Analisa EUR/USD: Bearish Engulfing Weekly

289724

Pelemahan EUR/USD utamanya didorong oleh perlambatan ekonomi zona Euro dan Dolar AS yang masih perkasa. Bearish engulfing Weekly menandakan peluang bearish masih besar.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Fundamental

Laporan bulanan yang baru diterbitkan oleh Bundesbank Jerman mencatat bahwa kinerja ekonomi secara keseluruhan sedikit mengalami penurunan. Anggota Dewan ECB, Muller, mengakui bahwa ekonomi Zona Euro terlalu lemah dan stimulus lebih lanjut dapat diputuskan pada bulan September. Pihak Jerman mengaku telah menyiapkan langkah-langkah stimulus fiskal untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya krisis. Didorong oleh rendahnya inflasi dan melambatnya pertumbuhan ekonomi, peluang QE yang akan dilakukan oleh ECB pun semakin terbuka.

Di sisi lain, Dolar AS menghadapi masalah yang tak kalah pelik; adanya isu pemotongan suku bunga didukung oleh polemik perang dagang AS-China yang tak kunjung menemui titik temu Berita berdampak besar minggu ini yang akan mempengaruhi nilai tukar Euro adalah rilis data French Flash Services PMI, French Flash Manufacturing PMI, German Flash Services PMI, German Flash Manufacturing PMI, Euro Flash Services PMI, Euro Flash Manufacturing PMI dan ECB Monetary Policy Meeting Accounts.

Sedangkan berita minggu ini yang mempengaruhi nilai tukar Dolar AS adalah Pidato Quarles Fed, rilis data Public Sector Net Borrowing, FOMC Meeting Minutes, Flash Manufacturing PMI, dan Pidato Ketua Fed Powell. Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada kalender ekonomi di sini.

 

Analisa Teknikal

Dari segi teknikal, kondisi bearish masih dominan. Kondisi ini ditunjukkan oleh gelombang Downtrend di time frame Weekly dan Daily. Candlestick Weekly minggu lalu yang membentuk Bearish Engulfing memberikan peluang adanya pelemahan EUR/USD lebih lanjut. Simak penjelasan berikut untuk lebih detail.

 

EUR/USD Weekly

Pada grafik Weekly, EUR/USD masih terus melemah. Pelemahan dilihat berdasarkan gelombang Downtrend yang masih berlanjut. Terdapat candlestick Bearish Engulfing minggu lalu, yang menandakan tekanan seller masih kuat dan pelemahan kemungkinan besar berlanjut.

EUR/USD Weekly

 

EUR/USD Daily

Pada grafik Daily, kondisi bearish juga masih berlanjut. Setelah sebelumnya membentuk Top terakhir di 1.2173, harga kemudian menguji Support 1.1075.

EUR/USD Daily

 

EUR/USD H4

Pada grafik H4, terlihat bagaimana skenario apabila minggu ini harga kembali bearish melanjutkan Downtrend Weekly dan Daily. Area sell menggunakan Fibonacci Retracement 38.2% - 61.8% untuk mengukur panjang koreksi yang akan terjadi. Posisi sell diambil ketika terjadi konfirmasi Top di area 1.1136 - 1.1179.

EUR/USD H4

 

Kesimpulan

Berdasarkan analisa fundamental di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pelemahan EUR/USD terjadi karena faktor-faktor berikut:

  • Pelemahan ekonomi zona Euro mulai berlanjut.
  • Nilai tukar Dolar AS yang masih perkasa.

Sementara dari analisa teknikal, maka dapat disimpulkan:

  • Kondisi bearish masih mendominasi. Terbentuk Bearish Engulfing pada time frame Weekly minggu lalu, sehingga peluang harga melanjutkan pelemahan masih besar.

 

Rekomendasi EUR/USD

Untuk mengambil posisi sell atau buy, diperlukan konfirmasi dari teknikal dan fundamental.

  • Sell: data ekonomi Perancis, German dan Euro melemah atau laporan ekonomi AS menguat. Secara teknikal, entry sell apabila terbentuk konfirmasi Top di area FR 38.2 - 61.8%.
  • Buy: data ekonomi Perancis, German dan Euro menguat atau laporan ekonomi AS melemah. Secara teknikal, buy bisa diambil apabila harga berhasil break Top sebelumnya di 1.1245.

 

Perhatian:

  1. Entry hanya ketika konfirmasi telah terjadi.
  2. Selalu gunakan Money Management yang baik (1-2% risiko per transaksi).
  3. Close posisi segera mungkin (Emergency Exit) apabila harga membentuk candlestick Reversal (Engulfing, Piercing Line, Long Shadow) yang berlawanan dengan arah posisi.

Semoga analisa ini membantu para pembaca untuk melihat pergerakan harga dan mengambil keputusan transaksi.

Terima kasih

Arsip Analisa By : Rizki Rosadi

Sudah aktif dalam dunia trading sejak 2012 dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Awal mula trading dengan menggunakan EA, dan akhirnya pada 2014 fokus trading manual dengan terus riset pada metode trading. Saat ini, saya merupakan seorang Discretionary Trader yang menggunakan Trend Following dengan metode breakout.

Pair Rate    
AUD/JPY 74.19 74.19 -1
AUD/USD 0.6818 0.6818 -3
EUR/CHF 1.0947 1.0947 9
EUR/USD 1.1062 1.1062 10
GBP/JPY 140.67 140.67 30
GBP/USD 1.2928 1.2928 25
NZD/USD 0.6402 0.6402 0
USD/CAD 1.3218 1.3218 -6
USD/CHF 0.9896 0.9896 -1
USD/JPY 108.81 108.81 3
18 Nov 09:10