Menu

Analisa US OIL (WTI) Mingguan: Peluang Di Resistance Minor Harian

Ardi99

Harga masih ditarik ulur di area resistance minor harian. Meski cenderung bullish, konfirmasi Uptrend masih memerlukan breakout dengan candle Bullish besar dan naiknya Volume beli.

Halo pembaca, saya melihat adanya suatu peluang entry di komoditas US Oil. Harga membentuk pola dan reaksi harga yang menarik untuk peluang hari ini sampai 28 September 2018.

Simak US Oil dalam Daily Chart berikut:

Dalam gambar chart di atas, harga terlihat kembali mendapatkan tekanan beli secara perlahan, yang membuatnya terdorong naik kembali di sekitar harga tertinggi sebelumnya. Di minggu ini, saya coba memetakan adanya area resistance minor yang berasal dari titik-titik penolakan di masa lalu. Dari situ, harga tampak masih memiliki potensi membentuk penolakan atau False Breakout dari batas atas resistance minor, selama penguatan tekanan beli belum terbentuk. Naiknya tekanan beli bisa dilihat dari ukuran body candle Bullish yang panjang dan Volume tinggi.

Untuk ulasan entry minggu ini, mari kita simak US Oil dalam 4-hour chart berikut:

Mari kita analisa gambar di atas untuk entry terbaik kita. Saya sudah menentukan Level Support dan Resistance berikut:

Berdasarkan gambar di atas, harga minggu lalu cenderung bergerak dalam kenaikan yang cukup kuat sejak awal pekan, tapi secara umum masih mengalami gejolak transaksi di sekitar harga tertinggi sebelumnya. Kenaikan yang cukup baik itu membuat saya memetakan adanya garis kenaikan mingguan, yang akan menjadi batasan dari setiap upaya jual minggu ini. Breakout dari garis ini akan menggambarkan penguatan dari arus Daily Downtrend sebelumnya.

Di minggu ini, fokuskan analisa pada reaksi harga terhadap batasan-batasan gejolak sebelumnya, yang diwakili oleh R1 dan S1. Meski harga masih memiliki potensi tertolak karena pengaruh area resistance minor, tapi peluang kelanjutan arus Uptrend masih cukup potensial, candle-candle Bullish di minggu lalu selalu terbentuk dengan Volume yang lebih besar dibandingkan candle Bearish.

Very interesting, right?

Dalam pergerakan pada gambar di atas, peluang Beli dan Jual masih sama kuat, memungkinkan persentase menurut analisa teknikal saya adalah (Buy: 50%, Sell: 50%).

Nah, dalam pandangan atau prediksi saya, berdasarkan pergerakan harga yang kita analisa di atas, kita akan mencoba melihat peluang entry yang tersedia. Tetapi, teknikal tidak mengijinkan asumsi bermain, maka entry terbaik yang dapat dilakukan ialah, kita akan terus melihat pergerakan CLOSE PRICE pada Candle 4 hours.

Setup saya untuk Breakout opportunity,

Setup saya untuk Pullback opportunity,

Gunakan Risk Reward selalu minimal 1:1.5 dan trailing stop (manual maupun otomatis) bila diperlukan. Bisa menggunakan level-level support dan resistance untuk referensi analisa Anda menentukan Stop Loss dan melakukan Cut Loss, tetap waspada terjadinya konsolidasi harga.

Tetap gunakan money management yang baik dalam setiap entry untuk keberlangsungan trading yang sehat, semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam melakukan analisa pada market.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE