24-25 Oktober 2018: Suku Bunga BoC Dan PMI Manufaktur Eurozone

Data dan peristiwa berdampak hari ini: suku bunga BoC, PMI Manufaktur Eurozone dan Jerman, persediaan minyak dan New Home Sales AS.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Rabu, 24 Oktober 2018:

  • Jam 14:30 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI Jerman bulan Oktober 2018.
  • Jam 15:00 WIB: indeks Flash Manufacturing PMI dan Flash Services PMI kawasan Euro bulan Oktober 2018 (Berdampak medium-tinggi pada EUR).

Indeks Purchasing Managers Index (PMI) untuk sektor manufaktur dan jasa ini dirilis oleh Markit, serta didasarkan pada 5 indikator utama yaitu: Output produksi, ketersediaan produk, aktivitas pengiriman, jumlah pesanan, dan jumlah tenaga kerja. Data yang dirilis oleh Markit ini terdiri dari 2 versi, yaitu Flash dan Final. Biasanya, data Flash berdampak lebih tinggi.

Indeks Flash PMI mulai dirilis sejak Maret 2008, dan merupakan estimasi indeks PMI yang dibuat berdasarkan hasil survei terhadap 500 purchasing manager. Fokusnya adalah mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini, dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran prospek perekonomian ke depan. Oleh karena itu, indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis, juga sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis di atas 50.0 menunjukkan aktivitas sektor manufaktur (dan jasa) sedang tinggi, sedangkan rilis di bawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

Untuk bulan Oktober 2018, indeks Flash Manufacturing PMI Jerman diperkirakan berada pada 53.4, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 53.7 (terendah sejak Agustus 2016). Sementara untuk indeks Flash Services PMI diperkirakan pada 55.5, juga lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 55.9.


24-25 Oktober 2018: Suku Bunga BoC Dan

 

Indeks Flash Manufacturing PMI kawasan Euro bulan Oktober 2018 diperkirakan berada pada angka 53.0, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 53.2 (terendah sejak September 2016). Sementara untuk Flash Services PMI diperkirakan berada pada angka 54.5, lebih rendah dari bulan sebelumnya yang 54.7. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan EUR menguat.

 

  • Jam 21:00 WIB: hasil meeting BoC (Berdampak tinggi pada CAD):

1. Pengumuman suku bunga BoC bulan Oktober 2018.

Suku bunga BoC dijadwalkan di-update 8 kali dalam setahun dengan konsensus (permufakatan) antara anggota dewan gubernur bank sentral. Di sepanjang tahun 2017, BoC telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak dua kali. Kenaikan pertama terjadi pada 12 Juli, yakni sebesar 0.25% ke +0.75%, dan sekaligus menjadi kenaikan pertama sejak tahun 2010. Rate Hike kedua diputuskan pada 6 September, dengan kenaikan ke +1.00%. Januari 2018 lalu, suku bunga Kanada naik lagi sebesar 0.25% menjadi +1.25%. Pada meeting terakhir 11 Juli lalu, BoC kembali menaikkan suku bunga sebesar +0.25% ke level +1.50%, sesuai dengan perkiraan pasar. Tingkat suku bunga ini adalah yang tertinggi sejak tahun 2008.

 

24-25 Oktober 2018: Suku Bunga BoC Dan

 

Kenaikan pada 17 Januari lalu disebabkan oleh membaiknya data pertambahan tenaga kerja selama 2 bulan berturut-turut, dan tingkat pengangguran bulan Desember 2017 yang mencapai rekor terendahnya dalam 40 tahun terakhir. Sementara kenaikan terakhir dipicu oleh naiknya tingkat inflasi dan investasi bisnis, serta membaiknya data ekonomi meski sedang terjadi perang dagang dengan AS.

Pada meeting terakhir 5 September lalu, BoC mempertahankan suku bunga acuan pada level +1.50%, sesuai dengan perkiraan pasar. Dalam statement diisyaratkan suku bunga yang lebih tinggi diperlukan guna mencapai target inflasi 2.0%. Dari data pasca meeting terakhir, inflasi bulan September naik 2.2% y/y, dan GDP kuartal kedua naik 0.7%, tertinggi dalam setahun.

Tensi perang dagang mereda setelah ada kesepakatan dagang dengan AS dan Meksiko, untuk merombak perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara (NAFTA). Karena itu, pasar memperkirakan suku bunga acuan bulan Oktober ini akan naik sebesar 0.25% ke level +1.75%. Jika BoC menaikkan suku bunga, maka CAD akan cenderung menguat. Statement untuk meeting hari ini bisa dibaca di sini.

 

2. Laporan kebijakan moneter BoC

Laporan ini dirilis oleh BoC setiap kuartal, dan berisi pandangan bank sentral terhadap kondisi perekonomian global serta perekonomian Kanada. Muatannya meliputi tenaga kerja dan pengangguran, serta hal-hal yang berhubungan dengan tingkat inflasi, untuk memperoleh gambaran target inflasi bank sentral pada waktu yang akan datang.

Jika laporan dianggap hawkish, maka CAD akan cenderung menguat. Sebaliknya jika dianggap dovish, maka CAD akan cenderung melemah. Laporan kebijakan moneter BoC untuk bulan Oktober 2018 bisa diunduh di sini.

 

  • Jam 21:00 WIB: data New Home Sales AS bulan September 2018 (Berdampak rendah-medium pada USD).

Data ini dirilis oleh Biro Sensus AS, mengukur jumlah penjualan rumah baru di AS selama periode satu bulan. Rilis data ini berdampak tinggi, karena penjualan rumah baru akan memicu konsumsi produk-produk lainnya. Di samping itu, perusahaan leasing dan broker property juga akan memperoleh penghasilan dari transaksi jual beli rumah tersebut.

Indikator ini sering digunakan sebagai konfirmator untuk tren penjualan perumahan dan pengeluaran konsumen. Jika perekonomian sedang mengalami kontraksi atau resesi, New Home Sales adalah salah satu indikator fundamental yang mengisyaratkan keadaan tersebut.

Bulan Agustus lalu, penjualan rumah baru di AS naik 3.5% ke 629,000 unit dibandingkan bulan sebelumnya, lebih rendah dari perkiraan 630,000 unit, tetapi menjadi yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir. Kenaikan tersebut disebabkan oleh penjualan rumah baru di bagian timur laut yang melonjak 47.8%, dan bagian barat yang naik 9.1%.

Untuk bulan September 2018, diperkirakan penjualan rumah baru akan mencapai 627,000 unit. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

 

  • Jam 21:30 WIB: data persediaan minyak untuk industri di AS per 19 Oktober 2018 (Berdampak medium-tinggi pada WTI/USD dan CAD).

Data ini dirilis tiap minggu oleh Energy Information Administration (EIA) AS, dan disebut juga dengan Crude Stocks atau Crude Levels, yang mengukur perubahan jumlah persediaan minyak mentah (dalam satuan barel) untuk industri di AS. Meski indikator ini dirilis oleh AS, tapi bisa berdampak juga pada CAD, mengingat impor sebagian minyak mentah AS berasal dari Kanada. Indikator ini juga akan mempengaruhi harga minyak di AS dan akan berdampak pada tingkat inflasi.


24-25 Oktober 2018: Suku Bunga BoC Dan

 

Minggu lalu, persediaan minyak untuk industri bertambah 6.49 juta barel, jauh lebih tinggi dari perkiraan bertambah 1.60 juta barel, dan rilis minggu sebelumnya yang bertambah 5.99 juta barel. Untuk minggu ini, persediaan minyak diperkirakan akan bertambah 3.55 juta barel.

Jika persediaan minyak di AS lebih tinggi dari perkiraan, maka harga WTI/USD akan cenderung melemah karena diasumsikan permintaan akan berkurang. Sebaliknya jika lebih rendah dari perkiraan, maka harga WTI/USD akan cenderung menguat karena diasumsikan permintaan akan meningkat.

Namun demikian, persediaan minyak di AS hanya salah satu faktor yang menggerakkan harga minyak dunia. Yang paling berdampak adalah kebijakan negara-negara penghasil minyak mengenai kuota produksi, pernyataan pejabat negara penghasil minyak, dan situasi politik di Timur Tengah. Rilis data persediaan minyak di AS tidak bisa dipastikan akan selalu mempengaruhi harga minyak dunia.

 

  • Jam 22:15 WIB: konferensi pers BoC yang dihadiri Gubernur Stephen Poloz dan Deputi Gubernur Carolyn Wilkins (Berdampak tinggi pada CAD).


24-25 Oktober 2018: Suku Bunga BoC Dan

Konferensi pers BoC bisa dipantau di sini.

 

Kamis, 25 Oktober 2018:

  • Jam 00:00 WIB: pidato anggota FOMC Raphael Bostic (Berdampak medium pada USD).

Presiden Federal Reserve Bank of Atlanta yang juga anggota FOMC, Raphael Bostic, dijadwalkan berbicara dalam acara Louisiana State University Energy Summit di Baton Rouge. Isi pidato Bostic bisa dibaca di sini.

 

  • Jam 00:10 WIB: pidato anggota FOMC Loretta Mester (Berdampak medium pada USD).

Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland yang juga anggota FOMC, Loretta Mester, dijadwalkan berbicara di Forecaster's Club, New York. Isi pidato Mester bisa dibaca di sini.

 

  • Jam 04:45 WIB: data neraca perdagangan Selandia Baru bulan September 2018 (Berdampak medium-tinggi pada NZD).

Pemasukan dari hasil perdagangan internasional sangat penting bagi perekonomian Selandia Baru. Negara ini mengandalkan hasil produk pertanian dan makanan olahan untuk diekspor, sementara impornya terbatas pada energi, mesin-mesin, tekstil, dan plastik. Partner dagang utamanya adalah Australia, China, AS, Uni Eropa, dan Jepang.

Indikator ini mengukur perbedaan total nilai impor dan ekspor dalam periode waktu satu bulan, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (year over year atau y/y).

Jika nilai total ekspor lebih besar dari nilai total impor, maka neraca perdagangan mengalami surplus. Sebaliknya jika nilai total impor lebih besar dari ekspor, maka perdagangan mengalami defisit. Perdagangan yang surplus akan menyebabkan permintaan mata uang NZD meningkat.


24-25 Oktober 2018: Suku Bunga BoC Dan

 

Perdagangan Selandia Baru bulan Agustus lalu mengalami defisit sebesar NZD1.48 milliar (y/y), lebih tinggi dari perkiraan defisit NZD0.93 milliar, dan merupakan rekor defisit tertinggi sejak data ini dirilis tahun 1951. Pada bulan Agustus 2018, ekspor y/y naik 9.9% ke NZD4.05 milliar, sementara impor y/y juga naik 13.9% ke NZD5.54 milliar.

Untuk bulan September 2018, diperkirakan perdagangan Selandia Baru y/y akan kembali defisit sebesar NZD1.37 milliar. Defisit yang lebih rendah dari perkiraan atau bahkan surplus akan cenderung menyebabkan NZD menguat.

 

  • Jam 06:00 WIB: pidato anggota FOMC Lael Brainard (Berdampak medium pada USD).

Lael Brainard dijadwalkan berbicara di acara 2018 Visionary Awards Ceremony di New York. Isi pidato Brainard bisa dibaca di sini.



Keterangan: Update kabar terakhir terkait indikator fundamental bisa diperoleh di Berita Forex Seputarforex.

Arsip Analisa By : Martin

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.

Pair Rate    
AUD/JPY 74.62 74.62 4
AUD/USD 0.6877 0.6877 1
EUR/CHF 1.1198 1.1198 2
EUR/USD 1.1195 1.1195 1
GBP/JPY 136.26 136.26 7
GBP/USD 1.2559 1.2559 2
NZD/USD 0.6532 0.6532 3
USD/CAD 1.3378 1.3378 1
USD/CHF 1.0003 1.0003 2
USD/JPY 108.49 108.49 5
19 Jun 06:10