Artikel Forex

Kategori: Trading Plan

Showing 0 - 10 Of 60

   By: Martin    View: 9069

3 Pilar Utama Dalam Rencana Trading

Rencana trading (trading plan) adalah pendekatan sistematis yang mengatur semua aspek dalam trading. Secara garis besar, terdiri dari 3 sistem.

   By: Martin    View: 5947

Kesalahan Memahami Konsep Dalam Trading

Banyak sekali trader pemula melkaukan kesalahaan karena mendapatkan konsep dari sesuatu yang mereka baca atau dengar tanpa dipahami dan ditelaan terlebih dahulu.

   By: Martin    View: 7859

Membuat Sebuah Trading Plan

Salahs atu faktor keberhasilan dalam trading forex adalah disiplin. Sayangnya, banyak sekali trader yang menganggap remeh trading plan.

   By: Martin    View: 11084

Cara Menentukan Take Profit

Artikel ini akan mengupas tuntas trading dengan price actionyang memberikan potensi profit yang lumayan, serta cara mengamankan posisi yang sudah profit dan masih open.

   By: Greenpips    View: 14732

Compounding Profit

Compounding Profit adalah profit yang digunakan untuk bertrading kembali. Seberapa efektifkah compounding profit itu?

   By: Greenpips    View: 7457

Membuat Trading Plan

Mmebuat trading plan adalah langkah mutlak yang penting bagi trading Anda. Lalu, bagaimana cara membuat trading plan yang baik?

   By: Greenpips    View: 9357

Trading Di Akhir Pekan: Amankah?

Banyak trader menganggap bahwa trading di hari Jumat bukanlah opsi yang baik. Kenali nilai plus dan minus trading di hari jumat sebelum memutuskan langkah Anda.
Showing 0 - 10 of 60 1 3 4 5 6


Komentar: 28
  • Dr yg sudah dipelajari ttg trading forex sepertinya akan banyak sekali ya komponen" yg dimasukkan ke trading plan?
    Anjar Njir
    11 APR 2013
  • walopun banyak tapi bisa disederhanakan. ga harus banyak semua alat dn perangkat trading dimasukkan. yg penting ada target trading, cara trading, dn manajemen resiko. klo sudah dapet inti 3 itu sdh tinggal mnyesuaikan mana yg bisa dimasukan ke rencana trading.

    kaya cara trading misalnya. metode sistem trading ada banyak sekali tapi kalo kita sdh punya target yg realistis dn mengenali karakter trading sndri pasti sdh ga akan repot lg dlm memilih cara mana yg bisa dicantumkan direncana trading.
    Purnama
    2 NOV 2013
  • Terima kasih pengetahuannya bermanfaat sekali buat para trader yg masih awam dan belum paham benar cara trading yang baik :)
    Surya
    1 MAR 2014
  • Yok belajar buat trading plan dulu sebelum trading..
    Yudi Sigit
    13 MAR 2014
  • sebetulx apakah take profit itu wajib dipake? sy perhatikan manfaat dan kerugianx 50:50 tergantung keadaan. kalau pas kena sesuai prediksi bsa mencegah profit termakan gerak hrga yg tiba" berbalik. tapi kalau tdk sesuai prediksi malah membatasi profit yg smestix bs trcapai scr maksimal.
    Anandita
    5 APR 2014
  • ane udah pernah coba day trading tapi ngga efektif tuh soalnya menyita waktu. karena masih punya kerjaan lain jadi malah nambahi kerjaan, beban stres, dsb kalau day trading.

    lebih baik trading ga perlu terikat waktu harus per jam ato per hari ditutup posisi ordernya. paling bagus kalo disesuaikan aja sama sinyal ato sekena stop loss dan take profit pake timeframe lebih besar dari 1h.
    Robi Mulyo
    21 APR 2014
  • Emang sebaiknya waktu trading paling mudah & paling awal langsung ditentukan dari kadar kesibukan. Kalau banyak waktu luang lebih bebas mau trading kapanpun, sesering apapun, tapi kalau terbatas karena masih kerja baiknya disesuaikan dengan jadwal supaya ndak keteteran.

    Kalau terbebani bukannya dapet untung malah hasil trading nggak maksimal & pengaruh juga di kerjaan sehari-hari. Buat yang masih pendidikan pun begitu, merintis trading jangan sampe lupa sama kegiatan utama yang lebih penting.

    Syukur-syukur kalau nanti bisa jadi trader sukses & fokus berkarir di sini. Tapi kalau ternyata dikemudian hari sadar ndak cocok jadi trader forex? Malah rugi waktu, tenaga, & biaya karena yang difokusi selama ini ternyata ndak sesuai harapan.
    Wijaya Eko
    8 MAY 2014
  • forex mang model bisnis dg potebsi profit unlimited. menggiurkan dn layak dicoba. bukan tipe bisnis yg terlalu untung2an krn bisa direncanakan. wlaupun msh scr online dn transaksinya bkn secara fisik
    Ariyo
    24 MAY 2014
  • Tergantung take profit apa yang dimaksudkan, apakah take profit secara general atau fitur take profit di metatrader?

    Kl take profit secara luas saya pikir setiap trader yang mengelola rencana trading pastinya punya metode take profit, entah dengan memasang fasilitas take profit dari metatrader, close secara manual, dll. Tapi kalau untuk fitur take profit di metatrader yang dimaksudkan maka ini tidaklah wajib.

    Namun ada juga baiknya untuk melihat manfaat dari sudut pandang lain, bukan hanya dari segi mendapatkan profitnya saja. Seperti jika trading dengan rasio laba rugi, biasanya lebih perlu untuk memasang stop loss dan take profit sebagai alat yang secara otomatis bisa memungkinkan targetnya tercapai.

    Jadi saat posisi diclose dengan take profit walaupun harga nanti meneruskan trennya, trader tidak akan terlalu menyesal karena setidaknya profit yang tercapai sudah sesuai dengan apa yang direncanakan.
    Rey Hamidan
    2 JUN 2014
  • @anandita. klo ndak pengen profit terbatasi kn tp bisa diganti2 levelnya. jd sewaktu udh yakin tren bkal terus segera perlebar tp jg bisa tuh dilakukan. ato klo nunggu smpe ada konfirmasi lbh lanjut dulu bs biarkan posisi yg 1 exit dl trus open lag posisi yg sm dgn set sl & tp yg baru.
    Dedi Juswan
    11 JUN 2014
  • knp trdng msti prlu direncanakan, tggl psng buy/sell aja knp msti ribet pake direncanakan segala
    Edi Lower
    23 JUN 2014
    trading forex tidak bisa asal hanya menempatkn order buy dan sell saja. untuk bisa mendapat keuntungan tentunya perlu melakukan analisa, dan agar keuntungannya terarah maka perlu ditargetkan, dan untuk membatasi resiko karena resiko adalah hal yang selalu konstan ada dalam trading maka perlu menerapkan manajemen resiko.

    semua itu disusun dan dijalankan dalam suatu rencana trading yang disebut dengan trading plan ini. tanpa adanya tindakan-tindakan ini praktis trading yang asal buy dan sell sama seperti spekulasi atau main mengandalkan peluang seperti judi, yang tidak tentu apakah bisa berhasil atau tidak, dan berapa besaran profit serta lossnya, juga tidak menjamin sampai berapa lama akun akan bertahan
    Pri Wijaya
    25 JAN 2015
  • masih berjuang milih sistem trading yang tepat tuk dimasukan di rencana trading.
    salam profit
    Yuli
    3 AUG 2014
  • bgaimana kalo kita tradingnya otomatis pake robot? apa masih perlu buat rencana trading? kalo beli robot trading otomatis beginikan ada yg udah lengkap dari mulai strategi entri sampe exit. jadi tingal dijalankan dn dipantau sajakan?
    Dwino
    20 AUG 2014
  • Dengan menjalankan robot trading atau semacam EA memang terkesan lebih simpel karena tradingnya bisa terotomatisasi. Tapi karena ada banyak sekali jenis EA maka tidak semuanya bisa efektif untuk diterapkan.

    Maka itu sebelum menggunakan EA ada yang namanya memilih EA dulu, menguji EA, kadang jika diperlukan dan trader bisa melakukannya, ada yang mengatur settingan EA dulu, dst. Jadi meskipun sudah trading otomatis, kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan.

    Disamping itu EA tidak cocok untuk semua kondisi pasar dan harus dijalankan secara terus menerus sehingga untuk menoptimalkan fungsi EA juga memerlukan VPS yang tentunya tidak murah.
    Adam Priyatno
    2 SEP 2014
  • @dwino. kalau masih belajar trading mendingan belajar bikin rencana trading juga biar ilmunya lengkap. bukannya ea ni cuma kusus buat yang tradingnya udah advance. tapi biar bagaimanapun pake ea ni kan juga perlu pemahaman. lagipula kalau dipaskan sebenarnya sama aja pake ea juga banyak repotnya.

    jadi baiknya belajar dari yang gampang dulu aja bikin rencana trading manual. toh g terlalu ribet juga bikin rencana paling di awal aja kalau udah manteb tinggal dijalanin aja.
    Rohmin
    13 SEP 2014
  • apaan c teknik compound? lmyn banyak yg bicarakan tp sampai sekarang blm paham2 de...,
    ada yg bsa bantu jelaskan??
    Cia32
    13 SEP 2014
  • Baiknya kalo masih berpikiran take profit itu membatasi keuntungan mending gag pake sekalian aja. Daripada udah dipake tapi masih belum ngerti sama fungsi utamanya. Yang ada malah asal nempatkan take profit dan hasilnya gag optimal. Meskipun emang dalam artian laen take profit ini membatasi profit, tapi pikirin juga apa efeknya kalo profit yang udah terkumpul gag segera ditake.

    Buat para trader yang masih punya aktivitas laen yang menyita waktu, bakal sayang banget kalo gag pake take profit karna sewaktu-waktu bisa habis kalo harga berbalik arah. Iya kalo bisa ditutup tepat waktu dan ditutup breakeven, kalo terlewat dan malah loss? Itu terhitung kerugiannya bukan cuma jarak entri ke posisi loss aja, tapi dari level yg sempet profit itu ke posisi loss.
    Mariono K
    14 SEP 2014
  • Kenapa sih cari waktu trading juga disendirikan ditrading plan??klo menurut sy nih ya, waktu trading tu dah masuk sistem. jdi klo dah ketemu sistem trading yg bgmn yg mau dipake, apa jangka pendek, jangka sedang, jangka panjang, udah ketemu sendiri waktu tradingnya.

    g perlu isendirikan jg nyarinya. cz kl diurau satu2 makin bnyk + ribet aja unsur2 trading plan yg semuanya penting. bgusan klo dipadatin, jd ini msuk mana, itu msuk apa, spy lbh ringkas + fokus bikin trading plan. ini sih saran pendapat sy aja, yg lain bebas beropini
    Tantri
    21 SEP 2014
  • @edi: bole aja trading tanpa rencana asal situ siap nerima akhir tragis trading tanpa rencana. apa dah pernah nyoba trading nggak pake rencana gitu? klo udah gw pengen lihat bisa seberapa lama akun situ bertahan.

    asal dipahami aja trading yg ga direncanakan itu kalau profit artinya pas lagi beruntung aja kalau loss ya sukurin emang itu resikonya. beda sama trading yg uda direncanain begitu klo profit berarti mang dah sesuai target kalo loss juga wajar sesuai resiko yg besarannya dah di ditolerir
    Hendri Ihwanto
    5 OCT 2014
  • @tantri: gw setuju, tapi karena ntar yang menjalankan rencana ini tradernya masing-masing so cara bikin yang seperti apapun sah-sah aja. yang penting gampang dibikin n gampang dicerna menurut tradernya, itu udah trading plan paling bagus.

    perkara waktu trading emang sering dibahas terutama sama yang trader harian atau para short term trader. asiknya trading di sesi mana, juga pair apa, apa aja yang perlu diperhatiinĀ  n gimana kecenderungan kondisi pasarnya.
    Oji Ferdiansyah
    10 OCT 2014
  • Betul, ane dulu sewaktu masi awal aja agak rumit nyari pair, waktu trading, strategi, entri exit, dn semacam2nya. Tp begitu udah nemu susunan sistem yg pas tinggal dipasang2 aja sambil ditunggu santai.

    G pake ea pun jg bs trading otomatis, kn ada fsilitas2 mcam pending order, stop loss, take profit, yg jg bisa diset trus bs berjalan scr otomatis klo waktu eksekusinya tiba. Jd trlalu sibuk gapunya banyak waktu solusi satu2nya bukan pake robot/ea/trading otomatis lain tp bs diatur sndiri pake fasilitas yg ada d platform
    Anwar Fajariyanto
    18 OCT 2014
  • Para mastah ada kah yng bisa kasih kan rekomendasi stop loss ? Baru paham manfaat nya tapi masih bingung bagaimana cara nya supaya stop loss tdk cepat kena tp masih efektif . Thank
    Doni Kamil
    24 OCT 2014
    stop loss bisa ditentukan dengan beberapa cara, bisa berdasarkan volatilitas, perhitungan risiko maximum per trade, atau sinyal price action. yang paling umum adalah dengan melihat volatilitas, terutama jika ada rencana unutuk hold posisi dalam waktu lama dan ingin menyesuaikan stop loss agar bisa mengikuti volatilitas.

    prinsipnya cukup mudah, ketika volatilitas tinggi stop loss sebaiknya lebar, sedangkan saat volatilitas rendah stop loss bisa dipersempit. sementara untuk risiko maximum per trade dihitung dari berapa pip dan nilai kerugian yang bisa ditoleransi dalam setiap posisi trading. sehingga bisa membatasi loss agar jumlahnya tidak melebihi batas toleransi.
    Adri Rahmanto
    31 JAN 2015
    Paling gampang juga dgn lihat level harga.
    Biasanya kalo keliatan ada key level terdekat bisa diambil sbg stop loss dn juga tp.
    Ini jg tergantung sm settingan analisanya.

    Kalo sebelumnya udah suka mengandalkan sr maka tinggal liat support/resisten terdekat sebagai sl/tp potensial
    Cara sl mana yg paling tepat, uji dulu aja efektifitasnya di akun demo
    Hasil penerapan tiap trader ga sama.

    Ada yg lebih suka ambil langkah aman dgn sl berdasarkan risk pertrade, tp ada pula yg berdasarkan key key level terdekat
    Jaim Aja
    12 FEB 2015
  • lebih penting mana trading plan sma strategi? strategikan yg berhubungan langsung sm analisa buy ato sell nah pentingnya trading plan ini dimananya kl cm berupa rencana aja?
    Hersa Wahyudi
    27 OCT 2014
    strategi bukanx salah satu komponen di trading plan? ndak ada strategi jelas ndak ada trading plan, tapi ndak ada trading plan strategi juga ndak bakal bekerja maksimal. karna tiap trader punya gaya n tujuan yng beda2 penting juga bikin rencana yng suitable sama diri sendiri.

    strategi ada banyak bisa disedot dari mana2, tapi masalah target, risiko, frekwensi trading dsb paling bagus dinyamankan sama kebutuhan diri sendiri aja. jadi simpulanx sama2 penting antara trading plan ma strategi. jangan sampe ditinggal salah satux kl mo jadi trader yg serius berbisnis di forex.
    Tri.setiawan
    16 JAN 2015
  • Rencana trading sebaiknya juga terus dipantau kinerjanya dengan melakukan evaluasi sehabis trading. Karena salah satu bagian dari rencana, yaitu sistem trading, winning rationya tidak akan sama dari waktu ke waktu. Begitu pula kecocokannya dengan kondisi pasar.

    Jadi setelah trader sudah bisa disiplin dan konsisten menerapkan rencana, ada baiknya juga mengukur kesesuaian sistem dengan kondisi pasar. Karena pada kenyataannya walaupun kita sudah pakai sistem yang sudah teruji, manajemen resiko sudah ketat, bisa disiplin juga, tapi tidak ada sistem yang selamanya bisa konsisten di rate profit yang sama.

    Perubahan-perubahan inilah yang sebaiknya diantisipasi dengan memantau terus kinerja rencana melalui evaluasi trading.
    Fajar Pramono
    7 NOV 2014
    betul bang. evaluasi mang perlu jangan sampe selesai trading trus lupa evaluasi. yg lebih penting lg sebetulnya klo g evaluasi pr trader g tau apa dia udah sesuai rencana ato msh ada yg menyimpang dr rencana.

    tau kl trnyata ada bag2 dr sistem yg prlu diganti/diperbaiki jd g tau krn g melakukan evaluasi. ini sih yg lebih krusial drpd memantau kesesuaian sistem ma kondisi psr. klo hal yg seperti ini,, mungkin br bisa dideteksi klo skill udah matang ato udah bisa konsisten sm sistemnya,, tpi buat pr trader yg msh baru awalnya y msh perlu melihat dulu ttg konsistensinya.
    Budiman
    2 JAN 2015
  • Sepengetahuan sya teknik compounding ini teknik yang menggabungkan modal ditambah dengan profit-profit trading sebelumnya sebagai modal untuk transaksi berikutnya.

    Jadi semakin banyak profit yang didapatkan semakin besar pula ukuran transaksi berikutnya. Ini dilakukan dengan asumsi bahwa trading berikutnya kemungkinan besar akan berhasil, sehingga semakin lama profit yang didapat semakin besar.

    Jika ternyata tradingnya malah merugi, maka resikonya trader akan kehilangan profit yang sudah dikumpulkan di trading sebelumnya, dan kemungkinan paling buruk modalnya juga ikut lenyap.
    Damar Amrudin
    18 NOV 2014
  • compounding ni teknik yg brbahaya skl walopun kl brhasil bsa bikin kaya raya. resepny kl msh blm yakin sm kemampuan tradingny jngn dl pake model compounding. walopun diluar dah banyak yg kasih tip compounding bwt pemula, yg katany bs dicicil kcil2 dulu br kmudian bs diperbesar targetny, tp buat trader pemula tiap profit dn loss sekecil apapun bs berpengaruh ke mental.

    klo seumpama udh terlanjur compounding trus ditengah2 tradingnya gagal penyesalannya bs berlipat2 tuh... knp sdari awal profit g lngsung ditarik aja.
    Satria Trader
    20 NOV 2014
    Iy ane juga nggak mudeng sama pentingnya compound. Nggak masuk buat trading forex yang resikonya seperti ini. Mungkin buat investasi yang lebih stabil bisa, tapi di forex kalau semua modal n profit dipertaruhkan di posisi baru terlalu riskan. Kecuali kalo tradernya udah pro, atau punya diversifikasi di aset lain.

    Trading mending sesuai sama prinsip jangan taruh semua telur di keranjang yang sama karna kalau ada goncangan pecah satu pecah semua. Mending ada yang divariasikan, supaya kalo ada masalah di satu akun, masi ada investasi lainnya yang bisa diandalkan
    Icun Sumardi
    16 JAN 2015
  • karna exit posisi tu paling bagus ditentukan scr obyektif, lebih bagus dipastikan dgn alat yg otomatis2 aja. cuz klau scr manual nggak menjamin psikologisnya bakal stabil merespon fluktuasi hrg yg bergejolak.

    contohnya ja ada trdr yg cndrung enggan nutup posisi klau sdng loss krn msh brharap harga bakal berubah arah ato klau sdng profit jg enggan ditutup krn harapannya profit terus bertambah dn harga meneruskan trennya. disisi yg lain ada jg trader yg suka cepet2.

    cepet2 nutup posisi klau sdng loss krn takut loss lbh jauh lg, dn cepet2 nutup posisi walau profit sdkit krn mrasa udh puas/takut harga bntr lagi bakal berubah arah. trader manual yg msh suka sprti ini kadang close posisiny g didasari sm analisa yg matang. mrk msh cenderung dikuasai fear dn greed dn akhirny trading mrk g profitable krn msh kurang obyektif.
    Anwar Faisal
    11 DEC 2014
    Iya nih setelah dipikir - pikir banyak juga resiko trading kalau kita tutup sendiri order trading kita
    Mungkin yang uda banyak pengalaman uda ga ribet nyari poin close yang sesuai

    Tapi yang masih cenderung nubi tentunya bakal masih banyak pengaruh emosi jadi kalo tutup order secara manual ya resikonya ini
    Ane pikir tak apalah trading pake take profit walopun katanya bisa membatasi profit. Toh buat nubi yang penting bisa menghindari loss dulu sebelum ngejar profit yang terlalu tinggi
    Henri Rachman
    13 FEB 2015
  • ada tips lain bagi pemula untuk perlahan - lahan membiasakan mental trading dengan compound profit. bukan target profitnya yang diperkecil, tapi jarak penarikannya yang diperpendek. jadi untuk bisa compound tidak harus membiarkan modal dan profit terus-menerus di akun trading tanpa ditarik sekalipun.

    compound trader pasti juga akan menarik dana, namun dalam periode waktu tertentu yang umumnya lebih jarang dari trader lain. saran ini bisa diambil dari sini yang menjelaskan dengan cukup masuk akal bagaimana trader pemula sebaiknya melakukan compound.

    ini cukup realistis karena di samping memperpendek jangka waktu penarikan trader juga dianjurkan untuk segera menarik profit saat jumlahnya pertama kali mencapai besaran deposit pertama.
    Catur Junaidi
    11 FEB 2015