Manakah Analisa Terbaik

  By: Bayu   View: 3326    Analisa Fundamental  

Manakah Analisa terbaik...? Mungkin sebuah pertanyaan bagi para jutaan trader :)

Sepanjang perjalanan Anda sebagai calon trader forex Anda akan menemukan pendukung yang kuat untuk setiap jenis analisis. Jangan tertipu oleh ekstremis satu sisi! Salah satunya analisa adalah tidak lebih baik dari yang lain … mereka adalah hanya cara yang berbeda untuk melihat pasar. Pada akhirnya, anda harus berusaha berdasarkan jenis analisis Anda yang paling nyaman dan menguntungkan bagi anda.

Untuk catatan, analisa teknikal adalah studi tentang pergerakan harga di chart sementara analisa fundamental melihat bagaimana perekonomian suatu negara. Analisis sentimen pasar menentukan apakah pasar bullish atau bearish terhadap prospek fundamental saat ini atau masa depan.

Faktor fundamental membentuk sentimen, sedangkan analisis teknikal membantu kita memvisualisasikan sentimen dan menerapkan kerangka kerja untuk perdagangan kita. Ketiga pekerjaan tersebut saling membantu untuk membantu Anda menentukan transaksi. Kami gambarkan sebagai sebuah kursi berkaki 3 untuk menekankan pentingnya ketiga jenis analisis tersebut.

Analisa - twps2 - www.seputarforex.com
Ambil salah satu kaki atau dua tool tersebut dan pasti akan goyah... Untuk menjadi master sejati dalam dunia forex, Anda perlu tahu cara efektif menggunakan tiga jenis analisis tersebut.


Mari kita memberikan contoh bagaimana berfokus pada hanya satu jenis analisis bisa berubah menjadi bencana. Katakanlah bahwa Anda melihat grafik Anda dan Anda menemukan peluang trading yang baik. Anda sangat bersemangat dan berpikir tentang uang yang akan anda dapatkan seperti hujan yang turun dari langit.

Anda berkata kepada diri sendiri, “Wah, aku melihat kesempatan trading yang sempurna di GBP/USD. Aku cinta chartku.. Mwah Sekarang tunjukkan Aku uang!” Anda kemudian melanjutkan untuk membeli GBP/USD dengan senyum lebar besar di wajah Anda (sampai gigi Anda terlihat semua).

Tapi tunggu! GBP/USD Tiba-tiba bergerak 100 pip ke ARAH LAIN! Sedikit yang Anda tahu, salah satu bank utama di London bangkrut! Tiba-tiba, semua orang sentimen terhadap pasar perdagangan Inggris. Senyum lebar Anda berubah menjadi bubur dan Anda mulai marah pada chart Anda. Anda membanting mouse dan memukul komputer. Anda kehilangan banyak uang, dan sekarang komputer anda rusak berkeping-keping.

Dan itu semua karena Anda mengabaikan analisis fundamental dan analisis sentimental. Ok, ok, jadi cerita itu di atas sedikit-didramatisasi, tetapi Anda mendapatkan intinya. Jangan hanya mengandalkan hanya satu analisa.

Sebaliknya, Anda harus belajar untuk menyeimbangkan penggunaan dari semua itu. dengan begitu Anda benar-benar bisa mendapatkan hasil maksimal dari trading anda. Beberapa alasan mengapa kita meletakkan analisis pasar sentimen dan fundamental bersama-sama :

- ada saat Anda mencapai perguruan tinggi, Anda akan sangat kecanduan belajar lebih banyak tentang forex dan satu pelajaran tidak akan cukup.

- Sulit untuk menarik garis antara analisis fundamental dan analisis pasar sentimen.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, faktor fundamental sebagian besar membentuk sentimen pasar.



Artikel Forex

  • irawan arifianto
    4 DEC 2011
    tp faktor fundamental pun trdiri dr banyak indikator, yg mana nggak semuanya akan bisa membuat pengaruh yg signifikan ke sentimen pasar. kita masih perlu memilah faktor mana yg paling berperan membentuk sentimen, supaya nggak salah menyimpulkan hasil analisa dr faktor fundamental sejak awalnya.
    Reply
  • wibowo c
    24 JAN 2012
    kalo sudah tau seperti ini agak bingung mana yang perlu diutamain. memang nantinya bakal dipakai semua, tapi pasti nantinya kan perlu fokus ke salah satu analisa aja. kalo lihat dari ulasan di artikel ini, kita trading dari fundamental itu bisa masuk paling awal, tunggu masuk setelah analisa sentimen berarti kita tunggu reaksi pasar setelah ada rilis data itu. kalo masuknya dengan analisa teknikal, sudah jelas kita bakal jadi yang paling terlambat, karena analisa baru bisa dilakukan setelah harga terbentuk dan mencerminkan sentimen pasar setelah terkena dampak fundamental itu. kalo dilihat dari peluang dan resikonya kira2 mana sih yang lebih baik dijadikan fokus utama?
    Reply
  • Merry
    17 FEB 2012
    Sebetulx semua trader walaupun sudah berusaha menerapkan analisa2 yg penting pasti nanti ujung2x juga akan mengutamakan salah satux saja. Fokus analisa inilah yg diambil sebagai karakter trader apakah dia lebih condong ke teknikal / fundamental. Semua itu lebih baik disesuaikan sama kemampuan & kebiasaan tradingx aja. Seperti lebih suka mengandalkan analisa chart / dari rilis berita aja. Kalau masih newbie mending dicoba dulu ssemuax, nanti juga akan ketemu sendiri teknik mana yg paling tepat
    Reply
  • zul machrus
    21 FEB 2012
    bagaimana cara untuk mengetahui faktor-faktor fundamental yang bisa membentuk sentimen pasar? di atas disebutkan hanya sebagian besar saja yang dapat membentuk sentimen pasar.
    thnks
    Reply
  • Merry
    25 FEB 2012
    Langsung dilihat aja di kalender2 forex. Sekarang udah banyak tersedia kok di situs2 ekonomi populer. Dari situ nanti ada penandax, yg paling berakibat penting biasax yg bisa membentuk sentimen pasar. Belajar lebih lanjut tentang fundamental juga bisa membantu menentukan pembentuk sentimen pasar. Tapi prosesx akan memakan waktu lama dan butuh pemahaman yg lebih luas lagi soal ilmu ekonomi scara keseluruhan.
    Reply

Tulis Artikel

"Ingin berbagi ilmu dan pengalaman trading?" Tuliskan artikel Anda di seputarforex agar dibaca oleh banyak pemirsa.
Tulis Artikel Anda