Sedang Belajar Trading? Simak Dulu Kekurangan Forex Berikut Ini

  By: A Muttaqiena   View: 1952    Belajar Forex  

Keuntungan dari belajar trading forex tak perlu diragukan lagi: profit yang tentunya berupa uang dijanjikan oleh Broker, IB, dan artikel-artikel seputar forex di internet. Bisa dimulai dengan modal kecil, bisa untung baik harga naik maupun turun, bisa trading kapan saja lewat internet, dan lain sebagainya. Menggiurkannya potensi profit yang bisa didapat membuat banyak orang curiga, mana ada bisnis seenak ini?

Memang tak ada bisnis yang bisa sukses hanya dengan ongkang-ongkang kaki. Berikut ini beberapa kekurangan forex yang mungkin akan Anda temui dalam proses mempelajarinya:

Kekurangan Forex - ilustrasi

 

1. Banyak hal yang mempengaruhi pergerakan harga mata uang dalam forex.

Ada berbagai macam faktor yang bisa mempengaruhi nilai tukar mata uang yang diperjualbelikan di pasar forex. Ada faktor ekonomi, faktor geopolitik, bahkan sekedar euforia massa pun dapat mengakibatkan nilai tukar mata uang bergejolak. Bagi mereka yang jarang mengikuti berita, maka melihat forex bisa jadi bikin shock karena saking besarnya dampak hal-hal yang biasanya diabaikan orang awam.

Untuk mengatasi ini, apabila Anda mantap ingin belajar forex, maka perlu mengenal analisa fundamental. Setidaknya, bisa membaca dan menggunakan Kalender Ekonomi serta mengikuti berita forex agar tidak terlindas ketika ada suatu peristiwa penting.

 

2. Volatilitas tinggi: potensi profit besar, tapi risiko juga besar

Volatilitas tinggi ini mengacu pada pergerakan harga yang dialami oleh pasangan-pasangan mata uang dalam forex. Besarnya potensi profit dalam forex sebenarnya dimunculkan oleh tingginya volatilitas ini. Dalam dunia investasi berlaku kata mutiara, "High Profit, High Risk", di mana besarnya volatilitas juga mengakibatkan orang bisa lebih mudah mengalami rugi.

Akan tetapi, jika Anda sudah belajar hingga mampu membuat sistem trading mantap, maka tak perlu mengkhawatirkan kekurangan forex yang satu ini. Karena ada cara-cara mengendalikan risiko yang bisa diterapkan dalam sistem trading itu.

 

3. Leverage tinggi, risiko tinggi

Leverage adalah sistem yang memungkinkan orang untuk bertrading dalam jumlah lebih besar dari modal yang dimilikinya. Saat belajar trading forex, Anda akan mengetahui adanya leverage. Misalnya dalam besaran 1:100, yang artinya dengan modal 1 Dolar saja, Anda bisa bertrading senilai 100 Dolar. Adanya sistem ini membuat siapa saja bisa bertrading dengan modal berapa saja. Namun, sistem leverage ini hanya menguntungkan jika besarnya pas-pasan. Pasalnya, semakin besar leverage maka makin tinggi pula risikonya.

Jika tidak ingin termakan oleh kekurangan forex yang satu ini, Anda perlu membatasi leverage yang dipakai. Jangan tergoda oleh iming-iming leverage tinggi. Penggunaan leverage hingga maksimal 1:100 atau 1:200 itu sudah cukup besar.

 

4. Banyak penipuan forex

Karena bisnis forex masa kini biasanya dijalankan lewat internet, maka mudah sekali bagi para penipu untuk menjalankan operasinya. Mulai dari membuat broker abal-abal, membawa lari dana klien, dan lain sebagainya. Faktor ini boleh dibilang merupakan kekurangan forex paling parah. Gara-gara ulah mereka, bisnis forex kerap disebut sebagai bisnis tipu-tipu, padahal sudah nyata banyak orang bisa sukses dari bertrading forex.

Untuk menghindari penipuan dalam forex, Anda perlu mengenal jenis-jenis broker dan bagaimana memilih broker yang bagus. Pastikan broker forex Anda telah teregulasi atau memiliki izin lisensi yang bonafid.

 

5. Harus mengandalkan diri sendiri untuk belajar trading forex

Banyak yang menawarkan fasilitas untuk belajar trading forex. Akan tetapi, kunci sukses ada pada psikologi dan manajemen diri masing-masing. Tidak seperti kerja kantoran yang bisa "nitip saudara" atau pakai sogokan, sukses forex berawal dari kemampuan individual. Inilah sebabnya mengapa banyak orang sering gagal saat awal bertrading: karena psikologi dan manajemen diri mereka belum terbangun.

Pada akhirnya apakah akan sukses atau tidak, itu tergantung pada diri masing-masing. Meski banyak kekurangan forex, apakah bisnis ini cocok untuk Anda? Apakah Anda mampu membuat sistem trading mumpuni? Apakah Anda cukup pantang menyerah untuk terus belajar trading forex? Boleh jadi setelah membaca uraian ini, ada yang jadi kecewa dan mundur. Akan tetapi, jika mau maju terus, ketahuilah bahwa ada banyak manfaat belajar trading forex, baik yang sifatnya material maupun immaterial.




Artikel Belajar Forex


Artikel Forex Lainnya

Komentar: 1
  • biasanya sih trader pemula meskipun udah dibilangin berbagai macam resikonya, tapi kalo udah merasa mampu aja, asal tubruk mainnya pasti...

    nah setelah dia kena MC itu baru deh dia mikir lagi, mau diterusin atau engga, kalo mainnya modal kecil sih mungkin masih berani lanjut lagi, tapi kalo yng baru coba forex tapi udah pake modal besar terus MC... wah susah baliknya itu

    Apalagi kalo udah ngomongin soal manajemen resiko, itu nyantolnya paling barusan setelah dia berkali-kali MC hahaha, seriusan... biasalah kalo trader ritel badung keq gitu
    Mentari
    15 SEP 2016
    +1, wkwkwk, wah kyqnya cerita pengalaman pribadi ini?
    Emang sih rata2 temen gue (termasuk gue jg) masih sering MC pas masih nekat trading live gitu, untung cuma modal kecil sih. dulu juga pasang posisi setengah sok2 tahu gitu ngikutin news apalah itu, tapi perhitungan risk:rewardnya asal2an, jarang pake stop loss, dsb...

    Baru setelah ikut seminar beberapa kali gue diajarin pake manajemen resiko, itu aja ngehnya baru berapa bulan kemudian (soalnya sempet absen ga main forex)
    Agus Bastian
    15 SEP 2016

Apakah Anda Trader Pemula?

belajar forex untuk pemula Klik di sini untuk tahu cara belajar dan menguasai trading dengan mudah.