Menggunakan Fasilitas Trailing Stop

  By: Martin   View: 4724    Dasar Dasar Forex  

Rencana trading yang baik akan mengidentifikasi level exit yang tepat. Selain level stop dan limit (take profit) yang biasa diterapkan, trader mempunyai beberapa pilihan strategi exit guna memaksimalkan keuntungan. Salah satu pilihan tersebut adalah trailing stop, yang sangat berguna untuk kondisi pasar yang sedang trending. Dengan strategi ini trader bisa mengunci profit yang diperoleh ketika harga terus bergerak sesuai dengan yang diharapkan.

Berbeda dengan stop order tradisional (stop loss) yang statis pada suatu level tertentu, trailing stop akan bergerak sebesar pip yang telah kita tentukan sebelumnya jika harga bergerak seperti yang kita harapkan sesuai dengan posisi entry yang kita buka.

Pada umumnya trailing stop order ini digunakan oleh trend follower trader untuk mengunci keuntungan selama harga bergerak sesuai arah trend, tanpa harus menggeser level stop seperti kalau kita menerapkan stop loss tradisional. Yang perlu diketahui adalah trailing stop order bisa ditutup setiap waktu, dan hanya akan aktif ketika kita telah profit sebesar pip yang kita tentukan sebelumnya. Selain itu setiap platform trading dan broker menerapkan aturan yang berbeda untuk fasilitas trailing stop.

Berikut contoh penerapan trailing stop order pada platform FXCM Marketscope (peraturannya berbeda dengan platform Metatrader) :

Menggunakan Fasilitas Trailing

Pada contoh diatas kita membuka posisi sell pasangan mata uang tersebut (EUR/USD) pada level R3, dan stop loss awal ditentukan pada level R4 dengan 30 pip trail (A). Dengan cara ini setiap kali EUR/USD melemah 30 pip maka level stop loss akan bergerak turun (sesuai arah trend) sebesar 30 pip. Pada gambar diatas level 1 (B), 2 (C) dan 3 (D) menunjukkan level stop yang bergeser 30 pip kearah bawah setiap kali harga turun 30 pip. Dengan demikian jika pergerakan harga berbalik arah (naik) dan level stop terkena, trader telah mengunci profit yang diperoleh sebelumnya.

Trailing stop akan mulai aktif ketika trader telah memperoleh profit sebesar pip trail yang ditentukan (pada contoh diatas 30 pip). Dalam hal trailing stop belum aktif dan harga bergerak tidak sesuai dengan yang diharapkan maka level stop awal akan berfungsi sebagai stop loss biasa.

Menggunakan fasilitas trailing stop pada platform Metatrader 4
Untuk menerapkan fasilitas trailing stop, Anda harus mengeksekusi order terlebih dahulu, kemudian klik kanan pada order yang Anda kehendaki di terminal window. Akan muncul pilihan besarnya pip trail (points), atau Anda bisa mengatur besarnya pip trail dengan pilihan ‘custom’.

Menggunakan Fasilitas Trailing
Pada platform Metatrader 4, penggunaan trailing stop tidak harus diawali dengan menentukan stop loss biasa, tetapi karena trailing stop baru akan aktif ketika Anda telah memperoleh profit, maka untuk memproteksi posisi awal Anda sebaiknya menentukan stop loss terlebih dahulu.

Untuk lebih memahami penggunaan trailing stop pada platform Metatrader 4 Anda sebaiknya mencoba menggunakannya pada account demo terlebih dahulu. Hal penting lainnya yang perlu diketahui adalah bahwa selama trailing stop order aktif, komputer dan platform Metatrader Anda harus tetap on-line.








SHARE:

SHARE:

 
Komentar: 5