OctaFx

iklan

Data Ketenagakerjaan AS Hentikan Tren Negatif Emas

287678

Harga diperkirakan masih akan bergerak menguat terbatas, sebelum kembali melanjutkan tren bearishnya.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Fundamental

Sempat terseok-seok pada awal perdagangan pekan ini, pergerakan harga emas berhasil ditutup pada teritori positif pada akhir perdagangan Jumat (8 Maret) kemarin. Mengecewakannya data tenaga kerja Amerika Serikat menjadi katalis positif yang mengangkat harga emas.

Selain itu, kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi yang terjadi di Zona Eropa serta China, juga menjadi katalis positif tambahan bagi pergerakan harga emas.

Dari Zona Eropa, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Kamis (7 Maret) sebelumnya menyatakan bahwa ekonomi Zona Eropa berada pada "pelemahan yang berkelanjutan, serta ketidakpastian yang menyebar".

Menyusul kekhawatiran ECB, China juga merilis sebuah data ekonomi yang menunjukkan bahwa ekspor Negeri Tirai Bambu tersebut mengalami penurunan sekitar 20% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, di mana hal tersebut adalah penurunan terbesar sejak tahun 2016 lalu. Di saat yang bersamaan, China juga melaporkan bahwa impor mengalami penurunan sebesar 5.2%.

 

Analisa Teknikal

Data Ketenagakerjaan AS Hentikan Tren

Harga emas kembali diperdagangkan di sekitar level psikologisnya pada level 1,300, dan diperkirakan masih akan bergerak menguat terbatas menuju sekitar resistance. Meskipun demikian, harga emas secara umum masih rawan terkoreksi, terutama jika harga gagal menembus level resistance.

 

Rekomendasi

  • Entry Sell: 1306.04-1321.58
  • Take Profit: 1265.34
  • Stop Loss: 1346.74
Arsip Analisa By : Rama Anandhita

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.