Emas Bergerak Stabil Di Level Terendah Jelang Pengumuman FOMC

281465

Emas sedang berada pada area Support dan berpotensi Oversold, sehingga ada tiga skenario untuk trade kali ini.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas kembali mencatatkan penurunan pada hari Selasa untuk sesi ketiga berturut-turut, menandai penyelesaian terendah mereka dalam hampir enam bulan menjelang keputusan Federal Reserve Rabu (waktu setempat) nanti mengenai suku bunga dan petunjuk tentang kebijakan pada tahun 2018. Emas berjangka mengakhiri sesi lebih rendah, sementara Indeks Dolar AS bergerak naik lebih tinggi dan Saham AS diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi menjelang keputusan The Fed tersebut.

Sementara dari tinjauan teknikal, emas tampaknya masih berada pada support area 1240-1245. Emas telah bergerak jauh selama kurang lebih dua pekan ini tepatnya telah turun $58 dalam dua minggu (4.46%). Emas telah turun hingga ke level support area saat ini dan masih tertahan pada area tersebut, sembari menunggu hasil dari momentum fundamental penting terakhir di tahun 2017 ini.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1242. Emas kembali digempur seller hingga melemah ke level 1236 pada Senin kemarin.

XAUUSD H1

 

Pergerakan emas masih tampak berkonsolidasi di area support saat ini sembari menunggu hasil keputusan The Fed esok. Walaupun sedang berkonsolidasi, bias emas masih terlihat bearish baik di frame Hourly maupun Daily. Emas telah bergerak jauh selama kurang lebih dua pekan ini tepatnya telah turun $58 dalam dua minggu (4.46%). Penurunan tersebut telah membawa emas hingga di level support saat ini.

Jika melihat karakteristik pair XAU/USD ini ketika berada pada level tertentu dan sedang menghadapi momentum fundamental penting, tak heran jika pair ini sedang berkonsolidasi sembari menunggu hasil dari momen fundamental tersebut. Sehingga ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi di support area saat ini. Dengan demikian, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias untuk trade kali adalah NETRAL.

Namun masih ada beberapa scenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point, berikut ulasannya:

  1. Skenario utama untuk hari ini adalah masih mencoba peluang Sell. Level entry acuannya pun masih sama dengan analisa-analisa sebelumnya, yang mana hingga saat ini belum terpecahkan dan masih layak untuk dicoba. Perhatikan level support 1240.83 yang merupakan support terdekat saat ini. Menembus level support tersebut akan berpotensi untuk membuka pergerakan selanjutnya, dalam hal ini bearish. Jika level tersebut pecah sehingga harga bergerak stabil di bawahnya dan diiringi konfirmasi dari price action dan indikator teknikal, maka pair ini akan melemah kembali. Sehingga posisi SELL dapat dibuka sesaat setelah mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid, maka setidaknya logam kuning ini akan menguji level support selanjutnya pada 1232.51. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

  2. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan level support pada area 1240 tersebut untuk mengambil peluang Buy. Karena pada frame Hourly terlihat bahwa level tersebut adalah level oversold sehingga memungkinkan untuk bounce kembali. Sehingga perhatikan harga pada level area tersebut. Jika terdapat indikasi rejection pada level area 1240 dan terkonfirmasi oleh indikator teknikal dan price action, maka harga akan rebound kembali. Penggunaan indikator oscillator dapat membantu Anda untuk mencari peluang entry yang terkonfirmasi. Oleh karena itu peluang BUY dapat diambil sesaat mendapatkan peluang entry yang terkonfirmasi. Jika teknik bouncing ini valid maka emas akan rebound kembali setidaknya pada 1246.12 atau hingga level 1252.78. Stop Loss dapat diletakkan pada swing low terdekat atau maksimal pada area 1232.51 dengan mempertimbangkan risk:reward minimal 1:1.

  3. Sebagai rencana alternatif, jika harga tidak memberikan peluang entry Buy The Dip, maka level resisten 1246.12 dapat dijadikan acuan Buy. Jika harga kembali terdorong naik hingga menembus level tersebut, maka harga akan melanjutkan rebound-nya. Cari peluang Buy jika harga telah menembus level resisten tersebut dan terkonfirmasi oleh indikator teknikal maupun price action. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario ini valid maka logam ini akan melanjutkan rebound-nya hingga menuju level 1252.78. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.


Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1257.10
R2    : 1252.75
R1    : 1246.12
Pivot    : 1240.83
S1    : 1232.51
S2    : 1225.94
S3    : 1220.20

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.