3 Langkah Trading Ketika Ada Rilis Data Fundamental Penting

  By: Martin   View: 5608    Indikator Ekonomi  

Rilis data fundamental penting dan berdampak tinggi bisa membuat trader forex stress. Mungkin Anda tidak sedang menunggu rilis data tersebut, atau mungkin sama sekali tidak berniat trading berdasarkan rilis data fundamental itu, tetapi Anda akan terkena dampaknya juga. Ini bisa terjadi karena setiap data fundamental penting suatu negara hampir pasti akan berdampak tinggi pada mata uang negara yang bersangkutan, oleh karena itu hendaknya selalu siap dengan rajin memonitor jadwal rilis data fundamental penting setiap hari.

                                                 3 Langkah Trading Ketika Ada Rilis Data

Keadaan yang tak terduga bisa saja terjadi. Mungkin Anda sudah punya posisi trading yang bagus sesuai dengan sinyal probabilitas tinggi yang Anda peroleh, tetapi karena sudah dekat dengan jadwal rilis data penting, Anda menjadi khawatir posisi tersebut akan terkoyak.

Dalam kesempatan lain, mungkin Anda ingin entry karena yakin sinyal trading yang Anda peroleh sudah sesuai dengan metode dan strategi, tetapi Anda menjadi ragu dan takut untuk entry karena tidak lama lagi akan ada rilis data fundamental penting. Anda khawatir volatilitas pergerakan harga yang tinggi pada saat rilis data akan memporak-porandakan management resiko yang akan Anda terapkan. 

Meski demikian, Anda tetap tidak ingin entry berdasarkan rilis data tersebut karena memang selama ini hanya mengandalkan analisa teknikal, di samping arah pergerakan harga pada saat rilis data memang sulit diprediksi. Karena rilis data fundamental penting hampir terjadi setiap hari, berikut ini ada 3 langkah untuk mengatasi stress ketika Anda trading berdekatan dengan waktu rilis data fundamental penting:

1. Punya strategi khusus untuk rilis data fundamental penting.

Pertama kali tentunya Anda memilah mana data fundamental yang penting dan mana yang tidak. Data fundamental yang relatif kurang penting biasanya kurang berdampak atau bahkan tidak ada dampaknya. Anda bisa memeriksa data fundamental yang berdampak dan jadwal rilisnya disini. Jika Anda belum ada posisi menjelang rilis data fundamental berdampak tinggi, sebaiknya Anda tidak masuk pasar. Memilih untuk tidak entry adalah sebuah strategi.

Jika Anda sedang mempunyai posisi yang masih terbuka, ada 2 pilihan: tidak melakukan apa-apa dan membiarkan apa yang akan terjadi sesuai dengan rencana, atau entry pada saat rilis data dengan stop loss yang ketat. Jika posisi yang terbuka dalam keadaan profit, maka stop loss dibuat lebih kecil dari profit yang telah diperoleh. Bagi Anda yang belum punya posisi dan ingin entry, sebaiknya menunggu antara 15 hingga 30 menit setelah rilis data meskipun sudah memperoleh sinyal trading yang bagus. Anda bisa menyesuaikan kriteria entry dengan kondisi pergerakan harga yang baru. Hal ini tentu tidak berlaku bagi mereka yang memang trading berdasarkan rilis data fundamental, karena mereka memang telah memiliki strategi sendiri dengan analisa fundamental.

2. Memperkecil leverage, atau memperkecil position size.

Jika ingin entry ketika ada rilis data fundamental penting, Anda bisa memperkecil leverage untuk memperbesar level stop-out (ada broker yang menawarkan leverage yang berubah-ubah), atau memperkecil position size (ukuran trading) karena Anda tidak akan pernah tahu arah pergerakan harga dengan volatilitas tinggi tersebut.

3. Jangan pernah menyimpang dari strategi Anda.

Apapun strategi yang telah Anda tentukan ketika ada rilis data fundamental penting harus Anda jalankan dengan benar, jangan pernah menyimpang atau melakukan intervensi apapun. Menyimpang dari strategi ketika volatilitas pergerakan harga sedang tinggi bisa malah berakhir dengan stress.








SHARE:

SHARE:

 
Komentar: 7