5-6 Nopember 2015 : BoE Meeting, Jobless Claims AS, CPI Swiss

252388

Peristiwa berdampak hari ini adalah konperensi pers BoE yang dihadiri Mark Carney, notulen meeting BoE dan pidato para anggota FOMC.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Kamis, 5 Nopember 2015 :
Jam 14:00 WIB
: data Factory Orders Jerman bulan September 2015 (Berdampak medium pada EUR)
Indikator ini dirilis tiap bulan dan mengukur persentasi perubahan volume pembelian produk-produk manufaktur dan industri Jerman dibandingkan bulan sebelumnya. Data ini merupakan indikator awal bagi output produksi Jerman yang akan mempengaruhi pertumbuhan. Bulan Agustus lalu Factory Orders Jerman turun 1.8% (atau -1.8%), lebih rendah dari perkiraan yang akan naik 0.5% tetapi lebih tinggi dari bulan Juli yang turun 2.2% (atau -2.2%). Untuk bulan September 2015 diperkirakan Factory Orders akan kembali naik 1.1%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan EUR.

Jam 15:15 WIB: data Consumer Price Index (CPI) Swiss bulan Oktober 2015 (Berdampak medium-tinggi pada CHF)
CPI adalah indikator utama guna mengukur tingkat inflasi di Swiss, dan karena perekonomian Swiss tidak sebesar negara-negara mata uang utama lainnya, maka data yang dirilis adalah CPI total (termasuk konsumsi makanan dan bahan bakar) dan tidak ada kategori CPI inti (Core CPI) seperti pada umumnya negara lain. Sama dengan tetangganya kawasan Euro, saat ini deflasi sedang melanda Swiss. Rilis data berupa perubahan CPI dibandingkan bulan sebelumnya (m/m) dan dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya (y/y). Yang berdampak tinggi adalah data inflasi tahunan atau CPI total y/y.

                     5-6 Nopember 2015 : BoE Meeting, Jobless Claims

Bulan September lalu inflasi tahunan Swiss kembali turun 1.4% (atau -1.4%), sesuai dengan perkiraan dan sama dengan bulan Agustus (yang terendah sejak tahun 1959), sementara untuk basis bulanan (m/m) CPI total naik 0.1%, sesuai dengan perkiraan dan yang tertinggi dalam 3 bulan terakhir akibat naiknya harga pakaian dan furnitur. Untuk bulan Oktober 2015 diperkirakan CPI total y/y akan kembali turun 1.4% (atau -1.4%) sementara untuk m/m akan stagnan atau 0.0%. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan CHF menguat.

Jam 17:00 WIB: prediksi perekonomian negara-negara Uni Eropa (Berdampak medium pada EUR)
Prediksi ini dibuat oleh European Commission dan dirilis tiga kali dalam setahun. Berisi mengenai perkiraan kondisi ekonomi negara-negara anggota Uni Eropa dalam dua tahun mendatang. Prediksi dibuat guna evaluasi kinerja masing-masing anggota dan trend perekonomian Uni Eropa kedepan. Prediksi yang menjanjikan perekonomian yang lebih baik akan cenderung mendukung penguatan mata uang Euro.

Jam 18:45 WIB: pidato presiden European Central Bank (ECB) Mario Draghi (Berdampak medium pada EUR)
Mario Draghidijadwalkan berbicara di Catholic University of the Sacred Heart, di Milan.

Jam 19:00 WIB: laporan inflasi Bank of England (BoE) (Berdampak tinggi pada GBP)
Laporan mengenai proyeksi inflasi dan pertumbuhan ekonomi Inggris yang dibuat oleh BoE ini dirilis per kwartal dan selalu dicermati oleh pelaku pasar. Disebut juga dengan Quarterly Inflation Report (QIR). Selain tingkat inflasi, BoE juga memberikan pandangan mengenai pertumbuhan ekonomi Inggris untuk 2 tahun mendatang dan kebijakan moneter yang mungkin dijalankan.
Inflation Report per bulan Nopember 2015 ini bisa diunduh disini.

Jam 19:00 WIB
: hasil meeting Bank of England (BoE) : (Berdampak tinggi pada GBP)
1. data Asset Purchase Facility BoE bulan Nopember 2015
Asset Purchase Facility BoE  adalah target pembelian asset oleh BoE. Data ini berkaitan dengan program quantitative easing dari BoE, yaitu jumlah dana total yang akan digunakan oleh BoE untuk membeli asset-asset di pasar terbuka. Analis memperkirakan untuk bulan Nopember 2015 ini jumlahnya akan tetap sebesar patokan £375 milyard yang telah berjalan sejak Juli 2012. Jika terjadi perubahan maka akan diumumkan oleh Monetary Policy Committee (MPC) bersamaan dengan pengumuman suku bunga, dan jika hasil rilis lebih rendah dari sebelumnya, maka GBP akan cenderung menguat, dan sebaliknya.

2. pengumuman suku bunga dan Monetary Policy Summary BoE bulan Nopember 2015
Penentuan suku bunga dilakukan dengan cara voting diantara para anggota MPC. BoE telah merivisi turun proyeksi pertumbuhan ekonomi Inggris untuk kwartal ke 3 tahun ini dari 0.7% ke 0.6%. Analis memperkirakan bulan Nopember ini BoE akan tetap mempertahankan suku bunga acuannya sebesar 0.50% yang telah berlaku sejak 8 Oktober 2009 dan merupakan rekor terendah dalam sejarah BoE. Jika diluar dugaan BoE menaikkan suku bunga maka GBP akan menguat, dan jika terjadi perubahan tingkat suku bunga maka bank sentral akan mengumumkan Rate Statement yang diterbitkan oleh MPC.
Rilis Asset Purchase Facility dan suku bunga bisa dilihat disini.
Monetary Policy Summary bisa dilihat disini.

Jam 19:00 WIB
: rilis notulen meeting BoE hari ini (5 Nopember 2015) (Berdampak tinggi pada GBP)
Selain penetapan suku bunga dan pembelian asset, rapat MPC juga dimaksudkan untuk memperoleh gambaran dalam menetapkan suku bunga berikutnya. Notulen meeting antara lain berupa hasil voting untuk target pembelian asset dan penentuan suku bunga. Dirilis dengan format: X1-X2-X3, dimana X1 menunjukkan jumlah anggota yang setuju kenaikan pembelian asset atau kenaikan suku bunga, X2 adalah jumlah anggota yang setuju penurunan pembelian asset atau penurunan suku bunga, dan X3 jumlah anggota yang tidak ingin ada perubahan.

Pada meetings sebelumnya (8 Oktober 2015) hasil voting untuk suku bunga adalah 1-0-8 dan untuk pembelian asset adalah 0-0-9. Untuk meeting hari ini diperkirakan tidak berubah, tetap 0-0-9 untuk pembelian asset dan 1-0-8 untuk suku bunga atau ada seorang anggota MPC yang setuju kenaikan suku bunga. Jika anggota MPC yang setuju pada kenaikan suku bunga lebih banyak dari perkiraan maka GBP akan cenderung menguat.
Hasil rilis notulen meetings hari ini bisa dilihat disini.

Jam 19:45 WIB: konperensi pers BoE yang dihadiri gubernur Mark Carney (Berdampak tinggi pada GBP)
Gubernur Carney akan mengadakan konperensi pers bersama dengan para anggota MPC 45 menit setelah meetings untuk menjelaskan alasan penetapan suku bunga dan pembelian asset bulan Nopember ini, serta proyeksi inflasi beberapa bulan kedepan dan kemungkinan BoE untuk menaikkan suku bunga acuan. Jika Carney cenderung hawkish dan memberi isyarat waktu kenaikan suku bunga maka GBP akan menguat.

Jam 20:30 WIB
: data Jobless Claims AS per 31 Oktober 2015 (Berdampak tinggi pada USD)
Jobless Claims mengukur jumlah klaim tunjangan pengangguran selama minggu lalu, dan merupakan data fundamental paling awal yang berhubungan dengan jumlah tenaga kerja. Data Jobless Claims juga indikator awal bagi pengeluaran konsumen yang akan mempengaruhi tingkat inflasi. Ada 2 data yaitu Initial Jobless Claims dan Continuing Jobless Claims. Initial Jobless Claims mengukur jumlah mereka yang baru pertama kali menerima tunjangan pengangguran dan lebih berdampak. Indikator Jobless Claims biasanya mengacu pada data initial.

                     5-6 Nopember 2015 : BoE Meeting, Jobless Claims

Minggu lalu Jobless Claims AS kembali naik 1,000 klaim ke 260,000 klaim, lebih rendah dari perkiraan 264,000 tetapi tertinggi dalam 3 minggu terakhir, sementara klaim rata-rata 4 mingguan turun 4,000 ke angka 259,250 klaim, terendah sejak 15 Desember 1973. Data tersebut menunjukkan pasar tenaga kerja yang masih solid. Untuk minggu ini diperkirakan klaim tunjangan pengangguran akan kembali naik 3,000 ke 263,000 klaim. Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Jam 20:30 WIB
: pidato anggota FOMC William Dudley (Berdampak medium pada EUR)
Presiden Federal Reserve Bank of New York William Dudley dijadwalkan berbicara pada acara pembukaan Workshop on Progress and Challenges, di New York.

Jam 21:10 WIB: pidato anggota FOMC Stanley Fischer (Berdampak medium pada EUR)
Stanley Fischer dijadwalkan berbicara pada panel diskusi Workshop on Progress and Challenges, di New York.

Jam 21:00 WIB: indeks Ivey PMI Canada bulan Oktober 2015 (Berdampak medium pada CAD)
Indikator yang juga disebut dengan Canada Business Confidence ini sama dengan indeks Manufacturing PMI yang dirilis oleh Markit, hanya saja untuk Canada dibuat dan dirilis oleh Richard Ivey School of Business. Indeks ini dibuat berdasarkan hasil survey terhadap 175 purchasing manager di seluruh Canada mengenai kondisi ekonomi dan bisnis saat ini hingga didapatkan gambaran prospek perekonomian kedepan. Oleh karena itu indikator ini penting bagi investor dan para pelaku bisnis dan sering dianggap sebagai leading indicator. Angka rilis diatas 50.0 menunjukkan ekspansi sektor industri, dan dibawah angka 50.0 menunjukkan terjadinya kontraksi.

                    5-6 Nopember 2015 : BoE Meeting, Jobless Claims

Bulan September lalu indeks Ivey Canada berada pada angka 53.7, lebih rendah dari perkiraan 54.1 dan bulan Agustus yang 58.0. Untuk bulan Oktober 2015 diperkirakan indeks akan berada pada angka 54.0. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan CAD.

Jum’at, 6 Nopember 2015 :
Jam 01:30 WIB
: pidato anggota FOMC Dennis Lockhart (Berdampak medium pada EUR)
Presiden Federal Reserve Bank of Atlanta Dennis Lockhart dijadwalkan berbicara pada Joint Central Bank Conference, in Bern.
 
Jam 07:30 WIB: statement kebijakan moneter Reserve Bank of Australia (RBA) (Berdampak medium-tinggi pada AUD)
Dirilis setiap kwartal dan berisi mengenai ekspektasi kondisi perekonomian Australia dan tingkat inflasi. Jika statement dianggap hawkish maka AUD akan cenderung menguat, dan sebaliknya.
Rilis statement bulan Nopember 2015 bisa dibaca disini.

Arsip Analisa By : Martin

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.

Pair Rate    
AUD/JPY 74.28 74.28 -2
AUD/USD 0.6841 0.6841 9
EUR/CHF 1.0951 1.0951 -10
EUR/USD 1.1060 1.1060 -44
GBP/JPY 142.63 142.63 -49
GBP/USD 1.3137 1.3137 -23
NZD/USD 0.6567 0.6567 20
USD/CAD 1.3256 1.3256 75
USD/CHF 0.9901 0.9901 30
USD/JPY 108.58 108.58 -17
7 Dec 04:59