Menu

Ketidakpastian Pasar Membuat Yen Jadi Pilihan Investor

Cat Trader

Ketidakpastian pasar membuat investor khawatir dalam menanamkan modalnya, sehingga mata uang safe haven Yen menjadi salah satu alternatif investor.

Analisis Fundamental

Pada hari Selasa, 29 Januari 2019, Otoritas AS menghantam perusahaan China Huawei dengan tuduhan kriminal. Hal ini meningkatkan ketegangan di antara AS dengan China. Departemen Kehakiman AS menuduh Huawei, kepala keuangannya dan dua afiliasinya dengan tuntutan atas penipuan bank dan melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Investor khawatir tuduhan itu dapat memperumit pembicaraan perdagangan yang akan dimulai hari Rabu besok (30/Januari), ketika Wakil Perdana Menteri China Liu He akan bertemu dengan Perwakilan Perdagangan AS, Robert Lighthizer. Kecuali kesepakatan dicapai sebelum 1 Maret, Presiden AS Donald Trump mengatakan ia akan menaikkan tarif impor China dari 10% menjadi 25%. Ini adalah langkah yang dikhawatirkan investor akan memperburuk perlambatan ekonomi global.

Saat ketidakpastian pasar atau tekanan ekonomi menguat, mata uang safe haven seperti Yen menjadi salah satu pilihan investor untuk menanamkan modalnya.

 

Analisis Teknikal

Secara teknikal, pasangan mata uang NZD/JPY timeframe 1H bergerak dari Support 2 menuju Resisten 2. Harga kemudian turun dan menguji Resisten 1. Saat ini, pasangan mata uang NZD/JPY yang sudah beranjak naik dari Resisten 1, berpeluang terkoreksi kembali menuju level tersebut. Hal ini didukung oleh telah crossing indikator CCI periode 14.

 

Rekomendasi






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE