Mengembangkan Account Dengan Balance Kecil

  By: Martin   View: 12287    Money Management  

Trader yang baru terjun ke account riil biasanya mencoba terlebih dahulu dengan balance yang relatif kecil, dengan harapan jika kelak hasil tradingnya memuaskan baru akan diperbesar. Mereka juga ingin accountnya dapat secepat mungkin berkembang dengan kerugian yang sekecil mungkin. Walaupun tidak mudah, tetapi hal itu bisa bisa saja terjadi selama mereka bersedia untuk disiplin dan mempunyai cara pikir yang benar sesuai dengan strategi trading yang telah direncanakan.

 

Mengembangkan Account Dengan Balance Kecil

 

Jika Anda kebetulan mengalami hal yang sama, maka Anda harus melihat bahwa ukuran sukses dalam trading bergantung pada kemungkinan profit yang akan dihasilkan dari jumlah balance dalam account Anda sekarang. Jika misalnya balance account Anda sekarang $1,000 dan Anda secara konsisten bisa memperoleh profit $100 per bulan, maka bisa dianggap Anda telah cukup sukses dalam trading. Sukses dalam trading tidak ditentukan oleh besar atau kecilnya balance dalam account Anda, melainkan keyakinan Anda untuk bisa sukses dan apa yang harus Anda lakukan untuk bisa menghasilkan profit yang konsisten.


Cara pikir yang perlu Anda terapkan ketika trading adalah:

  • Fokus pada kondisi pasar dan strategi trading Anda, bukan pada besarnya profit yang bakal Anda peroleh
  • Perlakukan balance account Anda yang relatif kecil tersebut seperti Anda mengelola account besar
  • Buatlah jurnal trading dengan konsisten


Fokus pada kondisi pasar dan strategi trading.

Masalah yang sering dialami oleh kebanyakan trader dengan account yang relatif kecil adalah keharusan untuk bisa mencetak profit secepatnya karena berbagai alasan. Mungkin mereka menggunakan sebagian dana yang seharusnya untuk keperluan sehari-hari, atau mungkin mereka coba-coba dengan dana kecil tetapi harus bisa profit duluan agar secepatnya menambah dana. Dalam hal ini mereka menaruh harapan yang terlalu besar pada profit yang akan didapat dan tidak rela bila accountnya yang relatif kecil tersebut berkurang apalagi ludes, walaupun mereka paham akan resiko yang bakal dialami. Biasanya makin kecil balance account, trader akan makin takut kehilangan.

Dengan fokus pada profit yang bakal Anda peroleh, maka Anda akan kurang memperhatikan strategi trading yang telah Anda terapkan dalam account demo sebelumnya hingga kemungkinan besar Anda tidak bisa menerapkan rencana trading dengan maksimal. Yang perlu Anda lakukan adalah fokus pada strategi money management sesuai dengan rencana dan strategi trading yang efektif. Profit atau loss adalah output dari penerapan strategi Anda. Jika Anda telah bisa berhasil pada account demo seharusnya Anda tidak khawatir ketika trading pada account riil terlepas dari besar atau kecilnya account Anda.

Memperlakukan balance account kecil seperti mengelola balance yang besar.

Jika Anda punya account trading jutaan dollar, dengan profit sekali atau 2 kali sebulan mungkin hasilnya cukup memadai, namun bukan itu masalahnya. Ketika balance account trading Anda kecil, secara emosi Anda merasa harus sering masuk pasar untuk memperoleh profit sebanyak-banyaknya dan mengharapkan pertambahan balance account Anda secepat mungkin. Untuk menghindari cara trading yang emosional seperti ini, Anda harus bisa memperlakukan balance account kecil Anda seolah-olah Anda sedang trading dengan balance yang besar.

Dalam kenyataannya, seorang trader mesti bisa mengelola account kecil terlebih dahulu sebelum trading dengan account yang relatif besar, karena strategi trading dan money management yang digunakan sama.

Membuat jurnal trading yang konsisten.

Jika account trading Anda relatif kecil, fokus Anda yang utama adalah hasil yang konsisten, dan itu bisa Anda pantau lewat jurnal trading yang dibuat dengan konsisten. Tanpa jurnal Anda tidak mempunyai track record trading yang telah Anda lakukan sehingga tidak mengetahui kekeliruan Anda. Jurnal trading penting Anda buat dengan konsisten agar Anda disiplin, bertanggung jawab dan percaya diri, baik trading dengan account kecil maupun besar.





SHARE:

SHARE:

 
Komentar On-Site Komentar Facebook
8 Komentar Urutkan:

  • Saya sedang mencoba untuk trading menggunakan account demo, sebelum saya menginvestasi uang beneran, pertanyaannya apakah lebih baik kita berlatih dengan menggunakan balance kecil atau besar terlebih dahulu? mumpung uangnya masih virtual kan tidak masalah kalau hilang
    Abdul Hamid
    20 MAY 2016
    benernya sih ga masalah lah kalau cuma di account demo pakai balance kecil atau besar, yang paling penting sih benernya cara kita menentukan sistem trading dan managemen resiko, kalau kita udah cocok dengan dua hal tadi ga masalah seberapa besar jumlah balance-nya, menurut saya sendiri lo yah, ga tau lagi kalo penulisnya.
    Hans
    1 JUN 2016
    @ Abdul Hamid:
    Lebih baik menggunakan balance yang besar tetapi jangan dengan ukuran lot yang terlalu besar setiap kali entry. Anda bisa berlatih money management dengan position sizing, yaitu menggunakan ukuran lot yang berbeda-beda sesuai dengan resiko yang direncanakan.

    Selain itu Anda juga bisa berlatih trading dengan portofolio, yaitu trading pada beberapa pasangan mata uang yang berbeda.
    Martin S
    10 JUL 2016
  • Kayaknya uraian dari penulis masih nggak menjawab pertanyaan judulnya ya? Bayangan saya sih ada tips nyatanya gimana misalnya dari modal $10 berkembang jadi $1000 dalam 6 bulan..misalnya. Mohon koreksi jika pemahaman saya masih cetek.
    Vera
    7 OCT 2015
    @ Vera:
    Tips nyatanya ya seperti yang tertulis, yaitu account akan bisa berkembang jika trader bersedia untuk disiplin dan mempunyai cara pikir yang benar sesuai dengan strategi trading yang telah direncanakan, dan selalu melakukan evaluasi (membuat jurnal trading) agar bisa memperbaiki kekurangan. Dengan demikian akan diperoleh profit yang konsisten yang akan mengembangkan balance dalam account.

    Memang tidak dicontohkan secara detail karena sistem trading tiap trader bisa berbeda, tetapi secara umum untuk mengembangkan account dengan balance yang relatif kecil caranya seperti itu.
    Martin S
    13 OCT 2015
  • Jadi dalam trading apakah bisa ditarget pak? Kalo kondisi serba tidak pasti dan bergerak berdasar probabilitas. Gimana ngitung rata-ratanya? Misal tahun ini kita dapat profit 100 persen (mungkinkah?.. hehehe)

    trus tahun depan, dapatkah kita target 100 persen juga? Atau seperti sektor riil dalam tahun berikutnya "berani" pasang target 1,5 kalinya? Mohon masukannya pak..makasih
    Jumino
    19 JUN 2015
    @ Jumino:
    Angka persentasi probabilitas bisa dinaikkan dengan mengacu pada winning rate atau persentasi profit dari sistem trading kita. Winning rate bisa ditingkatkan dengan membenahi metode, strategi dan money management. Selain itu faktor pengalaman dan mental trading akan sangat mempengaruhi hasil akhir.
    Martin S
    16 AUG 2015
  • Tentu saja, tidak menggunakan seluruh balance itu adalah basic yang perlu dipelajari supaya saat trading dengan dana yang lebih besar sudah terbiasa menghitung resiko dengan batasan itu.ini bisa termasuk dalam usaha memperlakukan balance akun kecil seperti balance akun besar, karena kalau balance banyak pasti ada pembatasan ntuk angka rugi yang siap ditanggung.
    Danang Rosyidi
    13 MAR 2014
  • @danang: setujju gan, rata2 pnglmn trader nubi pd kehabisan modal di awal2. jd kalo g pengen hbsiin duit bnyk di trading pertama y msti dibatasin jmlh balancenya. bngn strategi trading, bljr yg bnyk br tingkatin balancenya.

    btw dari balance yg dikit itu apa msh perlu dibatasi utk jumlh yg direlakan rugi??
    Arif.ien
    7 MAR 2014
    @ arif.ien :
    bukan dibatasi, tetapi dalam trading Anda harus tetap memperhitungkan resiko dengan menggunakan management resiko, maksudnya dari dana yang Anda gunakan untuk trading tsb, berapa persen resiko yang akan Anda relakan.

    Resiko tidak bisa dihindari. Trader pemula dianjurkan untuk lebih fokus ke resiko sebelum memikirkan profit yang bakal diperoleh.
    Martin S
    10 APR 2015
  • Jumlah balance untuk trading baik besar maupun kecil itu diperbolehkan saja, malah pemilik balance yang lebih besar biasanya bisa melakukan hal-hal tertentu yang tidak bisa dilakukan trader ritel lainnya.

    Hanya saja untuk pemula memang lebih disarankan untuk menggunakan balance yang lebih kecil karena belum terlatih menghadapi pasar. Ini hanya sebagai tindakan prefentif, tapi sudah menjadi kustom di kalangan trader baru.
    Danang Rosyidi
    14 JAN 2014
  • Apa ini artinya tidak disarankan trading dengan balance yang besar?
    Dewi Artasari
    30 DEC 2013
    @ Dewi Artasari :
    Makin besar dana Anda makin kuat ketahanan Anda. Pada artikel ini dicontohkan masalah yang sering kali dihadapi oleh para trader retail, dimana sebagian dari mereka ada yang sudah yakin banget dengan trading forex tetapi dananya pas-pasan.

    Sebagian lainnya ada yang punya dana banyak tetapi masih kurang yakin sehingga tradingnya bersifat coba-coba.
    Martin S
    10 APR 2015
  • Modal banyak gag mesti profitnya besar, yang penting sistem trading seimbang sama kondisi psikologi tradingnya...
    Ridho
    26 SEP 2013