Menu

Sentimen Emas Yang Menarik Untuk Diperhatikan

Shanti Putri

Harga emas biasanya menguat di awal tahun karena ada momen Imlek. Namun tahun ini, ada sentimen-sentimen lain yang turut andil dalam pergerakan harga emas.

Membicarakan emas di sekitar perayaan Imlek memang menarik, karena momen tahun baru China pada umumnya dianggap sebagai sentimen positif untuk emas. Umumnya setiap tahun secara musiman, antara September hingga Februari adalah periode bullish untuk emas. Pelaku emas kategori Commercials yang terdiri dari produsen (penambang, pengrajin emas, dll), konsumen emas (toko emas, pabrikasi elektronik, dll), dan Swap Dealers membeli emas untuk memenuhi permintaan Deepavali di bulan Desember. Dorongan minat beli emas berlanjut hingga ke bulan Februari, mengingat momen tahun baru Cina biasanya dirayakan pada bulan tersebut.

Selain itu, rilis laporan keuangan fiskal para perusahaan produsen dan konsumen emas di periode tersebut turut memberikan sentimen positif pada trend emas secara musiman. Walaupun tidak selalu membuat harga emas naik, tapi secara rata-rata, harga emas akan naik pada bulan September hingga Februari.

Lalu bagaimana dengan tahun ini? Berikut beberapa sentimen emas yang layak untuk diperhatikan:

 

Sentimen Negatif Untuk Emas

 

Sentimen Positif Untuk Emas

Berdasarkan rating Opini Teknikal Barchart. Sekitar 96% trader melihat sinyal Buy untuk emas, tapi kekuatannya lemah secara jangka pendek. Secara umum, emas cenderung masih melanjutkan bullish. Namun karena market sudah mendekati daerah Overbought, disarankan berhati-hati jika ada pembalikan arah.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE