Menu

Dolar New Zealand Diprediksi Paling Diminati Tahun 2014

Sfteam

Dolar New Zealand menikmati kejayaannya pada tahun 2013 lalu. Dan pada tahun 2014 ini, mata uang yang juga disebut dengan Kiwi tersebut diramalkan juga masih akan melanjutkan kecerahannya. Kiwi telah menorehkan kenaikan sekitar 6 persen terhadapa Dola AS sejak akhir Juni, sehubungan dengan retorika Bank Sentral New Zealand yang cenderung naik dan hawkish.Pada tahun 2013, mata uang New

Dolar New Zealand menikmati kejayaannya pada tahun 2013 lalu. Dan pada tahun 2014 ini, mata uang yang juga disebut dengan Kiwi tersebut diramalkan juga masih akan melanjutkan kecerahannya. Kiwi telah menorehkan kenaikan sekitar 6 persen terhadapa Dola AS sejak akhir Juni, sehubungan dengan retorika Bank Sentral New Zealand yang cenderung naik dan hawkish.


Pada tahun 2013, mata uang New Zealand juga terpantau lebih kuat dibandingkan Yen Jepang dengan persentase penguatan sebanyak 20 persen, sementara pair cross AUD/NZD menyentuh level terlemah dalam lima tahun di bulan Desember 2013 kemarin bekenaan dengan tersungkurnya Aussie sebanyak 14 persen terhadap Dolar AS pada tahun 2014.

Menurut Direktur Manager BK Asset Management New Zealand, Kathy Lien, New Zealand mempunyai potensi yang tak kalah cerah dengan mata uang-mata uang negara ekonomi mayor. RBNZ atau Bank Sentral New Zealand adalah satu-satunya Bank Sentral yang akan menaikkan suku bunga pada tahun 2014 ini dan posisi strategis ini akan menjadikan Dolar NZ sebagai mata uang yang paling favorit di tahun 2014.

Masih menurut Lien, akan ada tiga alasan utama bagi para investor untuk melirik Kiwi pada tahun 2014: ekspektasi akan kuatnya ekonomi New Zealand, ekpektasi kenaikan suku bunga, dan meningkatnya permintaan akan soft commodities (komoditas agraria) daripada hard commodities (komoditas pertambangan). Komoditas agraria adalah komoditas ekspor nomor satu New Zealand, terutama susu bubuk.

Perkonomian New Zealand terpantau menguat pada tahun 2013, walaupun sempat terhadang oleh beberapa masalah seperti bencana alam, lambannya pertumbuhan negara partner perdagangan utamanya (Cina), serta kekuatan mata uangnya. Perekonomian New Zealand terpantau mengalami kemajuan yang cukup signifikan sejak 2009 dan pada tahun fiskal 2014, tepatnya pada akhir bulan Maret pertumbuhan ekonomi New Zealand diharapkan dapat mencapai 2.7 persen.


Editorial Forex Lainnya




KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE