Cara Dapatkan Kesempatan Kedua Setelah Breakout Telanjur Berlalu

  By: A Muttaqiena   View: 2409    Sistem Trading  

Pernahkah Anda kelewatan sebuah breakout signifikan, tetapi tetap ingin ikut mencicipi keuntungan dari pergerakan penting tersebut? Penyesalan yang terasa ketika menyadari breakout telah berlalu itu bisa tak kalah sakitnya dari ketika putus dengan pacar pertama. Anda bisa menghindari kekecewaan berikutnya dengan memanfaatkan tips dari Cory Mitchell berikut ini tentang strategi day trading yang dinamakan "Second Chance Breakout".

Cara Dapatkan Kesempatan Kedua Setelah Breakout Telanjur Berlalu

 

Apa Itu "Second Chance Breakout"?

Saat harga berada dalam kisaran range, Channel, atau Price Pattern tertentu, seperti pola Triangle, Head & Shoulders, dan lain-lain, ada titik-titik breakout dimana harga bergerak keluar dari pola tersebut. Jika itu sungguh-sungguh breakout, maka harga akan terus melaju searah dengan breakout tersebut.

Pergerakan itu menunjukkan bahwa harga memiliki arah yang jelas. Namun, sering juga harga yang telah breakout kemudian berbalik dan kembali menguji (re-test) titik breakout sebelumnya. Kadang juga tak sungguh-sungguh menyentuh titik breakout sebelumnya, tetapi hanya relatif mendekati saja. Nah, pergerakan harga yang seperti ini menyediakan kesempatan kedua bagi trader untuk entry. Sebagaimana bisa dilihat dalam gambar di bawah ini.

 

Cara Dapatkan Kesempatan Kedua Setelah Breakout Telanjur Berlalu

 

Dalam gambar tersebut ada dua breakout. Breakout pertama terjadi pada bagian "leher" di pola Head & Shoulder, sedangkan breakout kedua terjadi setelah terbentuknya sebuah Channel kecil.

 

Bertrading Di Kesempatan Kedua

Jika harga break di atas sebuah pola harga, maka kesempatan kedua menyediakan peluang buy. Jika harga break di bawah pola harga, maka kesempatan kedua merupakan peluang sell.

Apabila tengah mengincar kesempatan kedua, maka siap-siaplah untuk buka posisi begitu pullback harga memasuki kisaran titik breakout awal. Begitu pullback melambat dan harga mulai bergerak ke arah yang sama dengan breakout sebelumnya, langsung Open Position.

Kapan tepatnya yang dimaksud dengan "mulai bergerak ke arah yang sama dengan breakout sebelumnya?"

Jawabannya bisa subjektif dan tergantung pada pendekatan atau strategi trading apa yang Anda pilih untuk digunakan. Contohnya, pola candlestick engulfing bisa digunakan sebagai sinyal bahwa pullback sudah berakhir dan pergerakan maju ke arah yang sama dengan breakout sebelumnya sudah dimulai.

Jika breakout awal tadi adalah ke arah bawah, maka tunggulah hingga harga pullback ke atas mendekati titik breakout tersebut, lalu begitu harga mulai jatuh lagi, Sell. Tempatkan stop loss beberapa pip atau beberapa tick di atas level tinggi pullback tadi.

Gambar di bawah ini menunjukkan situasi yang sama dengan gambar pertama tadi, dilengkapi dengan level-level SL dan TP yang sesuai.

 Cara Dapatkan Kesempatan Kedua Setelah Breakout Telanjur Berlalu

 

Target bisa ditentukan berdasarkan pola harga dan level breakout aslinya maupun dengan menggunakan rasio risk/reward, tergantung metode mana yang lebih cocok diterapkan dalam kondisi pasar atau biasa Anda gunakan.

Yang perlu diperhatikan disini: Setelah breakout terjadi, sekedar pullback saja tidak menghadirkan kesempatan kedua. Anda perlu menunggu hingga pullback berakhir dan harga mulai bergerak ke arah yang sama dengan breakout sebelumnya, baru kemudian open posisi. Ini karena tak ada jaminan 100% kalau titik breakout sebelumnya bakal menghentikan pullback. Jangan menempatkan pending order dekat titik breakout, karena bisa-bisa terpicu di saat yang tak tepat.

 

Kesimpulan

Cukup sulit untuk "menangkap" breakout, sehingga strategi day trading Second Chance Breakout ini bisa memberikan suatu alternatif menarik untuk dimanfaatkan trader jika reli mengalami pullback setelah breakout. Walaupun sering juga terjadi breakout yang sangat kuat hingga tak terjadi pullback, tetapi poin pentingnya disini adalah jangan keburu kecewa ketika harga sudah terlanjur breakout. Bisa jadi ada kesempatan kedua bagi Anda.

Namun, strategi yang memanfaatkan kesempatan kedua setelah breakout ini bukan taktik yang bisa dipakai secara "set and forget it". Sebaiknya manfaatkan ketika Anda punya waktu untuk duduk di depan platform trading menanti munculnya momen yang tepat untuk entry.

 

Ingin tahu strategi trading lain yang bisa Anda manfaatkan seputar situasi breakout? Simak juga artikel 3 Syarat Untuk Konfirmasi Breakout dan Trading Dengan False Breakout.





SHARE:

SHARE:

 

=======
>>>>>>> 3059327aa724ea900b6cf89ee3d8426e4acde8b8