Menu

Risk Aversion Kuasai Pasar Jelang Negosiasi AS-China

Axi

Investor belum akan menunjukkan sentimen pasti selama negosiasi AS-China belum memiliki konklusi. Dalam situasi ini, emas dan Yen diuntungkan.

Dengan pembicaraan AS-China, Brexit, rilis data ekonomi, dan sinyal kebijakan Fed yang silih berganti meramaikan pasar, hanya ada sedikit sentimen positif yang bisa dimanfaatkan investor. Sisi baiknya, mereka yang tak ingin mengulangi kesalahan masuk di pasar berisiko tak akan berpartisipasi di tengah maraknya spekulasi kesepakatan dagang AS-China. Para investor tersebut cenderung melindungi posisi dan ambil aman melalui safe haven emas. Situasi ini tercermin pada aset-aset ETF berbasis emas yang kini bertengger di level tertinggi sepanjang masa.

Presiden Trump disinyalir kembali ke mode ofensifnya dalam berhadapan dengan China. Menurut pengamatan AxiTrader, Trump belum melihat pentingnya kelancaran negosiasi dagang bulan ini sebagai faktor yang bisa menunjang elektabilitasnya, mengingat rangkaian Pilpres AS masih cukup jauh dari sekarang.

 

Analisa Harga Emas

Walaupun cenderung bullish, masih sulit untuk memastikan arah jangka pendek emas di periode penuh ketidakpastian ini. Kemungkinan terbesarnya, harga emas berpotensi menguat hanya bila pembicaraan dagang berakhir dengan sengketa.

 

Outlook Pasar Forex

Di Asia, Yuan kembali menjadi fokus utama seiring dengan naiknya antisipasi pasar terhadap negosiasi AS-China. Proyeksi AxiTrader menyebutkan bahwa mata uang ini sangat berisiko melemah. Apabila skenario ini terjadi, maka seluruh mata uang Asia lain juga akan ikut terseret turun.

Sementara itu, penurunan USD/JPY terbentuk sesuai ekspektasi, seiring dengan meningkatnya risk aversion pasar. Walaupun begitu, permintaan terhadap Dolar AS tidak turun drastis karena Yield Obligasi pemerintah AS nyatanya sanggup bertahan di level 1.50%.

Hal ini merefleksikan bahwa kebijakan Rate Cut belum terkonversi menjadi katalis downside bagi Dolar AS. Karena itu, AxiTrader menyimpulkan bahwa penguatan Yen hanya akan mengandalkan kuatnya sentimen penghindaran risiko.

 


AxiTrader adalah bagian dari perusahaan finansial berskala global yang mapan dan terpercaya. Dengan prinsip "diciptakan oleh trader, untuk trader", broker ini berkomitmen untuk memberikan layanan trading yang meluas dan terjangkau bagi semua kalangan.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE