4 Inti Kebijakan Moneter ECB Desember 2016

   By: N Sabila    view: 2535

Seputarforex.com - Bank Sentral Eropa (ECB) mengumumkan bahwa mereka akan mengurangi ukuran program pembelian asetnya tahun depan. Namun, programnya diperpanjang untuk sembilan bulan atau lebih, bukan enam bulan seperti yang diekspektasikan pasar. Pelaksanaannya dimulai setelah jadwal berakhirnya pada Maret 2017 mendatang. Berikut ini rangkuman inti kebijakan ECB Kamis (08/Desember) kemarin malam.

mario-draghi-ecb


1. Mengurangi Anggaran QE Tapi Memperpanjang Waktu Pelaksanaannya

ECB mengatakan akan mempertahankan program pelonggaran kuantitatif bulanannya sebanyak 80 miliar euro sampai akhir bulan Maret 2017 seperti yang sudah dijadwalkan. Namun, akan mengurangi jumlahnya menjadi 60 miliar euro mulai April. Program pembelian aset akan dilanjutkan dalam laju 60 miliar euro per bulan hingga Desember 2017 atau lebih sesuai kebutuhan, kata ECB.

Bank sentral tersebut juga mengubah parameter program pembelian obligasinya dengan menghapus batas bawah deposit, mengingat adanya kemungkinan bahwa ECB bisa kehabisan obligasi untuk dibeli.

2. Tak Ada Perubahan Suku Bunga

Untuk suku bunga, ECB tak mengubah level saat ini. Di bawah aturan baru program pembelian aset tersebut, ECB akan bisa membeli obligasi pemerintah yang berimbal hasil lebih kecil daripada rate deposit-nya yang saat ini berada di level minus 0.4 persen. ECB juga akan bisa mulai membeli obligasi pemerintah yang ultra-safe seperti surat utang jangka pendek Jerman.

 

3. Kebijakan Tersebut Bukan 'Tapering'

Meski demikian, Gubernur ECB, Mario Draghi, mengatakan bahwa pemotongan QE menjadi 60 miliar perbulan bukanlah 'tapering'. Tapering bahkan tak didiskusikan dalam rapat kemarin. Keputusan tersebut, kata Draghi, diambil dengan tujuan untuk memastikan bahwa ECB masih eksis di pasar.


4. Proyeksi Pertumbuhan Diekspektasi Lebih Cepat

Untuk perkiraan ekonomi, ECB memperbarui prediksinya, dengan mengekspektasikan pertumbuhan yang sedikit lebih cepat dan inflasi yang lebih tinggi di tahun 2017. Tak lupa, Draghi juga memperingatkan pemerintah negara-negara Zona Euro untuk selalu mendukung kebijakan moneter dengan reformasi struktural di kebijakan fiskal.

Housing Starts AS Agustus Turun  2 Bulan Beruntun

Housing Starts AS Agustus Turun 2 Bulan Beruntun

Housing Start tergelincir 0.8 persen menjadi 1.18 juta unit pada bulan lalu dan data periode Juli direvisi naik 1.16 juta menjadi 1.19 juta unit, Housing Start bisa turun lebih jauh selama bulan September akibat dampak Badai Harvey.
Euro Pertahankan Bull, Ekonomi Jerman Tak Goyah Oleh Pemilu

Euro Pertahankan Bull, Ekonomi Jerman Tak Goyah Oleh Pemilu

Pemilu Jerman rupanya tak dianggap sebagai sumber ketidakpastian. ZEW melaporkan bahwa outlook sentimen ekonomi Jerman mmeningkat di bulan September ini.
Jelang FOMC, Dolar AS Stabil Dengan Potensi Meninggi

Jelang FOMC, Dolar AS Stabil Dengan Potensi Meninggi

Para investor bersiap mendengar pernyataan yang lebih hawkish dari Federal Reserve. USD/JPY kemungkinan dapat naik hingga 112 yen menjelang kebijakan FOMC besok.
Sempat Melonjak, AUD/USD Melandai Pasca Notulen RBA

Sempat Melonjak, AUD/USD Melandai Pasca Notulen RBA

Siang ini AUD/USD diperdagangkan landai pada 0.7967, setelah jarum candle pair tersebut sempat menusuk ke atas level high 0.7993 di awal sesi Asia karena data perumahan.
Inflasi Zona Euro Sesuai Estimasi, Masih Di Bawah Target ECB

Inflasi Zona Euro Sesuai Estimasi, Masih Di Bawah Target ECB

Dalam basis tahunan, CPI Zona Euro naik 1.5 persen di bulan Agustus; meningkat dibanding bulan Juli, tetapi masih jauh dari target yang dipatok ECB.
Yen Jepang Dijegal Rumor Pemilu Dadakan

Yen Jepang Dijegal Rumor Pemilu Dadakan

PM Shinzo Abe menyatakan akan mengadakan Pemilu Dini (snap election) di tengah kuatnya ketegangan geopolitik yang disebabkan oleh tindakan provokatif Korea Utara.
Retail Sales AS Catat Penurunan Terbesar 6 Bulan, Greenback Melemah

Retail Sales AS Catat Penurunan Terbesar 6 Bulan, Greenback Melemah

Penjualan Ritel AS secara tidak terduga turun pada bulan Agustus, kemungkinan besar disebabkan oleh karena dampak Badai Harvey yang berpengaruh negatif terhadap pembelian kendaraan bermotor.
Sterling Meroket Sore Ini Gegara Pernyataan Vlieghe BoE

Sterling Meroket Sore Ini Gegara Pernyataan Vlieghe BoE

Jika tren data ekonomi Inggris memenuhi syarat, maka waktu yang paling tepat untuk menaikkan suku bunga kemungkinan adalah mulai bulan depan.
Coeure ECB Khawatirkan Penguatan Euro Terhadap Inflasi

Coeure ECB Khawatirkan Penguatan Euro Terhadap Inflasi

Menurut Coeure, penguatan mata uang Euro tak berbahaya karena masih diimbangi dengan penguatan ekonomi Zona Euro, namun perlu diawasi dengan ketat.
Euro Kian Menjulang Pasca Kebijakan ECB Dan Loyonya Dolar

Euro Kian Menjulang Pasca Kebijakan ECB Dan Loyonya Dolar

Draghi mengatkan bahwa pertimbangan keputusan mengenai tapering pembelian obligasi ECB kemungkinan akan diambil pada bulan Oktober mendatang.

Daftar Newsletter

  Anda ingin mendapatkan info berita-berita terbaru, Silahkan daftar disini.