Advertisement

iklan

Emas Bearish Pasca Rusia Hentikan Pembelian

Meski Corona semakin parah, emas masih dalam kondisi tertekan. Selain itu, laporan penundaan pembelian emas oleh Rusia mulai hari ini memicu spekulasi yang kian menekan harga emas.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Analisa Fundamental

Harga emas ditutup melemah 2.82% akibat adanya spekulasi bahwa Rusia akan merubah posisinya dari pembeli emas terbesar menjadi penjual emas. Sentimen ini dipicu oleh munculnya laporan bahwa Rusia akan menghentikan pembelian emasnya sementara mulai hari ini.

Dalam beberapa pekan terakhir, harga emas juga terus berada di bawah tekanan meski wabah virus Corona kian memburuk. Banyaknya investor yang melikuidasi posisi beli emas untuk menutup kerugian di pasar saham adalah salah satu faktor yang menyebabkan pelemahan pada emas.

 

Analisa Teknikal

Rusia Hentikan Pembelian Emas, Harga

Tren harga emas yang ditunjukkan oleh indikator MACD tampak bearish. Adapun Golden Cross yang terjadi di awal sesi perdagangan hari ini hanya mengindikasikan koreksi, terlebih karena MACD masih berada di bawah zero line. Dari sisi S/R, pergerakan harga emas juga tengah mencoba koreksi ke sekitar area Resistance 1591.90-1609.00, sebelum kembali bearish ke bawah level 1560.01.

 

Rekomendasi

  • Entry Sell: 1591.90-1609.00
  • Take Profit: 1560.01
  • Stop Loss: 1640.89
Arsip Analisa By : Rama Anandhita
292505

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.

Febri
Utk orang awam macam sy apa artiny ini kak? kami tunda beli emas dl, atau ini saatnya beli, atau malah jual?
Arta Anugrah
Klo brdsarkan chart tsb ya skrg sentimen lg bearish mbak/mas, jd klo bwt trader ya entry sell. Tp klo soal jual beli emas prhiasan, kyk x skrg bs beli aja mmpung murah heheheee