OctaFx

iklan

Dolar Sedikit Menguat, Buat Emas Kembali Di Bawah Level 1300

280609

Secara teknikal, harga emas kini kembali tertahan pada jalur sempit di antara level 1288 hingga 1300. Berikut ulasan latar fundamental dan outlook pergerakan selanjutnya.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas bergerak stagnan pada sesi perdagangan Senin kemarin dan akhirnya bergerak melemah setelah Dolar mengalami penguatan tipis semalam. Dolar AS sedikit menguat, namun ketidakpastian mengenai langkah dan cakupan kenaikan suku bunga AS melebihi bulan Desember membuat logam kuning selalu berada di dekat level kunci 1300 untuk sesi kedua secara berturut-turut.

Dolar AS merangkak naik setelah Indeks Manufaktur Empire State naik ke level tinggi dalam tiga tahun. Namun, pergerakan greenback langsung terkoreksi setelah beberapa saat dan membuat laju pergerakannya tertahan pada Senin kemarin.

Pada hari Minggu, Ketua Federal Reserve Janet Yellen kembali membuka kemungkinan kenaikan suku bunga lainnya di tahun 2017, sementara pasar juga terus memantau perkembangan upaya kemerdekaan Catalan. Sementara itu, Indeks Dolar ICE dan Indeks Dolar WSJ diperdagangkan 0.1% lebih tinggi. Pekan lalu, kedua indeks tersebut turun 0.8%.

Sedangkan dari tinjauan teknikal, emas kini kembali tertahan pada jalur sempitnya, yaitu bergerak di antara level 1288 hingga 1300. Perhatikan chart Daily berikut ini. Secara keseluruhan, indikator teknikal RSI dan OsMA masih menunjukkan sentimen bullish. Namun demikian, penetrasi yang dilakukan Jumat minggu lalu nampaknya belum terkonfirmasi.

XAUUSD Daily

Nyatanya, XAU/USD kembali retest level 1300 dan bergerak di bawahnya. Tidak hanya itu, pada candle harian kemarin yang membentuk pola candle Tweezer Top (grey circle) agaknya dapat menjadi pertimbangan bahwa level 1300 ini adalah level kuat untuk saat ini dan menjadi petunjuk untuk pergerakan emas selanjutnya. Sehingga dengan kata lain dari sisi teknikal, logam ini masih memerlukan upaya dan waktu lebih lagi untuk berada pada jalur naik.

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1293 kembali.

XAUUSD H1

Pergerakan yang dihasilkan kemarin ternyata membuat harga logam mulia ini kembali jatuh di bawah level 1300. Memang, penetrasi yang telah dilakukan pada Jumat kemarin, secara teknikal belum terlalu signifikan dan rentan untuk terjadi pullback atau retest.

Hingga saat analisa ini ditulis, logam ini kembali bergerak di dalam koridor sideways antara level support 1288 dan level resisten 1300. Seperti yang telah diulas dalam analisa sebelumnya, "Outlook Teknikal Emas: Tertahan Sideways Di Area Support Dan Resisten" bahwa emas bergerak dalam zona sideways jika berada dalam range tersebut. Sebelum menemukan dan menembus titik kunci selanjutnya, emas akan terus berkonsolidasi didalam range tersebut. Oleh karena itu, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk hari ini adalah NETRAL.

Namun, ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point. Berikut skenario dan entry poin yang dapat dilakukan.

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1293 yang sedang berkonsolidasi di antara level kunci 1300 dan level support 1288. Untuk eksekusi Buy, sebaiknya tunggu harga benar-benar sudah di atas level 1300. Tunggu level tersebut terbuka terlebih dahulu agar terhindar dari market sideways (ranging) yang cenderung menghasilkan false signal. Oleh karena itu, posisi Buy dapat dibuka setelah level tersebut dilalui dengan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action yang ada. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya pair ini akan menguji level selanjutnya pada 1308.43. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.
  2. Perhatikan juga level support pada level 1288. Sama seperti ulasan sebelumnya saat harga berada pada zona sideways ini bahwa posisi sell yang aman bisa dilakukan setelah menembus level 1288 dan terkonfirmasi tentunya. Jika terlihat upaya dari seller untuk mendekati atau bahkan menembus level ini, maka ada indikasi bahwa harga kembali melemah. Jika seller mampu menekan kembali sehingga level ini tertembus dan terkonfirmasi sehingga membuat logam ini tertekan, maka posisi Sell dapat dibuka. Dengan kata lain, posisi Sell hanya dapat dibuka di bawah level 1288. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat, dengan Take Profit dapat diletakkan pada level 1281.15.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1314.50
R2 : 1308.43
R1 : 1300
Pivot : 1294.87
S1 : 1288
S2 : 1281.15
S3 : 1274.72

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.