Strategi Trading 15 Menit Di Binary Options

  By: Galuh   View: 19779    Strategi Binary Options  

Binary options memang telah dikenal sebagai salah satu metode trading yang memungkinkan para trader jangka pendek untuk bertrading dengan lebih meyakinkan. Adanya berbagai macam pilihan expiry time telah membuat trading jangka pendek sebagai salah satu strategi yang tidak hanya dilakukan secara impulsif, tetapi juga diaplikasikan dengan lebih terencana. Hal tersebut memungkinkan trader untuk dapat bertrading dalam 5 menit, atau bahkan 1 menit untuk memperoleh return profit yang diinginkan.

Namun jika kedua expiry time tersebut dianggap terlalu beresiko, masih ada strategi menitan binary options lain yang mampu mendatangkan profit dengan lebih aman. Strategi trading dengan expiry time 15 menit dianggap sebagai jalan tengah bagi trader yang ingin meraih profit dalam waktu singkat, namun ragu untuk menggunakan expiry time yang terlalu rendah. Di sini, strategi trading 15 menit binary options akan memberi pilihan untuk bertrading secara singkat tanpa harus mengkhawatirkan noise yang sering terjadi pada time frame yang lebih rendah.

Strategi Trading 15 Menit Binary Options

Secara teknikal, terdapat 2 cara trading yang bisa membantu Anda untuk menerapkan strategi 15 menit binary options. Artikel ini akan menjabarkan bagaimana kedua cara tersebut dapat menunjukkan peluang trading dari strategi 15 menit binary options.

Trading 15 Menit Binary Options Dengan Pola Candlestick

Pengamatan pada pola candlestick dapat menjadi salah satu metode trading yang paling sederhana, karena Anda tidak perlu memasang indikator apapun. Mengingat banyaknya trader yang mengandalkan penggunaan grafik candlestick, srategi pengamatan pada pola candlestick sekarang makin berkembang dan banyak diaplikasikan dalam naked trading.

Pada dasarnya, terdapat bentuk-bentuk candlestick yang dapat dijadikan sebagai penanda pergerakan harga sekaligus indikator reversal atau penerusan tren. Sebagai contoh, candlestick dengan bentuk doji menandakan ketidakpastian pasar karena bentuk candlenya yang sangat pendek mengisyaratkan harga dibuka dan ditutup pada level yang hampir sama. Sementara itu, pola hammer dan hanging man menandakan terjadinya reversal, karena memiliki lower shadow yang lebih panjang dari tubuh candle. Bentuk candlestick yang demikian menunjukkan tekanan seller untuk melakukan reversal dari tren yang sedang terjadi.

Pengamatan sederhana dari bentuk candlestick tersebut dapat dijadikan senjata trading yang ampuh pada strategi trading 15 menit binary options. Melalui pengamatan pada pola candlestick yang terbentuk sebelum atau sesudah candlestick dengan bentuk tertentu, Anda dapat memperkirakan pergerakan harga selanjutnya meski hanya dengan expiry time 15 menit. Aturan trading 15 menit binary options dengan pola candlestick adalah:

  • Untuk menempatkan option "call", diperlukan 3 candlestick bearish dengan pola lower low.
  • Untuk menempatkan option "put", dibutuhkan 3 candlestick bullish yang menggambarkan pola higher high.
  • Candlestick keempat harus berupa doji.


Salah satu contoh trading di bawah ini akan menggambarkan cara trading di binary options dengan expiry time 15 menit.

Strategi trading 15 menit binary options dengan pola candlestick

Pada gambar di atas, trading EUR/USD yang dilakukan pada time frame 15 menit juga mengandalkan strategi revesal pada pengaplikasiannya. Dengan demikian, pola doji yang terbentuk setelah 3 candlestick dengan pola higher high dapat dikatakan sebagai penanda bearish reversal. Hal tersebut dapat terlihat dari candlestick kelima yang terbentuk setelah doji. Candlestick itu ditutup pada harga yang lebih rendah dari candlestick doji sebelumnya, sehingga posisi binary options yang ditempatkan dengan option "put" akan berakhir in-the-money dalam waktu 15 menit.

Penggunaan strategi ini dapat dikembangkan dengan variasi-variasi yang semakin memudahkan trader dalam menganalisa pola candlestick pada chart. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dikembangkan dalam penggunaan pola candlestick di strategi 15 menit binary options:

  1. Meskipun jumlah ideal pada candlestick pendahulu doji adalah 3, namun angka ini dapat berubah-ubah sesuai kekuatan tren yang akan terjadi. Misalnya, jika terdapat 4 candlestick bullish atau bearish yang mendahului doji, maka tren yang terbentuk setelah reversal akan sangat kuat dan cenderung berjangka panjang. Sementara itu, jika hanya terdapat dua candlestick bullish atau bearish yang mendahului doji, maka tren yang akan terjadi cenderung berjangka pendek.
  2. Karena bentuk tubuh doji yang terlalu kecil, Anda mungkin akan kesulitan mengenali apakah doji tersebut bersifat bullish atau bearish. Hal ini sebenarnya bisa terlihat dari warna doji itu sendiri. Dalam contoh di atas, doji berwarna hijau menandakan sinyal "call", sedangkan doji berwarna merah menunjukkan sinyal "put".
  3. Strategi ini dapat diterapkan dari munculnya segala macam bentuk doji. Tidak peduli apakah doji yang muncul berbentuk long-legged, dragonfly, gravestone, ataupun four price, penggunaan semua ragam doji tersebut masih relevan untuk strategi ini.
  4. Tidak hanya doji, pola hanging man atau shooting star juga dapat dijadikan penanda untuk tren reversal pada strategi ini. Hal ini dikarenakan, munculnya pola-pola candlestick dengan tubuh yang pendek dan salah satu shadow yang panjang telah secara umum dikenal sebagai penanda reversal.


Trading 15 Menit Binary Options Dengan Indikator Tren

Indikator tren yang berupa garis MA (Moving Average) hampir selalu menjadi pilihan utama untuk mengamati tren dari pergerakan harga. Di sini, trader biasanya mengkombinasikan garis-garis MA dengan variasi periode tertentu untuk dapat melakukan entri posisi, saat garis-garis tersebut saling berpotongan. Tidak hanya itu, konfirmasi sinyal trading dari oscillator juga selalu dipertimbangkan agar posisi trading menjadi lebih meyakinkan.

Dalam strategi trading 15 menit binary options, garis MA yang dipilih adalah EMA 50 dan EMA 200. Dengan menggunakan grafik bertime frame 15 menit, Anda dapat menganalisa pergerakan harga di bawah atau di atas garis-garis MA tersebut. Selain itu, dibutuhkan pula oscillator yang diaplikasikan untuk mengetahui momentum tren. Ketentuan yang dipakai untuk metode ini adalah:

  • Option "call" dapat ditempatkan jika harga berada di atas garis EMA 50 dan 200, serta menyentuh level oversold pada grafik oscillator.
  • Option "put" dapat dipilih jika harga berada di bawah garis EMA 50 dan 200, serta menyentuh level overbought pada grafik oscillator.


Pada contoh di bawah ini, akan diperlihatkan peluang trading yang dapat diambil dari pemasangan indikator tren pada time frame 15 menit:

Strategi trading 15 menit binary options dengan indikator tren


Dalam gambar di atas, option "put" sangat sesuai untuk ditetapkan setelah harga mencapai level overbought. Ketika posisi harga masih berada di bawah garis EMA 50 dan 200, maka pemilihan option "put" akan membuat trading 15 menit binary options Anda berakhir in-the-money. Munculnya 2 peluang trading dari situasi yang sama pada grafik di atas juga turut membuktikan konsistensi keberhasilan dari strategi ini.

Selain itu, terdapat 2 strategi tambahan yang dapat memastikan peluang trading Anda dengan strategi ini. Cara-cara tersebut adalah:

  1. Bagi Anda yang masih pemula, resiko dari penggunaan strategi ini dapat dikurangi dengan benar-benar memastikan pembentukan candlestick setelah level overbought atau oversold tersentuh. Pada contoh di atas, Anda dapat memastikan terbentuknya downtrend baru dengan menengok grafik pada time frame 5 menit. Jika pada time frame tersebut tren bearish sudah mulai terlihat, maka sinyal trading untuk option "put" akan semakin tervalidasi.
  2. Bila Anda sudah mahir menjalankan trading binary options, Anda dapat menggabungkan metode ini dengan analisis fundamental dan strategi price action. Pemanfaatan level support dan resistance juga akan membantu Anda lebih jauh untuk mengkonfirmasi peluang trading dari strategi ini. Cara ini akan lebih menghemat waktu, karena Anda tidak perlu menunggu pembentukan tren baru pada time frame yang lebih rendah.

