Cara Menghapus Indikator

  By: Parmadita   View: 9302    Metatrader  

Beberapa teman trader sering terlihat kesusahan saat harus menghapus satu persatu indikator teknikal di platform trading. Kalau sudah terlanjur frustasi, mereka bisa langsung menutup chart sekalian. Akan tetapi, cara tersebut pun kurang efektif karena mereka harus menata ulang indikator-indikator yang ingin dipertahankan. Nah, untuk mengantisipasi kesulitan tersebut, ada baiknya Anda belajar cara menghapus indikator di platform MetaTrader dengan benar.

Cara menghapus indikator

Ada 2 kategori penghapusan indikator yang perlu Anda ketahui. Jenis pertama berkaitan dengan cara menghilangkan indikator yang sudah terpasang di chart (default indicator), sedangkan tipe kedua menginstruksikan bagaimana cara menghapus custom indicator dari MetaTrader.

1. Cara Menghapus Indikator Default Di Chart MetaTrader

Metode ini adalah cara standar untuk mnghilangkan suatu indikator yang sudah tak terpakai di chart. Trader yang hobi bongkar pasang indikator sangat sering mempraktekkan prosedur ini, karena mereka gemar menguji coba sistem dengan kombinasi bermacam-macam indikator. Ketika suatu indikator dirasa tak mampu memberikan sinyal yang diharapkan, maka trader tersebut akan menghapusnya dan menggantikannya dengan indikator baru.

Terdapat 3 cara menghapus indikator di chart yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah:

1. Klik Ctrl + I

Cara Menghapus Indikator Dari Chart 1

Shortcut ini akan menampilkan window indikator secara otomatis. Anda selanjutnya tinggal memilih indikator yang ingin dihapus, lalu klik "Delete".

 

2. Klik Kanan Pada Chart

Cara Menghapus Indikator Dari Chart 2

Metode klik kanan chart bisa menampilkan beberapa fungsi MetaTrader, seperti memunculkan One Click Trading, membuka order Buy Limit, mengubah time frame, hingga memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out) tampilan chart. Nah, menghapus indikator sudah termasuk dalam beragam fungsi yang ditampilkan pada opsi klik kanan.

Untuk membukanya, Anda bisa memilih "Indicators List". Selanjutnya, akan muncul window yang menampilkan daftar indikator di chart. Anda tinggal melakukan langkah yang sama dengan cara di metode sebelumnya, yaitu pilih indikator yang ingin dihapus lalu tekan "Delete".


3. Klik Langsung Pada Indikator Di Chart

Cara ini tak jauh berbeda dengan metode kedua, di mana perbedaannya cuma terletak pada lokasi yang diklik. Di sini, Anda bisa mengklik langsung indikator yang ingin dihapus. Katakanlah Anda berencana menghilangkan indikator Moving Average dari chart, maka yang di-klik kanan adalah garis MA-nya. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan yang berkaitan dengan indikator tersebut. Anda bisa langsung memilih "Delete Indicator" untuk menghapusnya dari chart.

Cara Menghapus Indikator Dari Chart 3

Prosedur ini secara khusus mempermudah trader yang memasang banyak indikator di chart dan tidak terlalu hafal dengan nama dari setiap indikator yang dipasangnya. Jadi, dengan mengklik langsung indikator yang muncul di chart, trader tak perlu menyeleksi nama indikator terlebih dulu di window list.

 

2. Cara Menghapus Indikator Custom Dari MetaTrader

Metode ini digunakan untuk menghilangkan indikator bukan bawaan (tidak asli ada pada Indicator List di MetaTrader). Perlu diperhatikan bahwa indikator yang bisa disingkirkan dengan cara ini hanyalah custom indicators yang sebelumnya telah dipasang secara manual oleh trader. Penggunaan indikator seperti ini awalnya diperlukan karena trader ingin menggunakan indikator yang tidak tersedia dalam daftar bawaan MetaTrader.

Namun jika sudah ada terlalu banyak indikator tambahan yang di-instal, kinerja MetaTrader bisa terganggu. Itulah mengapa, trader kemudian mencari cara untuk menghapus custom indicator yang sudah tak digunakan dari MetaTrader.

Berikut ini langkah-langkah menghapus custom indicator dari MetaTrader:

1. Keberadaan custom indicator bisa dilihat di menu Insert -> Indicators -> Customs.

Cara Melihat Custom Indicators 1

 

Trader juga bisa melihatnya di kolom "Navigator".

Cara Melihat Custom Indicators 2

2. Untuk menghapus indikator yang diinginkan, cukup klik kanan pada nama indikator lalu pilih "Delete".

cara menghapus indikator dari metatrader 1

3. Selanjutnya, tutup MetaTrader dan buka kembali platform tersebut. Cek indikator yang sudah dihapus di daftar Custom Indicators.

4. Jika masih ada, indikator bisa dihapus secara manual dari terminal MetaQuotes. Caranya, buka menu File - Open Data Folder -> MQL4 -> Indicators.

Cara Melihat Custom Indicators 2

5. Cari file indikator yang ingin dihilangkan, kemudian hapus secara manual.

cara menghapus indikator dari metatrader 3


Akhir Kata

Memahami cara menghapus indikator yang benar akan mempermudah Anda untuk menguji berbagai sistem trading dengan kombinasi indikator beragam. Selain itu, Anda dapat memecahkan masalah MetaTrader yang menjadi lemot atau seing freeze karena terlalu banyak memuat custom indicator.

 

Selain masalah penghapusan indikator, pengguna MetaTrader juga sering merasa disulitkan saat platform tersebut gagal tersambung ke server broker. Bagaimana cara menyelesaikan masalah itu? Ikuti ulasannya di artikel Cara Mengatasi Apabila MetaTrader Tidak Dapat Terhubung.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel ini dipublikasikan pertama kali pada 18 Desember 2012 dan diperbarui pada 3 Mei 2017 dengan konten yang lebih berisi.








SHARE:

SHARE:

 
Komentar: 1