Analisa AUD/NZD: Trendline Daily Menunggu Berita Dari RBA

289587

Kondisi AUD/NZD sedang bullish karena data perdagangan dan ekspor China meningkat. Peluang entry menggunakan garis trendline Daily menunggu berita dari RBA Jumat besok.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Fundamental

Dampak dari perang dagang AS-China rupanya juga menimpa Dolar Australia. Hal ini disebabkan karena China merupakan pasar ekspor utama Australia. Data perdagangan China Bulan Juli berada pada surplus dengan ekspor menunjukkan lonjakan yang kuat, sehingga menopang pemulihan Dolar Australia.

Reserve Bank of Australia (RBA) belum memutuskan kebijakan penurunan suku bunga seperti yang telah dilakukan oleh bank sentral lainnya seperti The FED dan RBNZ. RBA sedang dalam mode wait and see terhadap kondisi ketidakpastian global. Jika ada peningkatan ketegangan global, bukan mustahil RBA membuat kebijakan terbaru untuk menghadapi perubahan kondisi yang terjadi.

Sementara itu, Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) telah memangkas suku bunga sebesar 0.5%, lebih besar daripada forecast 0.25%. Alhasil, market bergerak sangat bearish dalam waktu beberapa jam saja. Tidak hanya itu, Gubenur RBNZ telah menyatakan bahwa suku bunga negatif dapat mungkin terjadi. Pernyataan tersebut dinilai sangat dovish untuk perkembangan Dolar New Zealand ke depan.

Terdapat beberapa berita penting untuk pasangan mata uang Dolar Australia vs Dolar New Zealand (AUD/NZD) seperti yang terlihat di kalender ekonomi. Jumat besok, akan ada berita penting berdampak besar dari pidato Gubenur Bank Sentral Australia Lowe pukul 07:30 WITA, dan pernyataan kebijakan moneter bank sentral Australia pukul 09:30 WITA. Kedua berita ini bisa menjadi penggerak AUD/NZD.

 

Analisa Teknikal

Dari segi teknikal, terdapat peluang entry berdasarkan metode trendline Daily. Diperlukan konfirmasi untuk memastikan apakah harga akan reversal di trendline atau breakout. Simak penjelasan berikut untuk lebih detail.

 

AUD/NZD Dailly

Pada grafik Daily, kondisi Downtrend masih terjadi. Hal ini ditunjukkan oleh gelombang Downtrend yang masih berlangsung. Trendline ditarik dari Top ke Top, sehingga mendapatkan proyeksi di mana harga akan pantul. Trendline ini dipadukan dengan Support and Resisten (S&R) yang sebelumnya sudah terjadi. Terlihat area harga 1.0510 merupakan titik proyeksi dari garis trendline Daily.

AUD/NZD Daily

 

AUD/NZD H4

Pada grafik H4, terdapat area pantul yang merupakan paduan dari trendline dan Resisten. Area Resisten 1.0510 - 1.0540 adalah area yang menjadi penentu apakah harga akan berbalik (reversal) melanjutkan Downtrend, atau malah breakout dan menjadi trend naik. Konfirmasi Top diperlukan untuk mengambil posisi di area ini.

AUD/NZD H4

 

Kesimpulan

Berdasarkan analisa fundamental dan teknikal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penguatan AUD/NZD terjadi karena faktor-faktor berikut:

  • Data perdagangan China Bulan Juli berada pada surplus dengan ekspor menunjukkan lonjakan yang kuat.
  • Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) atau bank sentral New Zealand telah memangkas suku bunga sebesar 0.5% lebih besar daripada forecast sebesar 0.25%.

Sementara pergerakan harga AUD/NZD jika dilihat dari chart di atas, maka dapat disimpulkan:

  • Trendline Daily yang ditarik dari Top ke Top yang dipadukan Resisten sebelumnya menujukkan potensi perubahan harga di area 1.0510 - 1.0540.

 

Rekomendasi AUD/NZD

Untuk melakukan buy atau sell di area 1.0510 - 1.0540, diperlukan konfirmasi dari teknikal dan fundamental.

  • Sell: Jika news AUD memberikan sentimen bearish, seperti mengisyaratkan pemotongan suku bunga atau menerapkan pelonggaran kebijakan moneter. Dari segi teknikal, terdapat pola Bearish Engulfing atau Pin Bar yang menunjukkan harga akan reversal di trendline.
  • Buy: jika news AUD memberikan sentimen bullish, seperti tidak mengisyaratkan pemotongan suku bunga atau akan melakukan pengetatan kebijakan moneter. Dari segi teknikal, entry diambil jika terbentuk candlestick bullish dengan body yang menembus trendline.

 

Perhatian:

  1. Entry hanya ketika konfirmasi telah terjadi.
  2. Selalu gunakan Money Management yang baik (1-2% risiko per transaksi).
  3. Close posisi segera mungkin (Emergency Exit) apabila harga membentuk candlestick Reversal (Engulfing, Piercing Line, Long Shadow) yang berlawanan dengan arah posisi.

Semoga analisa ini membantu para pembaca untuk melihat pergerakan harga dan mengambil keputusan transaksi.

Terima kasih

Arsip Analisa By : Rizki Rosadi

Sudah aktif dalam dunia trading sejak 2012 dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Awal mula trading dengan menggunakan EA, dan akhirnya pada 2014 fokus trading manual dengan terus riset pada metode trading. Saat ini, saya merupakan seorang Discretionary Trader yang menggunakan Trend Following dengan metode breakout.

Pair Rate    
AUD/JPY 73.61 73.61 -5
AUD/USD 0.6793 0.6793 0
EUR/CHF 1.1005 1.1005 4
EUR/USD 1.1030 1.1030 -7
GBP/JPY 136.62 136.62 -55
GBP/USD 1.2607 1.2607 -43
NZD/USD 0.6329 0.6329 -10
USD/CAD 1.3203 1.3203 5
USD/CHF 0.9977 0.9977 10
USD/JPY 108.36 108.36 -7
14 Oct 07:10