lagi bentuk pola dasar konsolidasi yang cukup bergelombang. Biasanya pola ini ditandai dengan kenaikan harga yang terus mengalami kenaikan.

Symmetrical


Kesimpulan

Dalam menentukan pola Symmetrical Triangle, Anda harus mawas terhadap trend yang sedang terjadi, dimana harga tidak mampu mengalami pelemahan melewati titik support sebelumnya. Satu lagi hal yang harus Anda ingat mengenai pola Symmetrical Triangle: pola ini akan selalu ada dalam setiap pergerakan harga. Sehingga sewaktu-waktu harga bakal membentuk pola yang mirip dengan Symmetrical Triangle. Ingatlah pola ini, maka jika saatnya tiba nanti, Anda akan tahu bagaimana pergerakan trend selanjutnya.



Setujukah Anda mengenai ulasan artikel di atas? Sampaikan pendapat Anda pada kotak post di bawah ini.







SHARE:

SHARE:

 
Komentar: 7