Cara Trading Binary

 

Keuntungan Dari Strategi 15 Menit Binary Options

Untuk ukuran binary options, trading dengan expiry time 15 menit kurang bisa dikategorikan sebagai trading jangka pendek, namun juga tidak tepat bila diklasifikasikan sebagai trading jangka panjang. Hal itu sebetulnya tidak perlu dipermasalahkan, sebab Anda dapat memanfaatkan kondisi ini untuk bisa meraih profit dalam waktu yang terbilang singkat dengan lebih tenang. Dikatakan lebih tenang, karena jika dibandingkan dengan trading 60 detik atau 5 menit binary options, strategi 15 menit ini memang lebih aman dari noise dan sinyal trading palsu yang banyak ditemukan dari pergerakan harga pada time frame lebih rendah.

Disamping itu, Anda tidak perlu menganalisa pembentukan tren jangka panjang untuk memperkirakan pergerakan harga selanjutnya. Pada strategi-strategi yang telah diperlihatkan sebelumnya, Anda dapat langsung menempatkan option sesuai pola candlestick atapun posisi harga terhadap indikator tren pada time frame 15 menit. Meski tidak akan muncul setiap saat, metode-metode tersebut dapat menjadi pilihan strategi trading binary options yang menjanjikan jika Anda dapat memanfaatkan munculnya pola-pola itu dengan benar. Hal tersebut juga dapat menghindarkan Anda dari teknik scalping tak terencana, yang umunya dilakukan dengan kembali menempatkan option usai expiry time dari option sebelumnya habis.

Pergerakan kecil pada time frame 15 menit juga dapat dimaksimalkan untuk mendapat profit yang menjanjikan. Seperti pada contoh strategi dalam artikel ini, Anda hanya perlu menunggu pembentukan satu candlestick untuk benar-benar memasang option seusai pola doji terbentuk. Konfirmasi pada strategi yang mengandalkan indikator tren juga tidak perlu menunggu beberapa candlestick, karena analisa pada time frame yang lebih rendah akan dapat membantu Anda memastikan tren yang terjadi setelah level overbought atau oversold tersentuh.


Kesimpulan dan Saran

Apabila Anda ingin memperoleh return profit yang menjanjikan dalam waktu singkat, namun ragu untuk mengembangkan strategi 60 detik dan 5 menit pada trading binary options Anda, strategi 15 menit ini dapat menjadi pilihan trading menitan yang menjanjikan. Karena memiliki analisa trading yang dapat diaplikasikan dengan atau tanpa indikator teknikal, metode ini dapat dikelola oleh semua kalangan trader, baik yang masih baru maupun yang sudah memiliki banyak pengalaman.

Meski demikian, Anda tetap dianjurkan untuk menetapkan batasan resiko pada setiap posisi option Anda. Besaran kapital yang Anda tentukan haruslah seimbang dengan kondisi akun trading Anda. Penggunaan maksimal 1.5% dari modal trading secara keseluruhan akan membantu Anda menjaga kesehatan akun trading. Penghitungan money manajemen sebaiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh, mengingat option yang berakhir out-of-the-money justru akan membahayakan kapital yang Anda gunakan. Hal ini tentu bersifat relatif untuk Anda yang telah mengantongi banyak pengalaman dalam trading binary options. Oleh karena itu, jika masih bertaraf pemula, segera tingkatkan strategi dan pengalaman trading untuk dapat meningkatkan return profit secara lebih meyakinkan.

Cara Trading Binary




Artikel Strategi Binary Options


Artikel Forex Lainnya

Komentar: 2
  • terima kasih tulisannya klau bisa buat dong training gratis sehari aja from andhy
    Andhy
    15 JUN 2015
  • Menarik juga strategi trading 15 menit di binary option-nya, saya coba praktekin deh
    Roy
    17 MAR 2017

Apakah Anda Trader Pemula?

belajar forex untuk pemula Klik di sini untuk tahu cara belajar dan menguasai trading dengan mudah.