17 April 2018: GDP China, Perumahan AS, Tenaga Kerja Inggris, ZEW Jerman

Data dan peristiwa berdampak hari ini: GDP dan output industri China, Jobless Claims Inggris, perumahan AS, ZEW Jerman, Manufacturing Kanada, dsb.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Selasa, 17 April 2018:

GDP menyatakan nilai total barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara dalam periode waktu tertentu dan dianggap sebagai ukuran pertumbuhan ekonomi yang biasanya diumumkan per kuartal. Di China, data ini dirilis oleh biro statistik nasional. Rilis data berupa persentase perubahan dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya (quarter per year atau q/y), dan perubahan per kuartal (quarter per quarter atau q/q). Data pertumbuhan China bisa berdampak pada pasar karena pengaruh China pada perekonomian global dianggap signifikan.


17 April 2018: GDP China, Perumahan AS,

 

 

Sejak pertengahan tahun 2013 hingga kuartal ke-3 tahun 2016, pertumbuhan ekonomi China (q/y) terus turun akibat perlambatan investasi di sektor manufaktur dan properti. Baru pada kuartal ke-4 tahun 2016, GDP China mulai rebound. Kuartal ke-4 tahun 2017, data pertumbuhan ekonomi tumbuh 6.8%, lebih tinggi dari perkiraan 6.7% dan sama dengan kuartal sebelumnya. Sementara untuk basis per kuartal (q/q), GDP kuartal ke-4 tahun 2017 tumbuh 1.6%, sesuai dengan perkiraan dan yang terendah sejak kuartal pertama 2017.

Pertumbuhan kuartal ke-4 tahun lalu terutama disebabkan oleh meningkatnya output sektor industri dan manufaktur, pertanian, jasa, investasi pemerintah dan swasta, serta meningkatnya ekspor.

Untuk kuartal pertama tahun 2018, diperkirakan GDP China q/y akan kembali tumbuh 6.8% (atau +6.8%), dan q/q diperkirakan turun ke +1.5%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung berdampak positif pada AUD dan NZD.

 

  • Jam 09:00 WIB: data Industrial Production China bulan Maret 2018 (Berdampak medium-tinggi pada AUD dan NZD).

Indikator yang disebut juga dengan Industrial Output ini mengukur hasil produksi yang dihasilkan oleh sektor manufaktur, pertambangan, dan industri lainnya di China. Karena China merupakan partner dagang utama Australia, Kanada, dan Uni Eropa, maka perubahan output industri yang merupakan penggerak utama ekonomi China akan sangat mempengaruhi kondisi perekonomian partner dagangnya.

Industrial Production dianggap sebagai salah satu indikator awal bagi laju perekonomian China. Hasil rilis berupa persentase perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m), dan perubahan yang dibandingkan dengan bulan sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

Bulan Februari lalu, output industri China y/y naik 7.2%, lebih tinggi dari perkiraan naik 6.2%, dan sama dengan bulan sebelumnya (tertinggi sejak bulan Juni tahun lalu). Sementara untuk m/m, data Industrial Production naik 0.57%, sama dengan bulan sebelumnya. Pada bulan Februari, produksi sektor pertambangan, manufaktur, energi, dan air bersih mengalami kenaikan.

Untuk bulan Maret 2018, diperkirakan output industri China y/y akan naik 6.4%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan AUD dan NZD menguat.

 

  • Jam 15:30 WIB: indeks upah rata-rata di Inggris bulan Februari 2018 (3m/y) (Berdampak medium-tinggi pada GBP).

Data yang dirilis oleh Office for National Statistics (ONS) setiap bulan ini mengukur perubahan tingkat upah rata-rata di Inggris, termasuk bonus dari sektor swasta dan pemerintahan. Rilis data berupa perubahan rata-rata upah mingguan dalam 3 bulan terakhir dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Upah selalu dikaitkan dengan besaran inflasi guna memperkirakan tingkat biaya hidup. Tingkat upah merupakan salah satu data yang ikut dipertimbangkan BoE dalam menentukan suku bunga.

Bulan Januari lalu, upah rata-rata per minggu termasuk bonus naik 2.8%, lebih tinggi dari perkiraan naik 2.6% dan yang tertinggi sejak bulan September 2015. Untuk bulan Februari 2018, data diperkirakan akan naik 3.0%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

 

  • Jam 15:30 WIB: data Jobless Claims Inggris bulan Maret 2018 (Berdampak tinggi pada GBP).

Jobless Claims Change atau Claimant Count Change mengukur perubahan jumlah klaim pengangguran yang bertujuan memperoleh kompensasi dari pemerintah, sedangkan Claimant Count Rate menyatakan persentase perubahan data yang sama dibandingkan bulan sebelumnya. Jumlah klaim tinggi menunjukkan peningkatan jumlah pengangguran yang akan berpengaruh pada pengeluaran konsumen. Jumlah klaim tunjangan pengangguran Inggris dirilis sebulan lebih cepat dari data tingkat pengangguran.


17 April 2018: GDP China, Perumahan AS,

 

 

Bulan Februari lalu, klaim tunjangan pengangguran di Inggris bertambah 9,200, jauh lebih tinggi dari perkiraan berkurang 3,100 klaim dan yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk bulan Maret 2018, diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan kembali bertambah 13,300. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan GBP menguat.

 

  • Jam 15:30 WIB: data tingkat pengangguran di Inggris bulan Februari 2018 (Berdampak medium pada GBP).

Indikator ini disebut juga dengan ILO Unemployment Rate, mengukur jumlah tenaga kerja usia produktif yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Di samping pertumbuhan dan tingkat inflasi tahunan, bank sentral (BoE) juga memperhatikan data tingkat pengangguran sebagai acuan dalam mengambil kebijakan, terutama untuk perubahan tingkat suku bunga.

Bulan Januari lalu, tingkat pengangguran di Inggris turun ke angka 4.3%, lebih rendah dari perkiraan dan bulan sebelumnya yang 4.4%. Sementara itu, tingkat partisipasi bulan Januari berada pada angka 78.8%, lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang 78.7%.

Untuk bulan Februari 2018, diperkirakan tingkat pengangguran akan kembali berada pada angka 4.3%. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan GBP.

 

  • Jam 16:00 WIB: indeks ZEW Economic Sentiment Jerman dan kawasan Euro bulan April 2018 (Berdampak medium pada EUR).

Angka indeks Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung (ZEW) atau Centre for European Economic Research ini dibuat berdasarkan survey terhadap sekitar 275 investor dan analis di Jerman. Indeks ini mengungkapkan survey tentang pandangan para investor dan analis terhadap perekonomian kawasan Euro pada umumnya, dan Jerman pada khususnya, untuk periode 6 bulan mendatang. Karena itu, sentimen investor dan analis adalah indikator awal bagi kondisi perekonomian.

Indeks ZEW Jerman dan kawasan Euro dirilis secara bersamaan, tetapi angka indeks untuk Jerman akan lebih berdampak.  Angka positif (lebih besar nol) menunjukkan optimisme, sedangkan angka negatif menunjukkan pesimisme.


17 April 2018: GDP China, Perumahan AS,

 

 

Bulan Maret lalu, indeks ZEW Jerman turun ke angka +5.1, jauh lebih rendah dari perkiraan +13.1, dan menjadi yang terendah sejak bulan September 2016. Hal ini diakibatkan oleh turunnya indeks economic outlook dan current economic situation. Sementara itu, indeks ZEW kawasan Euro juga turun ke angka +13.4, lebih rendah dari perkiraan +28.1 dan menjadi yang terendah sejak bulan Oktober 2016.

Untuk bulan April 2018, diperkirakan indeks ZEW Jerman akan kembali turun hingga -0.8, dan untuk kawasan Euro akan turun ke +7.3. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

 

Jumlah izin pembangunan rumah (Building Permits) adalah indikator awal bagi aktivitas pekerjaan konstruksi. Kontraktor perumahan harus memperoleh izin terlebih dahulu sebelum mulai membangun. Sementara itu, Housing Starts adalah indikator awal bagi pasar perumahan baru di AS. Meningkatnya Building Permits menunjukkan naiknya investasi dan optimisme pelaku bisnis perumahan. Indikator ini sering digunakan untuk memprediksi penjualan perumahan (New Home Sales) yang akan mempengaruhi tingkat inflasi.


17 April 2018: GDP China, Perumahan AS,

 

 

Bulan Februari lalu, jumlah izin pembangunan rumah di AS mencapai 1.32 juta atau turun 4.1% dari bulan sebelumnya, sesuai dengan perkiraan, tetapi lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 1.38 juta unit. Sementara untuk Housing Starts bulan Februari, rilis data mencapai 1.24 juta unit, lebih rendah dari perkiraan yang 1.29 juta unit, dan lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 1.33 juta unit. Hal ini diakibatkan oleh merosotnya pembangunan rumah di bagian selatan dan timur laut.

Untuk bulan Maret 2018, diperkirakan Building Permits akan mencapai 1.33 juta dan Housing Starts akan mencapai 1.27 juta unit. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

 

  • Jam 19:30 WIB: data Manufacturing Sales Kanada bulan Februari 2018 (Berdampak medium pada CAD).

Data ini mengukur persentase perubahan total penjualan sektor manufaktur di Kanada dibandingkan bulan sebelumnya. Disebut juga dengan Factory Sales, jumlah penjualan sektor manufaktur adalah indikator awal pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi. Selain energi, Kanada juga mengekspor produk-produk suku cadang pesawat terbang, telekomunikasi, serta elektronik.


17 April 2018: GDP China, Perumahan AS,

 

 

Bulan Januari lalu, total penjualan sektor manufaktur di Kanada turun 1.0% (atau -1.0%) ke CAD54.9 miliar, lebih rendah dari perkiraan turun 0.8% dan menjadi yang terendah dalam 6 bulan terakhir. Hal ini diakibatkan oleh merosotnya penjualan produk kendaraan bermotor dan suku cadang pesawat terbang. Untuk bulan Februari 2018, data diperkirakan akan kembali naik 1.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CAD menguat.

 

  • Jam 20:15 WIB: data Industrial Production AS bulan Maret 2018 (Berdampak medium pada USD).

Data ini dirilis oleh The Fed dan bisa disebut pula sebagai Factory Output. Industrial Production mengukur perubahan Volume output yang dihasilkan oleh sektor manufaktur, pertambangan, dan industri lainnya. Naik turunnya output produksi sangat bergantung pada siklus ekonomi, perubahan jumlah tenaga kerja, dan pendapatan konsumen.

Rilis data berupa persentase perubahan dibandingkan dengan bulan sebelumnya (month over month atau m/m), dan data yang dibandingkan dengan bulan sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y). Yang lebih berdampak adalah data m/m.


17 April 2018: GDP China, Perumahan AS,

 

 

Output industri AS bulan Februari lalu naik 1.1%, lebih tinggi dari perkiraan naik 0.3%, dan menjadi yang tertinggi dalam 4 bulan terakhir akibat meningkatnya produksi sektor manufaktur dan pertambangan. Untuk basis tahunan (y/y), data ini naik 4.4%, tertinggi sejak bulan Maret 2011.

Untuk bulan Maret 2018, diperkirakan output industri AS m/m akan naik 0.3%, dan y/y akan naik 4.0%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD.

 

  • Jam 20:15 WIB: pidato anggota FOMC John Williams (Berdampak medium pada USD).

Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco yang juga anggota FOMC, John Williams, dijadwalkan berbicara mengenai kebijakan moneter di Madrid. Isi pidato Williams bisa dibaca di sini.

 

  • Jam 21:00 WIB: testimoni anggota FOMC Randal Quarles (Berdampak medium pada USD).

Randal Quarles dijadwalkan mengadakan testimoni di depan House Financial Services Committee, di Washington DC. Isi testimoni Quarles bisa dibaca di sini.

 

  • Waktu Tentative: indeks harga Global Dairy Trade (GDT) (Berdampak medium pada NZD).

Data yang dirilis oleh Global Dairy Trade ini menunjukkan persentase perubahan harga rata-rata produk olahan susu dari hasil lelang terakhir. Indeks harga dirilis 2 kali dalam sebulan dan biasanya berdampak tinggi pada NZD, mengingat Selandia Baru adalah salah satu negara penghasil susu dan produk olahan susu utama di dunia. Susu adalah produk andalan ekspor Selandia Baru disamping daging, buah-buahan, wol, dan kayu.

Untuk rilis hari ini, pasar tidak memberikan perkiraan. Jika hasil rilis lebih baik dari data sebelumnya yang turun 0.6% (atau -0.6%), maka akan mendukung penguatan NZD. Hasil rilis indeks GDT bisa dilihat di sini.



Keterangan: Update kabar terakhir terkait indikator fundamental bisa diperoleh di Berita Forex Seputarforex.

Arsip Analisa By : Martin

Bagaimana reaksi Anda tentang ini?

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.

Pair Rate    
AUD/JPY 81.37 81.37 -76
AUD/USD 0.7175 0.7175 -52
EUR/CHF 1.1284 1.1284 -5
EUR/USD 1.1304 1.1304 -54
GBP/JPY 142.72 142.72 -110
GBP/USD 1.2587 1.2587 -71
NZD/USD 0.6799 0.6799 -57
USD/CAD 1.3387 1.3387 31
USD/CHF 0.9981 0.9981 43
USD/JPY 113.39 113.39 -22
15 Dec 04:59