Advertisement

iklan

AS Tembak Drone Iran, Emas Lompat Ke Level Tertinggi 6 Tahun

289313

Emas kembali mencatatkan rekor harga tertinggi di tengah memanasnya tensi Timur Tengah, khususnya antara AS dan Iran.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Fundamental

Sempat diperdagangkan tertekan pada Kamis (18/Juli) karena positifnya data ekonomi AS, kabar bahwa militer AS menembak jatuh drone Iran di Selat Hormuz memicu rebound pada harga emas. Insiden ini dipandang Presiden AS Donald Trump sebagai tindakan defensif. Tidak diketahui apakah drone itu dipersenjatai, tetapi juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman, mengatakan bahwa drone tersebut berada dalam jarak yang mengancam sebelum ditembak jatuh.

Dalam berita lain, Presiden The Fed John Williams mengatakan bahwa The Fed akan segera mengambil "tindakan pencegahan" untuk mendukung perekonomian AS. Pernyataannya tersebut semakin meningkatkan ekspektasi bahwa The Fed akan bertindak agresif terkait pelonggaran moneternya. Meskipun demikian, The Fed New York memberikan klarifikasi bahwa pernyataan Williams bukan merupakan indikasi langkah bank sentral di masa depan.

 

Analisa Teknikal

AS Tembak Drone Iran, Emas Lompat Ke

Harga emas yang masih berada di atas garis SMA 50, SMA 100, dan SMA 200 mengindikasikan bahwa emas tengah bullish kuat. Selain itu, harga di sekitar Support 1440.23 diperkirakan masih berpotensi naik ke sekitar Resistance 1451.29 dalam jangka pendek.

 

Rekomendasi

  • Entry Buy: 1440.23
  • Take Profit: 1451.29
  • Stop Loss: 1433.38
Arsip Analisa By : Rama Anandhita

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.