Menu

Para Pelaku Utama Pasar Berjangka Emas Dan Perilakunya

Shanti Putri

Ada dua kelompok pelaku utama pasar berjangka emas. Perilaku kedua kelompok itu berbeda-beda, sesuai dengan karakter dan tujuannya masing-masing.

Setiap hari, perdagangan di pasar berjangka didominasi oleh Commercials dan besarnya sekitar 60%. Sedangkan sisanya, para spekulator 40%. Para pelaku pasar emas dibagi menjadi dua kelompok; Commercials dan Speculators (Large dan Small). Perilaku kedua kelompok itu berbeda-beda, sesuai dengan karakter dan tujuannya ikut berpartisipasi dalam perdagangan di pasar berjangka emas.

 

Pelaku Pasar Berjangka Emas #1: Commercials

Kelompok Commercials adalah mereka yang berhubungan dengan emas fisik. Commercials juga dibagi menjadi tiga; mereka adalah para produsen emas, pemakai (pembuat perhiasan dan sejenisnya) dan Swap Dealers.

 

 

Commercials sering disebut smart money, karena:

 

Pelaku Pasar Berjangka Emas #2: Speculators

Lalu ada para Speculators. Mereka bukan pemain emas fisik, melainkan hanya memperdagangkan kontrak-kontrak turunan yang didasarkan dari emas fisik. Mereka juga tidak mengkhususkan diri untuk mengelola dana kontrak emas saja. Mereka adalah para Fund Manager, Hedge Fund, dana pensiun dan spekulator retail. Spekulator besar didominasi oleh Managed Money. Dari namanya bisa diterka, isinya adalah uang kelolaan dana asuransi, dana pensiun, dll.

Saat ini para spekulator juga sudah mempunyai bekal pengetahuan tentang fudamental harga emas, siklusnya dan lain-lainnya seperti pengetahuan yang dimiliki oleh Commercials. Namun, untuk poin-poin lainnya, Speculators masih belum memilikinya. Dalam permainannya, para Speculators berpotensi kalah nafas, jika harus melawan Commercial Traders, sehingga harus cermat dalam melakukan perdagangan emas.

Untuk melakukan pemantauan terhadap posisi para Commercials, setiap minggu Chicago Mercantile Exchange melaporkan Commitments of Traders untuk dibaca oleh para pelaku pasar berjangka untuk emas. Mengapa penting sekali? Karena COT mencerminkan posisi Commercials dan Speculators di bursa berjangka emas. Contohnya dapat diakses pada situs CFTC.



3 May 11:32

2,303.26 (-0.01%)

Support : 2,285.84
Pivot : 2,305.85
Resistance : 2,323.46

Short Mid Long
50% Buy 100% Buy 100% Buy

Rekomendasi
80% Buy
Informasi lebih lengkap tentang Analisa Emas Teknikal klik di sini.




KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE