Bank Pertahankan Program Pelonggaran Kuantitatif

   By: Rachmat    view: 755

Share to Whatsapp

Komite Kebijakan Moneter Bank Inggris (MPC) dipimpin Sir Mervyn King hari ini melakukan pertemuan kedua terakhir, sebelum Mark Carney mengambil alih jabatannya sebagai gubernur Bank Sentral Inggris (BoE).

Seperti diketahui, bank memutuskan untuk mempertahankan program pelonggaran kuantitatif (QE) sebesar 375 miliar pounds dan menjaga tingkat dasar suku bunga 0,50 persen dalam 51 bulan berturut-turut.

Angka-angka produk domestik bruto (PDB) terbaru menunjukkan pertumbuhan 0,3 persen secara triwulanan cenderung  mengurangi kepercayaan di antara para pembuat kebijakan bahwa QE lebih diperlukan.

Namun, sebagian besar analis tidak berharap melihat perubahan dalam kebijakan dan percaya tak akan ada perubahan sampai Carney mengambil alih jabatan pada Juli 2013.

"Hal ini mungkin yang paling mungkin, bahwa QE lebih lanjut akan ditunda sampai Mark Carney mengambil alih Gubernur BoJ pada Juli, di saat kami berharap dia akan sangat tertarik untuk segera menyediakan tanda," kata Kepala Ekonom Inggris & Eropa dari IHS Global Insight, Howard Archer, seperti dilansir My Finances dan sindonews, Sabtu (11/5/2013).

"Tampaknya hari ini ada keputusan perubahan dari MPC, pada Bank Rate dan ukuran dari program QE, bahwa komite dianggap sebagai desakan dari Kanselir untuk merangsang ekonomi, bahkan dengan mengorbankan inflasi jika perlu, yang tercermin dalam sikap saat ini, menyusul perpanjangan pendanaan untuk skema pinjaman," ujar Broker hipotek Ray Boulger,  John Charcoal.

Tiga pertemuan terakhir telah melihat suara gubernur saat ini untuk pelonggaran kualitatif 25 miliar pounds. Dia telah bergabung dengan anggota MPC lainnya, Paul Fisher dan David Miles, tapi suara mereka kalah dari seluruh panitia 3-6.

EUR/USD Tergenjot Laporan Reuters Soal Bailout Deutsche Bank

EUR/USD Tergenjot Laporan Reuters Soal Bailout Deutsche Bank

Euro tergenjot naik di sesi perdagangan Eropa Rabu ini terhadap Dolar AS sehubungan dengan munculnya laporan baru mengenai masalah yang membelit Deutsche Bank (DB). Euro segera menghapus penurunannya terhadap Dolar AS yang terbentuk sebelumnya.
Sterling Digelincirkan Komentar Dovish Pejabat BoE

Sterling Digelincirkan Komentar Dovish Pejabat BoE

Sebelumnya, Sterling sempat menanjak di sesi Asia setelah forecast World Trade Organisation (WTO) menyebutkan bahwa Inggris takkan mengalami resesi pasca referendum Brexit.
Dolar Bangkit, Fokus Pasar Beralih Ke Testimoni Yellen

Dolar Bangkit, Fokus Pasar Beralih Ke Testimoni Yellen

Dolar AS menguat terhadap Yen dan sekumpulan mata uang mayor lainnya di sesi perdagangan Rabu (28/September) sore ini dengan fokus pasar yang kembali ke The Fed, jelang testimoni tengah tahunan Janet Yellen malam nanti.
Aussie Bertahan Di Level Puncak Tertopang Minat Risiko

Aussie Bertahan Di Level Puncak Tertopang Minat Risiko

Dolar Australia stabil di dekat level tinggi tiga minggu pada sesi perdagangan Rabu (28/September) siang ini seiring dengan peningkatan dalam sentimen risiko global yang tercapai selama tiga hari terakhir ini. AUD/USD diperdagangkan pada level 0.7671 siang ini.
USD/JPY Terdorong Naik Oleh Pidato Fischer

USD/JPY Terdorong Naik Oleh Pidato Fischer

Yen mengendur terhadap Dolar AS setelah sempat mendapat perolehan di sesi perdagangan Asia, Rabu (27/September) pagi ini karena para investor memperhatikan komentar Stanley Fischer The Fed.
Sterling Melemah Seiring Dengan Rumitnya Proses Brexit

Sterling Melemah Seiring Dengan Rumitnya Proses Brexit

Dampak Brexit muncul lagi seiring dengan rumitnya proses Brexit karena terjadi perbedan pendapat dari para pejabat penting Inggris. Kondisi tersebut kemudian menyebabkan mata uang pound sterling kembali berada di bawah tekanan.
FOMC Proyeksikan Fed Hike Satu Kali Tahun Ini, Dolar AS Terlibas

FOMC Proyeksikan Fed Hike Satu Kali Tahun Ini, Dolar AS Terlibas

Dolar AS terempas ke level rendah 4 bulan terhadap Yen di hari Kamis (22/September) pagi ini setelah FOMC memutuskan untuk tidak mengubah kebijakan moneternya. Dolar pun tersungkur pagi ini dengan USD/JPY yang mencium angka 100.15.
Di Luar Ekspektasi, BoJ Perkenalkan Yield Curve Control; Yen Terlumat

Di Luar Ekspektasi, BoJ Perkenalkan Yield Curve Control; Yen Terlumat

Bank Sentral Jepang (BoJ) pada hari Rabu (21/September) ini memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunganya di level minus 0.1 persen serta mengambil langkah yang di luar dugaan. USD/JPY meroket ke level 102.73 dari level low 101.015.

Daftar Newsletter

  Anda ingin mendapatkan info berita-berita terbaru, Silahkan daftar disini.