Adopsi Bitcoin Rambah Media Sosial Terpopuler Di Rusia

Media sosial terbesar di Rusia, VK, mulai menggerakkan langkahnya dalam dunia kripto, yang diawali dengan adopsi Bitcoin sebagai salah satu metode pembayaran.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Dua platform media sosial terpopuler di Rusia, Vkontakte dan Odnoklassniki, mengumumkan bahwa mereka telah menerima pembayaran melalui platform kriptografi. Pengumuman ini menambah ramainya daftar adopsi Bitcoin sebagai metode pembayaran.

 

VK adopsi kripto

 

 

Vkontakte (VK) dan Odnoklassniki merupakan media sosial paling populer di kalangan user berbahasa Rusia, yang memiliki jutaan pengguna di negara-negara bekas Uni Soviet. Keduanya telah mengadopsi Bitcoin dari pihak advertiser. Selain itu, mereka juga berniat untuk mulai membayar pekerja, pengembang, dan mitra dalam satuan nilai kripto.

Vkontakte atau juga dikenal dengan Incontact adalah media sosial terpopuler di Rusia. Media sosial ini terkenal di antara pengguna bahasa Rusia di seluruh dunia. Menduduki peringkat ke-18 di Top 500 Alexa, situs jejaring sosial ini juga merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di Belarus, Kazakhstan, Moldova, Estonnia, Latvia, dan Ukraina. Platform ini memiliki lebih dari 470 juta akun, dengan pendapatan sebesar 14 miliar Rubel (250 juta USD) pada tahun 2017.

Pembayaran melalui Bitcoin Classic (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH) dapat diterima platform. Bekerjasama dengan Mytarget, transaksi kripto akan melewati anak perusahaan My.com, Mail.ru, dan akan diproses oleh penyedia layanan pembayaran berbayar di AS, Bitpay. Untuk saat ini, pengembang aplikasi dan platform terkait masih menerima pembayaran dalam mata uang fiat. Namun, rencana adopsi Bitcoin sebagai media pembayaran akan terealisasi dalam waktu dekat.

Sedangkan Odnoklassniki baru dibangun oleh pengusaha Rusia, Pavel Durov, pada tahun 2006. Odnoklassniki atau Classmates juga populer di Rusia dan beberapa negara lain bekas Uni Soviet, seperti Uzbekistan dan Kyrgyztan.

 

Diakui Dari Sisi Keamanan Dan Privasi

Perusahaan internet Rusia yang membawahi Vkontakte dan Odnoklassniki juga menangani layanan email Mail.ru. Dalam pernyataannya, Mail.ru menyatakan, "Mail.ru Grup telah memperluas penggunaan 2 kripto populer (BTC dan BCH). Perusahaan akan memperkenalkan metode transaksi pembayaran mudah bagi mereka yang telah melakukan bisnis dalam kriptografi".

Dalam sesi wawancara dengan cointelegraph, Yury Ivanov, Head of Public Relation dari Vkontakte mengungkapkan bahwa, "Kami semua tahu adopsi Bitcoin saat ini lebih banyak dilakukan dalam transaksi ilegal seperti penjualan senjata, narkoba, dll. Tetapi jika dilihat dari sisi keamanan maupun privacy-nya, Bitcoin lah rajanya".

Adopsi Bitcoin sebagai metode pembayaran sebenarnya dianggap masih mengkhawatirkan. Hal itu juga ironis, mengingat Rusia baru-baru ini dilaporkan telah memblokir puluhan situs kripto.

282789

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.