Menu

Pasar Saham Hari Ini: Februari Terburuk Dalam 20 Tahun Terakhir

Aditya Putra

Terburuk dalam 20 tahun terakhir di bulan Februari, IHSG pun terus mencatatkan derita sejak awal tahun, masih adakah peluang rebound di jangka pendek?

IHSG View

Imbal hasil IHSG secara year-to-date (YTD) sudah minus 12.13% per (27/02). Kondisi ini terburuk sejak awal tahun 2017 yang lalu!, kisruh virus Corona makin menjadi-jadi dan membuat tren Indeks semakin bearish, peluang trading buy sendiri semakin terbatas dengan risiko downtren yang membesar. Pada (27/02) IHSG turun 2.69% ke level 5,535.

Beberapa sektor yang mendorong penurunan IHSG bisa lihat di bawah ini:

 

Macro View

Pemerintah mengakui dampak dari virus Corona menekan perdagangan eskpor dan impor serta industri pariwisata. Sentimen ini yang membuat Institute of Develompment for Economic and Finance (Indef) merevisi pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I-2020 dari 4,9% menjadi 4,6%.

Daily Outlook

 

Berita Emiten

Perusahaan konstruksi Totalindo Eka Persada (TOPS) memperoleh kontrak baru dari proyek Hotel Lido Lake Resort 2 milik MNC Land. Proyek hotel yang akan berlokasi di Bogor itu bernilai Rp 50,6 miliar. Pembangunan rencananya akan dimulai pada Maret 2020. Proyek di atas lahan seluas 2,6 hektar itu akan dikerjakan dalam waktu enam bulan. Diharapkan, perolehan kontrak baru ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi bisnis Totalindo.

Perusahaan yang bergerak di bidang printing and digital services. Astra Graphia (ASGR) memperoleh pendapatan bersih hingga Rp 4,77 triliun sepanjang tahun 2019. Jumlah tersebut naik 17,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp 4,07 triliun.

Teknikal

Indeks Overall Trend Short Term: Bearish

Price: Turun

Volume: Jual

Signal: Test (Support)

Range IHSG: 5,280 – 5,380

Prediksi: Bearish

Kinerja Indeks LQ-45 Per (28/02)

Sumber:RTI

Jika melihat tabel di atas,maka bisa terlihat saham-saham di list 20 besar yang mengalami penurunan cukup tajam dalam satu hari, terlepas dari penurunan tajam tersebut, ada kalanya Indeks mengalami technical rebound dan saham-saham di list 20 besar yang turun cukup tinggi per (28/02) akan mengalami rebound. Sejatinya, Indeks belum kondusif dengan perhatian yang tertuju tetap pada saham-saham di list LQ-45.

Untuk hari Senin (02/03), ada peluang saham-saham di atas mengalami technical rebound namun tetap jika kondisi global cukup mendukung. Faktor yang perlu diperhatikan antara lain bagaimana kondisi aktual penyebaran virus Corona dan pergerakan Indeks saham global.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE