Menu

Rekomendasi 30 Maret-03 April 2015: Window Dressing Hanya Memberikan Angin Segar Sesaat Terhadap IHSG

Aditya Putra

Investor domestik dan asing selama 2 (hari) terakhir ini cukup sibuk melakukan aksi bargain hunting terhadap saham-saham blue chip hingga three tier, hal ini dikarenakan adanya potensi window dressing yang menurut investorword adalah praktek rekayasa dengan menggunakan trik akutansi untuk membuat neraca perusahaan dan laporan laba rugi tampak lebih baik daripada sebelumnya menjelang ditutupnya laporan per kuartal tahun 2015.

Analisa IHSG

Hello Investors...

Investor domestik dan asing selama 2 (hari) terakhir ini cukup 'sibuk' melakukan aksi bargain hunting terhadap saham-saham blue chip hingga three tier, hal ini dikarenakan adanya potensi window dressing yang menurut investorword adalah praktek rekayasa dengan menggunakan trik akutansi untuk membuat neraca perusahaan dan laporan laba rugi tampak lebih baik daripada sebelumnya menjelang ditutupnya laporan per kuartal tahun 2015, adanya aktivitas cum dividen dan hasil laporan keuangan emiten selama LK-2014 yang mencatatkan hasil di atas ekspektasi para analis, akan memberikan valuasi menarik dan tentunya caital gain hingga akhir tahun 2015. Hampir seluruh sektor meningkat, dengan saham perbankan dan aneka industri yang memimpin kenaikan. Secara teknikal, ada gap yang cukup lebar dari 5,396 ke 5,518.

Hal ini diluar kebiasaan setelah terakhir terjadi pada bulan Februari lalu, yang dimana ketika itu IHSG ditolong oleh sentimen kuat dari domestik,dan membuat indeks terus melaju hingga mencatatkan rekor di level 5,474. Saya melihat support IHSG sudah cukup kuat di 5,400. Kemarin IHSG kembali mencatatkan all time high di 5,518. Dengan MACD signal yang mendekati golden cross, saat ini IHSG menguji level resistance 5,518, jika tertembus potensi IHSG untuk meraih 5,550 cukup terbuka lebar, namun saya memprediksi karena ini didorong oleh aksi window dressing dan harga ditarik naik di akhir sesi perdagangan maka IHSG akan kembali terkoreksi dalam beberapa hari ini sembari mencoba merespon data-data ekonomi domestik yang akan rilis seperti inflasi dan ekspor&impor yang akan sedikit memberikan dorongan tambahan positif, namun saya memprediksi IHSG akan cukup kuat di level support 5,405. RSI juga belum menembus level 70%, (belum jenuh beli). Selama sepekan ini saya memprediksi IHSG akan bergerak dengan level support-resistance di 5,415 – 5,505.


Tabel. Valuasi Fundamental


*TP= target price hingga akhir tahun ini.

Analisa Saya:

*Disclaimer ON

AGENDA EKONOMI DAN EMITEN

1 April

2 April

6 April

8 April

9 April

10 April

(Sumber : IPOT, Bloomberg, BI)

Stock Pick

SMRA

KLBF


LPPF

Happy Trading All!






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE