Menu

Outlook Mingguan EUR/USD 8-12 Oktober 2018

Joe Poe

Di luar dugaan EUR/USD berbalik bullish pada akhir minggu lalu. Bagaimana pergerakan selanjutnya?

Euro diperdagangkan sedikit lebih rendah sesaat sebelum rilis laporan Non-Farm Payrolls AS, tapi kemudian tanpa terduga berbalik menjadi bullish potential walau data AS sangat tidak mendukung untuk itu; dan ini berlawanan dengan kaidah fundamental serta terkesan bahwa pasar kurang berminat terhadap positifnya data AS, lalu merespon lebih awal dengan prediksi negatif. EUR/USD ditutup minggu lalu pada posisi sideways karena dampak tidak menentunya arah USD.

Beberapa data penting Amerika dan Eropa minggu ini yang perlu diperhatikan adalah antara lain:

Senin:

Selasa:

Rabu:

Kamis:

Jumat:

Sabtu:

Secara fundamental, tampak EUR/USD berpotensi sideways, karena prediksi data minggu ini mempunyai keseimbangan antara Bullish dan Bearish-nya.

 

Analisa Teknikal

Minggu lalu, sesuai dengan chart H1 dan D1 terlampir, harga closing EUR/USD sedikit lebih rendah daripada opening-nya. Dari 6 MA; jangka pendek yang diwakili oleh MA 5, 10, dan 20 menunjukkan optimisme bullish; sedangkan jangka panjangnya, juga mengacu pada chart H1 dan D1, EUR/USD masih berpotensi bearish, dengan kerucut garis Down Trend maupun Up Trend-nya yang seimbang menuju ke satu wilayah netral. Hanya saja, bedanya, dengan H1, kita mengharapkan acuan jangka pendek sepanjang Minggu ini saja. Sedangkan dengan D1, kita mempunyai acuan minimal 2 minggu ke depan atau bahkan hingga akhir bulan.

 

Prediksi

Jadi dari keseluruhan informasi diatas, pada chart H1a dapat kita rangkum bahwa minggu ini EUR/USD akan bergerak ke samping sesuai Sideways Channel-nya diantara S2 1.1460 dan R4 1.1612; dan diakhiri pada posisi sekitar harga opening minggu lalu, yaitu diantara R3 1.1580 dan R4 1.1612.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE