Emas Berada Di Puncak Tertinggi Dalam Satu Tahun

Emas kembali catatkan rekor tertingginya dalam satu tahun, sehingga membuat bias bullish masih solid.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Emas catatkan pergerakan yang luar biasa pada perdagangan kemarin dengan mencetak rekor tertinggi melewati harga tertinggi sejak September tahun lalu. Pergerakan luar biasa tersebut berbanding terbalik dengan dollar yang diperdagangkan rendah, bahkan terendah sejak tahun 2014, sehingga membuat permintaan emas menjadi meningkat.

Dolar merosot ke level terendah tiga tahun terakhir terhadap rivalnya pada hari Rabu setelah menteri keuangan AS mengatakan bahwa dia berharap greenback yang lemah akan membawa dampak yang baik untuk prospek bisnis AS ke depan. Pelemahan Dolar juga seiring kekhawatiran investor tentang agenda proteksionisme Presiden AS Donald Trump.

Berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos pada malam menjelang kedatangan Trump di resor Swiss, Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan bahwa dolar yang lebih lemah positif untuk perdagangan AS. Sehingga, komentar Mnuchin tersebut memberikan pemicu untuk aksi sell-off dollar dan mengangkat naik rivalnya, termasuk emas.

Secara teknikal, pergerakan luar biasa yang terjadi kemarin membuat emas berada di sekitar resisten 1357.16. Indikator teknikal secara umum memberikan pembacaan bullish yang kuat. Indikator OsMA berada di area positif pasca crossover pada perdagangan kemarin yang menandakan sentimen beli mulai muncul kembali. Sedangkan indikator RSI juga menunjukkan sentimen beli, meskipun sedang dalam keadaan overbought.

Jika level resisten 1357.16 dapat dilalui oleh logam ini dan terkonfirmasi, maka secara teknikal akan memungkinkan untuk logam ini menuju resisten selanjutnya. Level resisten selanjutnya yang tampak berada pada level 1389.98. Sedangkan jika melihat kondisi overbought, maka secara teknikal akan memungkinkan potensi rejection pada level resisten 1357.16 ini. Kita lihat saja nanti, apakah emas mampu break kembali level 1357.16 atau malah tertolak dari level tersebut? We’ll see.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1357. Emas catatkan pergerakan luar biasa hingga menyentuh level 1362 pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Tampak dari grafik di atas bahwa emas kini sedang berkonsolidasi pasca rally yang terjadi semalam. Indikator RSI dan Bollinger Band masih tampak terlihat sentimen beli yang solid. Namun, indikator momentum seperti OsMA telah beralih haluan menjadi sinyal jual yang menandakan para buyer telah banyak yang meninggalkan pasar. Dengan demikian, melihat peluang yang ada, maka skenario yang dapat digunakan sebagai acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Skenario utama hari ini yaitu masih mencoba peluang Buy dengan harapan bahwa logam ini akan melanjutkan rally nya. Karena pada umumnya, baik dari indikator teknikal maupun sentimen pasar, keduanya memiliki sentimen bullish. Area acuan yang perlu diperhatikan untuk skenario ini berada pada level resisten sekitar 1364.88. Perhatikan jika harga akhirnya berhasil menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka peluang Buy dapat diambil. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid, maka logam ini akan kembali melanjutkan rallynya hingga menguji level 1374.91. Stop Loss, seperti biasa dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.

  2. Sedangkan sebagai rencana alternatif, level support 1352.15 juga perlu diperhatikan. Level tersebut berfungsi sebagai acuan untuk skenario Sell kali ini. Pasalnya, jika harga kembali menyentuh atau bahkan menembus level tersebut dan terkonfirmasi, maka seller logam ini akan mengambil alih pasar dan membuat logam ini terkoreksi. Maka disarankan untuk mencari peluang Sell yang terkonfirmasi disekitar area level tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika break level tersebut terkonfirmasi. Jika logam ini menembus level tersebut maka logam ini akan terkoreksi minimal pada level 1345.47. Stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1384.11
R2    : 1374.91
R1    : 1364.88
Pivot: 1352.15
S1    : 1345.47
S2    : 1334.10
S3    : 1322.82


*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Putra Deris
Mas mau tanya. Cara mengatasi posisi kuncian yg sdah jauh gmn ya mas? trmksh
Erik Tri Cahyo
Untuk Putra Deris,

Cara mengatasi posisi kunci atau hedge adalah dengan melepas salah kunciannya (posisi) satu persatu, atau dengan cara merealisasikan kerugian yang ada dengan cara membersihkan semua posisi / cutloss. Karena pada dasarnya posisi hedging adalah cara untuk menunda kerugian dan menguncinya agar tidak semakin melebar.

Pada dasarnya, membuka posisi kuncian sama dengan membuka posisi baru. Hanya saja itu resikonya dua kali lebih besar dibandingkan buka posisi baru. Oleh karena itu, untuk melepaskan posisi hedge, dibutuhkan analisa dan keputusan yang tepat sesuai dengan arah market saat ini.

Pasalnya jika meleset, hedge akan semakin lebar dan kerugian semakin membengkak. Belum lagi jika broker yang anda gunakan menerapkan sistem swap dan menarik komisi per transaksi, yang mana itu juga akan membantu melubangi akun trading anda secara perlahan jika masih mempunyai posisi hedge.

Sebenarnya membuka hedge itu sederhana, sama seperti membuka posisi baru yakni jika harga naik maka posisi buy lah yang dipertahankan (sell dibuang). Sebaliknya, jika turun maka posisi sell yang dipertahankan (buy dibuang). Namun sekali lagi, meskipun terdengar sederhana tapi jika prediksi kita meleset maka jarak hedge akan semakin melebar.

Berikut, contoh hedge pair XAU/USD dan cara membukanya:
  • Anda mempunyai Sell 1 lot pada harga 1300 dan anda terkena hedge dengan mengambil posisi Buy pada 1350. Sehingga anda terkena hedge dengan jarak minus 50 poin (1300-1350) dan kerugian anda saat ini yaitu -$5000 ($100x50).
  • Harga saat ini dikisaran 1355, dan menurut prediksi anda harga akan turun jika melewati level support 1352 sehingga anda akan bersiap untuk bearish pada pair ini.
  • Karena harga telah menembus 1352 dan berada di 1350, maka anda akan bearish di harga 1350 dengan cara melepas / close posisi Buy anda di harga tersebut.
  • Setelah anda lepas posisi Buy anda, maka posisi yang tersisa adalah Sell 1 lot pada 1300.
  • Prediksi anda ternyata tepat! Harga menyentuh level support 1338 dan anda melihat ada potensi rebound di level tersebut sehingga anda memilih untuk hedge kembali posisi anda (ambil Buy kembali sebanyak 1 lot) diharga 1338 tersebut.
  • Sehingga posisi anda saat ini yaitu Sell 1 lot pada 1300 dan Buy 1 lot pada 1338. Dan kondisi jarak hedge anda saat ini telah berkurang menjadi 38 point dengan kerugian yang belum terealisasikan sebesar -$3800.
Lakukan terus cara tersebut yaitu melepas Buy jika anda Bearish dan melepas Sell jika anda Bullish hingga hedge anda menjadi kecil atau bahkan profit!

Begitulah kurang lebihnya untuk melepaskan posisi hedge. Tentu, pada prakteknya akan jauh berbeda dengan teori karena diperlukan ketelitian dan keahlian khusus untuk menghasilkan akurasi analisa yang tinggi.

Semoga bisa membantu,Terima Kasih.